google-site-verification: google4ea25410b2d7324e.html Belajar di luar negeri ? Manfaat & Keuntungannya - GURU SUMEDANG
Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar di luar negeri ? Manfaat & Keuntungannya

Kenapa harus belajar di luar negeri ? apa tidak cukup di Indonesia, kan banyak sekolah ,universitas dan perguruan  tinggi bagus ! kata siA, kepada teman lainnya, saya sebut saja ibu B. ! yang kebetulan anaknya belajar dan kuliah di luar negeri, apa ngak takut seperti kasus “mahasiswa predator .... di Inggris ” ? bukannya belajar eh ini malah tergerus budaya dan kebebasan negara luar !  Terlontarlah obrolan yang cukup rame dan sengit  tentang belajar diluar negeri? manfaat dan keuntungannya.


Dalam suatu kesempatan silaturahmi,disebuah pertemuan rekan kerja ditengah obrolan ngaler ngidul  terlontar  Pertanyaan dari satu teman ke teman lainya, tentang kabar anaknya yang belajar di luar negeri, diawali pertanyaan , bagaimana kabar anak ibu disana, baik baik sajakah ? setelah itu tidak terbendung lagi sebagaimana kebiasaan ibu-ibu meluncurlah berbagai pertanyaan lainnya, yang dibumbui gosip sana gosip sini, sampai titik obrolan tersebut menjadi fokus dan serius.

Kenapa harus belajar di luar negeri ? apa tidak cukup di Indonesia, kan banyak sekolah ,universitas dan perguruan  tinggi bagus ! kata siA, kepada teman lainnya, saya sebut saja ibu B. ! yang kebetulan anaknya belajar dan kuliah di luar negeri, apa ngak takut seperti kasus “mahasiswa predator .... di Inggris ” ? bukannya belajar eh ini malah tergerus budaya dan kebebasan negara luar !

Terlontarlah obrolan yang cukup rame dan sengit  tentang belajar diluar negeri? manfaat dan keuntungannya.

Saya hanya pendengar saja saat itu. Dalam hati saya berdoa semoga anak saya diberi kesempatan menuntut ilmu setinggi dia inginkan dan berharap dia memiliki kemampuan untuk mencapainya, sebagaimana sabda Muhammad Rosululloh saw, “ Tuntutlah ilmu walau ke negeri China “. apakah didalam maupun di luar negeri semoga bisa mengangkat kemulyaannya di dunia maupun akhirat, aamiin.

Dalam kesempatan ini, tanpa mengurangi prinsip ibu A saya akan mengangkat inti jawaban dari  Ibu B yang mengirim anaknya belajar ke luar negeri,  apakah ini sebuah ide baik bagi anaknya !, apa manfaat dan  nilai pentingya, kurang lebih isi obrolannya seperti ini :

Memutuskan untuk belajar di luar negeri adalah sebuah keputusan besar baik secara pribadi maupun akademis, secara pribadi apalagi sebagai orang tua, anaknya jauh di negeri entah berantah jelas-jelas ”kudu ka mentalan katanya” baik oleh orangtuanya maupun anaknya sendiri. 

Sianak harus memiliki kemandirian dan kemauan yang besar serta memiliki daya juang yang tinggi, dan yang terpenting harus lahir dari keinginan dan cita-cita dari anak yang bersangkutan. 

Karena dukungan materi dan dorongan orang tua saja tidak menjadi sesuatu yang berarti kalau mental anak tidak siap.

Selain itu mental yang kuat dengan dasar agama dan  aqidah harus disiapkan agar mereka tidak terombang ambing dengan kultur dan budaya serta pergaulan  dimana dia kuliah nantinya, harus dibekali dengan pegangan keyakinan yang istiqomah kalaulah itu universitas umum bukan keagamaan sehingga fokus pada tujuan.

Belajar di Luar Negeri membantu anak (anda) mempelajari bahasa baru, menjelajahi budaya negara lain, mengatasi tantangan hidup di luar negeri, dan memahami dunia lain. 

Belajar di luar negeri ? Manfaat & Keuntungannya

Manfaat Pribadi Belajar Di Luar Negeri

1. Mengenal gaya hidup baru dan Negara baru

Suatu hal yang hebat dan pengalaman yang memperkaya diri belajar di luar negeri adalah  mendapatkan pengalaman hidup dan menjelajahi budaya negara baru. 

Bagaimana beradaptasi dan menaklukan hidup dengan budaya, kultur dan lingkungan dengan Menghadapi tantangan negara baru akan meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian anak(anda).

Mengetahui tempat baru.kultur/ budaya baru, linkungan baru  berarti menjajaki dan terbukanya peluang baru. Karena ditempat ini kita akan  mempelajari apapun tentang kehidupan dinegara tersebut seperti kebiasaan baru, makanan lokal, tradisi,agama dan budaya ,sejarah negara itu, serta jaringan koneksi berkelas luar negeri.

Terbuka kesempatan petualangan yang meningkatan wawasan dan pengalaman baru, banyak kesempatan untuk bepergian ketempat dan  ke kota baru lainnya , menjelajahi landmark negara yang indah dan mungkin menjelajahi negara-negara terdekat. memperkaya pengalaman dan perjalanan hidup.

2. Bertemu dan berkenalan serta berinteraksi dengan orang Baru

Berinteraksi dan bertemu banyak orang baru dari latar belakang dan budaya yang berbeda, bahkan dari berbagai  negara  akan meningkatkan pemahaman kita  tentang dunia dan cara berinteraksi dengan orang yang berbeda, serta cara pandang global tentang dunia.

3. Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Cara terbaik dan paling jitu mempelajari keterampilan bahasa baru adalah dengan tinggal di negara yang tidak berbicara bahasa ibu kita. Tinggal di luar negeri selama belajar pasti akan meningkatkan kosakata kita dan meningkatkan kemampuan bahasa internasional, yang akan membawa pergaulan kita siap menglobal.

Selain bahasa Inggris , biasanya kita akan terampil bahasa setempat, misalnya belajar di Jepang , kemampuan berkomunikasi berbahasa Inggris menjadi Syarat, kemudian kemampuan berbahasa Jepang, atau di negara China , Jerman dan lain-lainnya tergantung dinegara mana kita kuliah. 

Keterampilan bahasa ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan diri kita,  tetapi juga meningkatkan peluang kita untuk dipekerjakan, tanpa batas wilayah dan Negara lagi. 

sehingga siap dengan pergaulan zaman sekarang ini yang sudah tanpa sekat antar negara akibat perdagangan bebas dan dan teknologi internet (IoT)

Manfaat secara Akademik jika Belajar Di Luar Negeri

1. Mendapatkan Pilihan Karir

Kita semua tahu untuk berbicara dalam lebih dari satu bahasa selalu merupakan keterampilan dan kelebihan  yang sangat diakui dan itu akan membuka banyak pintu ke jalan masa depan   tentu kesempatan untuk bekerja di negara lain.

Tidak sedikit yang belajar diluar negeri mereka tidak kembali langsung ke Indonesaia. Banyak pelajar mengajukan visa kerja atau Permanent residency (PR) setelah menyelesaikan pendidikan karena mereka tertarik mencari pekerjaan di negara tersebut, baik itu menambah pengalaman atau memang berniat kerja di negara tersebut karena nilai seleri dan penghargaan yang tinggi.
Image by Werner Heiber from Pixabay

Tidak sedikit yang belajar diluar negeri mereka tidak kembali langsung ke Indonesaia. Banyak pelajar mengajukan visa kerja atau Permanent residency (PR) setelah menyelesaikan pendidikan karena mereka tertarik mencari pekerjaan di negara tersebut, baik itu menambah pengalaman atau memang berniat kerja di negara tersebut karena nilai seleri dan penghargaan yang tinggi.

Dan itu  semua kesempatannya sangat terbuka sekali, dengan kemampuan berbicara bahasa mereka akan meningkatkan peluang kita mendapatkan visa kerja. Belajar di luar negeri dapat membuka dunia baru untuk bisa bekerja di negara  tersebut 

Keterampilan pribadi lainnya yang dikembangkan saat belajar di luar negeri juga dapat menarik bagi calon pemberi kerja. 

Daya juang belajar di luar negeri dan hidup diluar negeri menjadi jaminan bahwa anda adalah orang yang tepat  orang  yang tidak mudah menyerah, focus dan memiliki keberanian serta kreatifitas yang terbukti sehingga menjadi modal  yang besar  dan kondite yang bagus untuk  bekerja di perusahaan asing/mereka,

2. Dapatkan Kualitas Pendidikan Yang Lebih Tinggi.

Salah satu alasan utama  orang tua dan anak memilih untuk belajar di luar negeri adalah standar pendidikan. Memiliki akses ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi dapat membantu anak / anda dalam karir yang Anda pilih, yang berarti bahwa belajar di luar negeri dapat menguntungkan.

Memiliki pilihan untuk belajar di luar negeri juga berarti lebih banyak pilihan universitas. Jika anda mengetahui jenis program yang ingin anda pelajari, anda dapat menemukan universitas terkenal di dunia dalam bidang ini dan tidak dibatasi oleh apa yang tersedia di negara Anda.

Apalagi kalau kembali ke dalam negeri, dengan pengalaman dan kondite serta lulusan luar negeri dimungkinkan memiliki daya saing yang tinggi dan diminati para perusahaan asing  yang berlokasi dan memiliki perwakilan di Indonesia.

Sebagaimana anak saya katanya, belum juga lulus sudah banyak perusahaan asing yang memintanya untuk menjadi bagian dari perusahaannya. 

3. Meningkatkan nilai dan Pendidikan Tinggi

Penyelesaian gelar di luar negeri dapat menjadi ujian sejati prestasi akademik anak/anda. Jika anda ingin memperoleh gelar yang lebih tinggi, belajar di luar negeri dapat membantu meningkatkan aplikasi dan cv anda dengan menunjukkan dedikasi anda pada skill /jurusan yang dipilih.

Tidak bisa dipungkiri Komunitas akademik internasional merupakan aspek penting dari penelitian; oleh karena itu, belajar di negara lain berarti Anda akan memiliki koneksi internasional dan ide-ide baru tentang topic- topic spesifik. Dan banyak tersedia beasiswa dari  universitas yang mencari kandidat master atau doktoral.
Image by Michal Jarmoluk from Pixabay

Tidak bisa dipungkiri Komunitas akademik internasional merupakan aspek penting dari penelitian; oleh karena itu, belajar di negara lain berarti Anda akan memiliki koneksi internasional dan ide-ide baru tentang topic- topic spesifik. Dan banyak tersedia beasiswa dari  universitas yang mencari kandidat master atau doktoral.

Semoga bermanfaat

Apa yang saya tulis diatas adalah  resume dari obrolan tersebut, mungkin bisa setuju bisa juga tidak setuju dengan pendapat tersebut atau anda punya pengalaman dan pandangan lain silahkan tuliskan pendapatnya di kolom komentar .

Rujukan :


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Belajar di luar negeri ? Manfaat & Keuntungannya"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.