Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan

LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan | Sesuai Progam Pembangunan berkelanjutan (SDGs) Pada 2030 yang di luncurkan PBB, diharapkan semua orang di seluruh dunia dapat menikmati layanan energi murah yang terjangkau, andal, dan modern. Energi listrik merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia. 
LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan | Sesuai Progam Pembangunan berkelanjutan (SDGs) Pada 2030 yang di luncurkan PBB, diharapkan semua orang di seluruh dunia dapat menikmati layanan energi murah yang terjangkau, andal, dan modern. Energi listrik merupakan hal yang penting bagi kehidupan manusia.

Namun, kenyataanya dinegara kita juga diberbagai negara lainnya masih ada wilayah yang belum bisa menikmati penerangan listrik. masih terdapat rumah-rumah yang masih gelap, disana masih banyak siswa yang belajar tanpa listrik dan tentunya memengaruhi kualitas kehidupan lainnya.

LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan

Sementara itu, membangun fasilitas pembangkit listrik adalah proyek yang berbiaya tinggi, dan banyak membuat kehidupan masyarakat yang tergusur proyek kehidupannya justru semakin terpuruk. 

Sebab itulah, banyak negara sedang berpacu mencari cara dan solusi baru dan inovatif untuk menghasilkan listrik. Sudah tahukah sobat GS bahwa ada buah yang bisa memproduksi listrik? arus dan nyala Listrik timbul sebagai hasil dari proses perubahan energi kimia dari buah-buahan menjadi arus listrik. 

Salah satu contoh buah-buahan yang paling umum sebagai sumber listrik adalah lemon dan kentang. Dalam percobaan STEM ini, siswa akan melakukan proses dalam memproduksi listrik ketika buah bertemu dengan bahan logam. 

Materi dan LKPD ini saya cuplik dari seadstem.org Platform STEM Digital Asia Tenggara SEADSTEM memfasilitasi dialog antara para guru STEM di negara Asia Tenggara yang punya kesempatan bertukar ide dan mengembangkan contoh-contoh praktik baik. 

Siswa akan kita bawa untuk menyelidiki hubungan antara kandungan pH dan arus listrik yang diproduksi, serta berapa jumlah buah yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan lampu LED. 

Melalui LKPD membuat Baterai dari Buah-buahan ini, siswa diajak menyajikan usulan solusi listrik terjangkau untuk sekolah di desa-desa dan rumah di lingkungan mereka.

LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan

Bahasan :

  • Kimia dan Fisika

Topik       :

  • Reaksi kimia
  • Energi
  • Lingkungan hidup
  • Cairan dan elektrolit
  • Penyelidikan ilmiah

Kata kunci:

  • Sumber energi
  • Reaksi kimia
  • Energi listrik
  • Kimia
  • Perubahan energi

Tujuan kegiatan

  1. Mengidentifikasi serta dapat menemukan  buah yang paling cocok dalam produksi listrik
  2. Mengetahui sejauhmana hubungan pH buah dan konduktivitas listrik
  3. Siswa dapat mengajukan gagasan inovatif untuk listrik alternatif dan  terjangkau bagi sekolah/rumah di desa menggunakan ide-ide berdasarkan percobaan

Alat dan Bahan

No Alat dan Bahan Jumlah kebutuhan
1 Multimeter  1 buah
2 Capit buaya 10 buah/secukupnya
3kabel Secukupnya
4 Indikator pH /Kertas Lakmus  Row 4, Cell 3
5 Paku 3 cm 10 buah/Secukupnya
6Cuter/pisau 1 buah
7 lemon 5 buah /Secukupnya
8kentang 5 Buah /secukupnya
7 Bawang Bombai 5 buah /Secukupnya
8Apel /buah lainnya 5 buah /secukupnya

Kegiatan 1

Petunjuk Keselamatan

  1. berhati-hatilah agar tidak ada bahan yang tertelan
  2. apabila terjadi tumpah dan atau reaksi kimia yang menyebabkan iritasi kulit atau terkena mata segera bilas dengan air yang mengalir dan laporkan ke guru pembimbing kalian
  3. sebagian bahan ada yang bersifat korosif
  4. berhati-hatilah menggunakan cuter

Pertanyaan Panduan

  1. Buah mana yang paling cocok dalam memproduksi listrik ?
  2. berapa banyak buah yang dibutuhkan untuk menyalakan lampu LED?
  3. apa hubungan kandungan pH dengan konduktivitas listrik ?
  4. kemukakan gagasan kalian dalam penerapan percobaan kali ini untuk diterapkan dalam kehidupan kalian dan menjawab kebutuhan listrik disekolah atau dirumah tanpa aliran listrik PLN ?

Langkah-langkah percobaan

  1. Buat buah lemon menjadi empuk dengan cara digulingkan dengan lembut di atas meja untuk memecah dinding sel dan membuat air lemon keluar, air lemon yang asam dibutuhkan untuk menimulkan reaksi kimia
  2. potong sedikit bagian lemon untuk mengukur pH menggunakan kertas lakmus.

  3. Tusukkan kawat tembaga ke buah lemon kira-kira 3 cm, lakukan dengan baik dan hati-hati
  4. tusukkan paku besi ke buah lemon dengan jarak 0,5 cm dari kawat tembaga, pastikan antara paku besi dan kawat tembaga tidak bersentuhan
    Langkah-langkah percobaan Buat buah lemon menjadi empuk dengan cara digulingkan dengan lembut di atas meja untuk memecah dinding sel dan membuat air lemon keluar, air lemon yang asam dibutuhkan untuk menimulkan reaksi kimia potong sedikit bagian lemon untuk mengukur pH menggunakan kertas lakmus.

  5. sambungkan kabel negatif multimeter ke paku dan kabel positif ke kawat tembaga untuk mengukur voltase yang dihasilkan lemon, catat data pengamatan pada tabel dibawah.
  6. Buah pHVoltase
     lemon .................. ..................
     kentang  
     Bawang Bombai
     Apel
  7. lakukan juga langkah 3,4,dan 5 pada kentang, bawang bombai dan buah apel. catat semua data pH dan voltasenya

Kegiatan 2
langkah-langkah percobaan :

Materi dan LKPD ini saya cuplik dari seadstem.org Platform STEM Digital Asia Tenggara SEADSTEM memfasilitasi dialog antara para guru STEM di negara Asia Tenggara yang punya kesempatan bertukar ide dan mengembangkan contoh-contoh praktik baik.   Siswa akan kita bawa untuk menyelidiki hubungan antara kandungan pH dan arus listrik yang diproduksi, serta berapa jumlah buah yang dibutuhkan untuk dapat menyalakan lampu LED.   Melalui LKPD membuat Baterai dari Buah-buahan ini, siswa diajak menyajikan usulan solusi listrik terjangkau untuk sekolah di desa-desa dan rumah di lingkungan mereka.
Lampu LED

  1. untuk bisa menyalakan lampu led, kita harus bisa menghasilkan lebih banyak listrik dengan menambah jumlah buah dan susun secara seri.
  2. lampu LED (light emitting diodes) membutuhkan listrik dalam kadar voltase tertentu untuk bisa menyalakan. 
  3. hubungkan kawat tembaga di buah leom pertama ke paku besi di lemon kedua dan seterusnya
    untuk bisa menyelakan lampu led, kita harus bisa menghasilkan lebih banyak listrik dengan menambah jumlah buah dan susun secara seri. lampu LED (light emitting diodes) membutuhkan listrik dalam kadar voltase tertentu untuk bisa menyalakan.  hubungkan kawat tembaga di buah leom pertama ke paku besi di lemon kedua dan seterusnya

  4. cobalah susun untuk membuat lampu LED menyala dengan menghubungkan sumbu kaki lampu yang lebih pendek ke kawat tembaga dan paku besi pada lemon kedua.
  5. apakah lampu bisa menyala ? jika masih belum, maka tambahkan dengan lemon berikutnya (ke-3), hubungkan kawat tembaga lemon kedua dengan paku besi lemon ke tiga.
  6. sambungkan LED dengan paku besi lemon pertama dan kawat tembaga pada lemon ketiga, ulangi hingga lampu LED bisa menyala.
  7. Ulangi langkah 1-6 menggunakan kentang, bawang bombai dan apel, catat hasil pengamatan pada tabel dibawah
  8. Buah
    Jumlah yang dibutuhkan untuk
    menyalakan LED
     lemon ...
     Kentang ...
     Bawang Bombai  ...
      Apel ...
  9. hubungkan sebanyak mungkin buah hingga lampu led menyala
  10. apa yang dapat kalian usulkan untuk didiskusikan bersama teman kalian dalam menghasilkan listrik alternatif yang ramah lingkungan ?

Pertanyaan dan simpulan

  1. jelaskan hubungan antara nilai pH buah dengan voltase yang dihasilkan buah
  2. apa yang terjadi dengan tegangan listrik saat beberapa buah dihubungkan dalam satu rangkaian
  3. Apakah antara buah-buahan yang digunakan berbeda jumlahnya untuk menyalakan lampu LED ?
Rubrik penilaian untuk digunakan para guru :
Kriteria Evaluasi  4 3 2 1
langkah-langkah percobaan langkah langkah percobaan disebutkan secara urut dan jelas.
setiap langkah diberikan nomor dan ditulis dalam kalimat lengkap
langkah langkah percobaan disebutkan dalam urutan logis, tetapi tidak diberi nomor, dan/atau tidak ditulis dalam kalimat lengkaplangkah langkah percobaan disebutkan tetapi tidak dalam urutan logis dan sulit diikuti langkah langkah percobaan yang  disebutkan tidak akurat
kemampuan menerangkan reaksi kimia buah dan konduktivitas Memperlihatkan pemahaman baik terhadap reaksi kimia buah dan konduktivitas memperlihatkan pemahaman baik terhadap reaksi kimia buah dan konduktivitas, tetapi tidak dapat menerangkan secara terperinci memperlihatkan pemahaman yang tidak mendalam terhadap reaksi kimia buah dan konduktivitasTidak dapat memperlihatkan pemahaman terhadap reaksi kimia buah dan konduktivitas

Sumber Asli LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan dari seadstem.org :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "LKPD Membuat Baterai dari Buah-Buahan"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.