Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lembar Kerja STEM | Sebuah Contoh

Lembar Kerja STEM | sebuah contoh, STEM adalah pembelajaran interdisipliner dimana peserta didik  mengunakan sains, teknologi, teknik (engineering) dan matematika dalam konteks nyata yang mengkoneksikan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global sehingga mengembangkan literasi STEM  akan memampukan peserta didik bersaing dalam era ekonomi baru (Tsupros 2009).

Lembar Kerja STEM | sebuah contoh, STEM adalah pembelajaran interdisipliner dimana peserta didik  mengunakan sains, teknologi, teknik (engineering) dan matematika dalam konteks nyata yang mengkoneksikan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global sehingga mengembangkan literasi STEM  yang memapukan peserta didik bersaing dalam era ekonomi baru (Tsupros 2009).
Suatu pembelajaran bisa menjadi sebuah pembelajaran berbasis STEM  manakala mengintegrasikan sains, teknologi, teknik (engineering) dan matematika dalam sebuah problem yang kontekstual yang dekat dan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari (Merrill,2009). 

Suatu pembelajaran bisa menjadi sebuah pembelajaran berbasis STEM  manakala mengintegrasikan sains, teknologi, teknik (engineering) dan matematika dalam sebuah problem yang kontekstual yang dekat dan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari (Merrill,2009).

STEM bisa menggunakan model pembelajaran Problem Based learning (PBL), Project based learning (PjBL), Inquiry Based learning (IBL), yang melibatkan dan membentuk pola pikir dan pola langkah yang bersentuhan dengan kehidupannya sehari - hari (daily life)

Lembar Kerja STEM

Tahapan STEM memahami masalah, untulk level SMP masalah yang disodorkan bisa dari guru yang sudahmempersiapkannya  dan untuk level diatasnya seperti SMA dan Mahasiswa tentunya permasalahan haru lahir dari apa yang mereka temukan sehari-hari. mencari informasi yang berkaitan denga masalah yang dihadapi Merumuskan masalah Merencanakan pemecahan masalah  Membuat pola atau prototipe pemecahan masalah (prototipe solusi) Melakukan Ujicoba prototipe solusi yang direncanakan Melakukan refleksi atas solusi yang dilakukan dan melakukan perbaikan

Tahapan STEM

Tahapan STEM tidak jauh berbeda dengan Sintak PBL/PjBL dan IBL  :

  1. memahami masalah, untuk level SMP masalah yang disodorkan bisa dari guru yang sudah mempersiapkannya  dan untuk level diatasnya seperti SMA dan Mahasiswa tentunya permasalahan harus lahir dari apa yang mereka temukan sehari-hari.
  2. mencari informasi yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi
  3. Merumuskan masalah
  4. Merencanakan pemecahan masalah 
  5. Membuat pola atau prototipe pemecahan masalah (prototipe solusi)
  6. Melakukan Ujicoba prototipe solusi yang direncanakan
  7. Melakukan refleksi atas solusi yang dilakukan dan melakukan perbaikan

Lembar Kerja STEM 

Contoh ini saya ambil dari paparan Prof Sumar Hedayana,Ph.D yang di sampaikan pada Program Penguatan STEM Education Leadership

INSULIN DELIVERY

Aktivitas I : Memahami masalah

Ahma berusia tujuh puluh tahun dan hidup sendiri. Ahma banyak tinggal dirumah, sewaktu-waktu dua kali seminggu dia menemui komunitas lansia untuk ngobrol bersama teman -temannya. Ahma bukanlah seorang yang aktif karena dia tidak kuat lagi dan mudah cape.

Ahma baru saja tahu bahwa dia menderita diabetes, berarti tubuhnya tidak mampu menjaga secara konstan kadar glukosa didalam darahnya. Sel di dalam tubuh Ahma tidak lagi mampu merespon baik terhadap insulin yang diproduksi oleh pankreas. 

Akibatnya terjadi penurunan daya serap glukosa dari darah ke dalam sel tubuh. oleh karena itu kadar glukosa darah masih tetap tinggi setelah makan.

Ahma harus menjaga diabetesnya karena kalau tidak terkontrol, akan menyebabkan komplikasi, seperti penyakit ginjal dan amputasi. 

Dia harus memasukan insulin dua kali sehari untuk mengontrol kondisinya. akan tetapi Ahma seorang pelupa dan dia tidak suka jarum suntik.

Diskusi aktivitas 1

1. Kata Kunci : (a) Diabetes ?  (b) Gula darah ? (c) Insulin ?  (d) Amputasi ?


2. lihat tabel berikut ini :

sumber Gb. data.tempo.co

  • 2.a. Berapa orang Indonesia mengidap Diabetes ?
  • 2.b. Gambarkan banyaknya penderita diabetes di Asia minimal dengan dua cara ?

3. Berdasarkan teks diatas, apa masalah kesehatan yang dihadapi Ahma ? mengapa dan bagaimana kita bisa membantu Ahma ?

Aktivitas 2 : Mencari Informasi tentang masalah

  • Carilah informasi berkaitan dengan metode-metode memasukan insulin (Insulin delivery)
  • Bandingkan keuntungan dan kerugaian masing-masing metode tersebut ?

Aktivitas 3 : Memfokuskan masalah

  • Apa yang diperlukan Ahma dan Mengapa ?

Aktivitas 4 : Alternatif solusi

  1. Brainstorming ;  metode apa yang memenuhi kebutuhan Ahma ? pikirkan sebanyak mungkin metode ?
  2. Kriteria ;  Apa solusi  yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan Ahma ?
  3. memilih Solusi ;  Berdasarkan kriteria-kriteria diatas dan alternative solusi  (1), mana yang paling mungkin  memenuhi kebutuhan Ahma ?

Aktivitas 5 : Prototype Solusi

  • Pilih salah satu pilihan solusi dan gambarkan  (sketsa)
  • Bagaimana mekanisme kerja pilihanmu ? jelaskan

Aktivitas 6 : Merefleksi Solusi

Reviu solusimu !

  • Apa yang kalian sukai dari solusi ?
  • Apa yang kalian inginkan ?
  • Bagaimana menurut kalian untuk memperbaiki solusi sehingga memenuhi kebutuhan Ahma ?
lebih jelasnya silahkan simak video berikut :

Salam Sukses Guru Indonesia

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Lembar Kerja STEM | Sebuah Contoh"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :