Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ

LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ ; Menurut asal bahasa Fotosintesis adalah foton  artinya cahaya dan sintesis yang artinya  penyusunan. Sehingga fotosintesis adalah proses penyusunan makanan  pada tumbuhan yang melibatkan cahaya 

Fotosintesis menjadi peristiwa penting dalam kehidupan mahluk dimuka bumi, karena dengan proses inilah tumbuhan hijau (klorofil) menghasilkan gas oksigen yang dibutuhkan seluruh mahluk hidup.

Fotosintesis melibatkan asimilasi karbon yang mengubah CO2 menjadi glukosa penyimpan energi.

Ingenhousz adalah yang pertama kali menemukan proses fotosintesis pada tanaman.  Ingenhousz melakukan precobaan menggunakan  tanaman Hydrilla verticillata yang dimasukkan ke dalam bejana dengan isi air.

kemudian bejananya ditutup menggunakan corong yang terbalik. Pada bagian atas corong  ditutup oleh tabung reaksi yang terisi  air penuh. Bejana tersebut diletakkan di bawah terik sinar  matahari. ditunggu beberapa saat  kemudian gelembung udara pun muncul (Kimball, 1993). 

Penelitian Ingenhousz ini membuktikan bahwa tumbuhan hijau menghasilkan gas oksigen, dan kita lakukan percobaan Igenhousz tersebut denagn mengikuti LKPD Percobaan Igenhousz dibawah ini :

LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ

Tujuan         

Mengetahui gas yang dihasilkan dalam proses Fotosintesis

Alat dan Bahan

No Alat dan Bahan Jumlah
1 Perangkat /Kit Fotosintesis 

- Gelas Kimia 1000 Liter  2 buah

- corong kaca  90 mm 2 buah

- tabung reaksi 16 x 150 mm  2 buah
2 Tanaman Air Hydrilla Verticilata  secukupnya
3 Air bersih / bening secukupnya
4 NaHCO3 Secukupnya
5Stopwacth 2 buah

langkah kerja

  1. Ambillah tanaman air Hydrilla verticillata , seperti dibawah ini, kalian bisa mencarinya diperairan bersih yang ada disawah  :
    Ambillah tanaman air Hydrilla verticillata , seperti dibawah ini, kalian bisa mencarinya diperairan yang ada disawah  :
  2. Masukan tanaman air tersebut ke dalam gelas kimia yang telah berisi air bening, kemudian tutup dengan corong kaca terbalik setelah itu corong ditutup lagi oleh tabung reaksi yang berisi air penuh, dan buat dua perangkat /kit fotosintesis,  susun seperti gambar berikut : 
    LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ ; Menurut asal bahasa Fotosintesis adalah foton  artinya cahaya dan sintesis yang artinya  penyusunan. Sehingga fotosintesis adalah proses penyusunan makanan  pada tumbuhan yang melibatkan cahaya   Fotosintesis menjadi peristiwa penting dalam kehidupan mahluk dimuka bumi, karena dengan proses inilah tumbuhan hijau (klorofil) menghasilkan gas oksigen yang dibutuhkan seluruh mahluk hidup.  Fotosintesis melibatkan asimilasi karbon yang mengubah CO2 menjadi glukosa penyimpan energi.  Ingenhousz adalah yang pertama kali menemukan proses fotosintesis pada tanaman.  Ingenhousz melakukan precobaan menggunakan  tanaman Hydrilla verticillata yang dimasukkan ke dalam bejana dengan isi air.  kemudian bejananya ditutup menggunakan corong yang terbalik. Pada bagian atas corong  ditutup oleh tabung reaksi yang terisi  air penuh. Bejana tersebut diletakkan di bawah terik sinar  matahari. ditunggu beberapa saat  kemudian gelembung udara pun muncul (Kimball, 1993).   Penelitian Ingenhousz ini membuktikan bahwa tumbuhan hijau menghasilkan gas oksigen, dan kita lakukan percobaan Igenhousz tersebut denagn mengikuti LKPD Percobaan Igenhousz dibawah ini :  LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ

  3. Simpan kedua perangkat percobaan tersebut di tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari.
  4. satu perangkat di beri larutan NaHCO3 setengah sendok makan
  5. pergunakan stopwach pada menit keberapa terjadi gelembung ? hitung juga banyaknya gelembung tiap 3 menit sekali. pada kedua perangkat yang dibuat.
  6. data masukan ke dalam tabel 
  7. angkatlah tabung reaksi yang berisi gas hasil proses fotosintesis, tutuplah mulut tabung reaksi dengan menggunakan ibu jari.
  8. buka tutup tabung dan masukan korek api yang menyala kedalam tabung reaksi ?
  9. amati apa yang terjadi  ?

Pertanyaan dan diskusi 

  1. Gelembung yang terjadi disebabkan oleh apa ?
  2. apa yang dihasilkan dari proses percobaabn fotosintesis tersebut ?
  3. Apa fungsi NaHCO3 dalam pecobaan diatas ?
  4. apa tujuan tabung didekatkan pada api ?
  5. Bagaimana perbandingan ke dua perangkat percobaan pada perangkat yang diberikan NaHCO3 dengan yang tanpa NaHCO3

Kesimpulan

Buatlah kesimpulan berdasarkan  hasil percobaan

Selamat Mencoba

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "LKPD Percobaan Fotosintesis INGENHOUSZ"

  1. gak bisa dicopy paste

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika anda membutuhkan silahkan hubungi melalui admin cek di menu kontak

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.