Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pertanyaan untuk merangsang siswa Berdialog dan berdiskusi dalam Penguatan Literasi membaca

Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Contoh Pertanyaan untuk merangsang siswa berdialog dan berdiskusi dalam penguatan literasi membaca ;Sobat guru kalau artikel sebelumnya tentang langkah -langkah penguatan literasi, berikut ini komponen lainnya yang menjadi kunci dalam upaya meningkatkan literasi membaca siswa.

Guru adalah figur sentral dalam upaya penguatan literasi membaca di proses pembelajaran, guru harus  mampu melakukan pendampingan  yang tepat kepada siswa salah satunya membantu siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat merangsang dan memicu siswa untuk menemukan, membandingkan. menginterpretasikan dan mengevaluasi serta menerapkan informasi secara cepat dan tepat sesuai kebutuhannya serta dapat memberikan solusi bagi lingkungannya.

Sebelum saya berikan contoh pertanyaan bimbingan guru dalam meningkatkan literasi membaca siswa,  alangkah baiknya sobat guru membaca dulu beberapa artikel yang pernah saya buat sebelumnya tentang skill guru tentang  teknik bertanya, diantaranya :

Sip setelah membaca artikel-artikel diatas, dibawah ini contoh pertanyaan yang bisa sobat guru adaptasikan kedalam proses pembelajarannya sehingga teks bacaan yang kita sodorkan kepada siswa menjadi pemantik dialog dan diskusi antar siswa dengan siswa atau siswa, guru dan siswa
  1. Apakah bacaan ini mengingatkan kalian pada infomasi lainnya. yang pernah kalian baca ?
  2. apakah infomasi pada bacaan yang pernah dibaca itu mendukung bacaan ini atau bertentangan ?
  3. dapatkah kalian membandingkan bacaan ini dengan ..... ? apakah perbedaan dan persamaannya antara kedua informasi tersebut ?
  4. menurut kalian, mengapa penulis mengatakan hal ini ? kalimat mana yang mendukung pendapat tersebut ?
  5. apakah contoh dari konsep ini pada saat sekarang ? dapatkah kalian menjelaskannya ?
  6. mengapa informasi ini dan informasi ......saling berhubungan ? tunjukan keterkaitan antara keduanya ?
Demikian sobat guru contoh pertanyaan untuk merangsang siswa berdialog dan berdiskusi dalam penguatan literasi membaca, so silahkan kembangkan dan variasikan sendiri pertanyaan-pertanyaan rangsangannya.

Setiap pertanyaan yang kita lontarkan akan membantu proses kognitif dalam diri siswa, dan proses pembelajaran berfokus pada siswa. Silahkan cek Cara menganalisis apakah proses pembelajaran kita berpusat pada siswa (student center) atau tidak alias (Teacher center) dengan menganalisisnya menggunakan TBLA, 
video tutorial cara menganalisa pembelajaran kita apakah student center atau teacher center :


Salam sukses untuk semuanya


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Contoh Pertanyaan untuk merangsang siswa Berdialog dan berdiskusi dalam Penguatan Literasi membaca"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :