Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Elektroskop Sendiri

Membuat Elektroskop sendiri; Elektroskop adalah alat  untuk mendeteksi  apakah sebuah benda itu bermuatan listrik atau tidak. prinsip kerja elektroskop adalah karena adanya induksi listrik yang terdapat pada suatu benda.

Membuat Elektroskop sendiri; Elektroskop adalah alat  untuk mendeteksi  apakah sebuah benda itu bermuatan listrik atau tidak. prinsip kerja elektroskop adalah karena adanya induksi listrik yang terdapat pada suatu benda.

Induksi listrik terjadi  ketika sebuah benda netral (tidak bermuatan listrik)  berubah menjadi memiliki muatan listrik. hal ini terjadi karena adanya  pengaruh dari  benda yang bermuatan listrik yang didekatkan kepada benda netral. 

Prinsip kerja elektroskop :

  1. Elektroskop mula-mula diam (tidak bermuatan)
  2. Elektroskop saling menjauh (terbuka) karena didekati oleh benda yang bermuatan positif
  3. Elektroskop saling menjauh (terbuka)  karena didekati oleh benda yang bermuatan negatif.

Membuat Elektroskop Sendiri

Tujuan 

Siswa mengetahui prinsip kerja elektroskop

Alat dan bahan

No Alat dan Bahan Jumlah
1 Botol kaca bermulut besar 1 buah
2 gabus untuk tutup botol 1 buah
3 Dua lembar alumunium foil  panjang : 2,5 cm
lebar : 0,7 cm
4 Sisir plastik 1 buah
5 Kain wool sehelai
6 Kawat tembaga secukupnya

Langkah kerja

  1. tekan kawat tembaga hingga menembus gabus dan biarkan beberapa cm menonjol diatas gabus
  2. bengkokkan ujung kawat tembaga pada bagian bawah nya membentuk kait (huruf L)
  3. ikatkan lembaran alumunium foil menutupi seluruh kawat tembagi dan jepit (ikatkan) menjadi satu (alumunium foil bisa diambil dari bekas bungkus coklat)
  4. masukan gabus berkawat tersebut pada botol sampai gabus tepat menutupi mulut botol
  5. gosok-gosok sisir plastik pada sehelai kain /baju berbahan wool, 
    Langkah kerja tekan kawat tembaga hingga menembus gabus dan biarkan beberapa cm menonjol diatas gabus bengkokkan ujung kawat tembaga pada bagian bawah nya membentuk kait (huruf L) ikatkan lembaran alumunium foil menutupi seluruh kawat tembagi dan jepit (ikatkan) menjadi satu (alumunium foil bisa diambil dari bekas bungkus coklat) masukan gabus berkawat tersebut pada botol sampai gabus tepat menutupi mulut botol gosok-gosok sisir plastik pada sehelai kain /baju wool,
  6. kemudian sisir dekatkan pada bagian atas kawat tembaga . amati apa yang terjadi pada alumunium foil
    Membuat Elektroskop sendiri; Elektroskop adalah alat  untuk mendeteksi  apakah sebuah benda itu bermuatan listrik atau tidak. prinsip kerja elektroskop adalah karena adanya induksi listrik yang terdapat pada suatu benda.  Membuat Elektroskop sendiri; Elektroskop adalah alat  untuk mendeteksi  apakah sebuah benda itu bermuatan listrik atau tidak. prinsip kerja elektroskop adalah karena adanya induksi listrik yang terdapat pada suatu benda.  Induksi listrik terjadi  ketika sebuah benda netral (tidak bermuatan listrik)  berubah menjadi memiliki muatan listrik. hal ini terjadi karena adanya  pengaruh dari  benda yang bermuatan listrik yang didekatkan kepada benda netral.   Prinsip kerja elektroskop :  Elektroskop mula-mula diam (tidak bermuatan) Elektroskop saling menjauh (terbuka) karena didekati oleh benda yang bermuatan positif Elektroskop saling menjauh (terbuka)  karena didekati oleh benda yang bermuatan negatif.

Kesimpulan 

Buat kesimpulan dari percobaan yang kalian lakukan !

Catatan :

Muatan listrik dari sisir akan pindah melalui kawat tembaga ke potongan alumunium foil dan membuat keduanya saling tolak menolak. karena terjadi tolak menolak, maka terlihat potongan alumunium foil membuka (saling menjauh)

Selamat mencoba

Sumber rujukan :
  • Suartini kinkin. 2007. Mari Mencoba Sains ( Listrik,Magnet,Energo). Bogor :CV Duta Grafika
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Membuat Elektroskop Sendiri"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :