Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Integrasi Computational Thinking (CT) Pada Pembelajaran IPA

Pelatihan Integrasi Computational Thinking (CT) pada pembelajaran IPA bersama SEAQIS dan MGMP IPA Sub Rayon 2/3 Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan  mulai hari ini Jumat /17 s.d 19 September 2021 bertempat di SMPN 1 Sumedang.

Pelatihan Integrasi Computational Thinking (CT) pada pembelajaran IPA bersama SEAQIS dan MGMP IPA Sub Rayon 2/3 Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan  mulai hari ini Jumat /17 s.d 19 September 2021 bertempat di SMPN 1 Sumedang. 

Dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang diwakilli oleh Drs. H. Edi Suwardi,M.Pd Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang  yang didampingi oleh Asep Ruhendi,S.Pd.,M.Si  Kepala SMPN 1 Sumedang .

Pelatihan Integrasi Computational Thinking (CT) pada pembelajaran IPA bersama SEAQIS dan MGMP IPA Sub Rayon 2/3 Kabupaten Sumedang yang dilaksanakan  mulai hari ini Jumat /17 s.d 19 September 2021 bertempat di SMPN 1 Sumedang.   Dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang yang diwakilli oleh Drs. H. Edi Suwardi,M.Pd Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang  yang didampingi oleh Asep Ruhendi,S.Pd.,M.Si  Kepala SMPN 1 Sumedang .
Diklat Integrasi CT di MGMP IPA sub Rayon 2 Sumedang

Pelatihan Integrasi Computational Thinking (CT) pada pembelajaran IPA

Pemandu Acara                                      : Euis maesaroh,S.Pd  (SMPN 6 Sumedang)
Ketua MGMP IPA Sub Rayon 2            : Ai Deti Heryanti M,Pd (SMPN 4 Sumedang)
Penangung jawab lokasi kegiatan       : Yenti Sofiyanti,S.Pd/Heru H Aprianto,ST 
                                                                 (SMPN 1 Sumedang )

Program & Training Officer SEAQIS   : Heri Setiadi,M.Si
Reseach & Training Officer SEAQIS   : Muhammad Gunawan,S.Si
Partnership Officer                                : Nurdin,S.I.Kom
Service Officer                                      : Cecen Supriadi 
Peserta                                                   : Anggota MGMP sebanyak 30 Guru IPA dari 22 Sekolah

Bersamaan ini pula dilaksanakan kegiatan yang sama untuk wilayah MGMP IPA Sub Rayon 1 Tanjungsari di SMPN 2 Tanjungsari.

Dengan struktur Program sebanyak 32 JP  diantaranya  :

  • Kebijakan Dinas Pendidikan
  • Kebijakan SEAQIS
  • Literasi dan Numerasi pada pembelajaran IPA
  • Computational Thinking (CT) pada Pembelajaran IPA
  • Kajian Perangkat Pembelajaran IPA Terintegrasi CT
  • Pengembangan lembar kerja pembelajaran IPA Terintegrasi CT
  • Rencana Tindak Lanjut
Pelatihan ini dilaksanakan untuk membekali para guru IPA di Kabupaten Sumedang  Khususnya, dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan  dalam memfasilitasi pembelajaran IPA yang mengintegrasikan  Computational Thinking (CT) pada jenjang SMP. 

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 telah  menyatakan bahwa CT  sebagai salah satu kompetensi yang akan masuk kedalam sistem pembelajaran anak Indonesia. Sehingga generasi muda  Indonesia melek Literasi Digital. 

Selain itu untuk mempersiapkan Pelajar Indonesia dalam menghadapi penyelenggaraan PISA tahun 2021 dimana kemampuan CT siswa-siswi dari negara pesertanya untuk pertama kalinya akan diukur dengan mengintegrasikan CT dalam sub-pengukuran bidang Matematika.

SEAMEO QITEP in Science (QITEP) merupakan pusat dari 24 pusat Regional Southeast Asian Minister Educational Organization (SEAMEO) memiliki tugas  dan fungsi dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan di bidang Sains untuk cakupan regional Asia Tenggara. dalam mendukung pendidikan abad 21. 

Pelatihan ini dilaksanakan untuk membekali para guru IPA di Kabupaten Sumedang  Khususnya, mampu dan  dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan  dalam memfasilitasi pembelajaran IPA yang mengintegrasikan  Computational Thinking (CT) pada jenjang SMP.   Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 2020 telah  menyatakan bahwa CT  sebagai salah satu kompetensi yang akan masuk kedalam sistem pembelajaran anak Indonesia. Sehingga generasi muda  Indonesia melek Literasi Digital.   Selain itu untuk mempersiapkan Pelajar Indonesia dalam menghadapi penyelenggaraan PISA tahun 2021 dimana kemampuan CT siswa-siswi dari negara pesertanya untuk pertama kalinya akan diukur dengan mengintegrasikan CT dalam sub-pengukuran bidang Matematika.  SEAMEO QITEP in Science (QITEP) merupakan pusat dari 24 pusat Regional Southeast Asian Minister Educational Organization (SEAMEO) memiliki tugas  dan fungsi dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dan tenaga kependidikan di bidang Sains untuk cakupan regional Asia Tenggara. dalam mendukung pendidikan abad 21.
Peserta pelatihan Integrasi CT pada Pembelajaran IPA
Tahun 2021 ini SEAQIS berinisiatif untuk memulai mengimplementasikan  Integrasi Computational Thinking (CT)  dalam Pembelajaran IPA, dengan melaksanakan program pengembangan keterampilan CT melalui skema pelatihan permintaan KKG dan MGMP. salah satunya MGMP IPA SMP Sub Rayon 1 dan Sub Rayon 2/3 Sumedang.

Dalam kata Pengantar sambutannya Dr. Indrawati (Direktur SEAQIS) berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini guru dapat meningkatkan kompetensinya dalam mempersiapkan perserta didik menjadi generasi yang handal sehingga dapat berinovasi menghasilkan solusi-solusi nyata dalam menjawab berbagai tantangan global dan profesional dimasa mendatang.

Senada dengan apa yang disampaikan Direktur SEAQIS, Drs. H Edi Suwardi Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Sumedang dalam pengarahannya  di Pembukaan kegiatan ini mengharapkan para guru IPA di Kabupaten Sumedang  sebagai bagian penting dalam proses pendidikan bisa mengimplementasikannya dengan penuh integritas dalam  pembelajaran di kelas, sehingga para pelajar di Kabupaten Sumedang khususnya siap menghadapi tantangan dan persaingan global.


Maju Terus Pendidikan Indonesia


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Integrasi Computational Thinking (CT) Pada Pembelajaran IPA"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :