Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mencari NISN Siswa

Cara mencari NISN Siswa, ibu dan bapak orang tua mungkin pernah diminta mengisi data anak dan orang tua oleh sekolah, baik itu untuk data kebutuhan sekolah atau mendaftarkan anak sekolah.

Salah satu data yang sering membuat bingung dan kelimpungan orang tua adalah NIS dan NISN (nomor Induk Siswa Nasional).

Cara mencari NISN Siswa, ibu dan bapak orang tua mungkin pernah disuruh mengisi data anak dan orang tua oleh sekolah, baik itu untuk data kebutuhan sekolah atau mendaftarkan anak sekolah.  Salah satu data yang sering membuat bingung dan kelimpungan orang tua adalah NIS dan NISN (nomor Induk Siswa Nasional).    Baik NIS maupun NISN bisa kita lihat di halaman pertama Data Pribadi Raport putra putrinya, namun yang sering menjadi masalah, raport kan tidak dipegang orang tua tapi disimpan disekolah.lalu bagaimana cara mencari NISN putra-putri kita ! silahkan ikuti langkah dibawah ini  NIS adalah nomor yang dikeluarkan oleh sekolah berupa nomor tahun ajaran ketika anak kita masuk ke sekolah tersebut dan nomor urut dibelakangnya misalnya jika anak tersebut masuk ketika tahun ajaran 2020-2021 biasanya diawali dengan 2021..... plus 3 atau 4 angka urutan dari sekolah. Untuk itu nomor ini harus dicatat ketika orang tua menerima raport, atau bisa juga di cek di daftar absen siswa di sekolah.  NISN (nomor induk siswa nasional) adalah   kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.  Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.   Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.   Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs kemdikbud.

Baik NIS maupun NISN bisa kita lihat di halaman pertama Data Pribadi Raport putra putrinya, namun yang sering menjadi masalah, raport kan tidak dipegang orang tua tapi disimpan disekolah.lalu bagaimana cara mencari NISN putra-putri kita ! silahkan ikuti langkah dibawah ini

NIS adalah nomor yang dikeluarkan oleh sekolah berupa nomor tahun ajaran ketika anak kita masuk ke sekolah tersebut dan nomor urut dibelakangnya misalnya jika anak tersebut masuk ketika tahun ajaran 2020-2021 biasanya diawali dengan 2021..... plus 3 atau 4 angka urutan dari sekolah. Untuk itu nomor ini harus dicatat ketika orang tua menerima raport, atau bisa juga di cek di daftar absen siswa di sekolah.

NISN (nomor induk siswa nasional) adalah   kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.

NISN diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. 

Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs kemdikbud.

Cara Mencari NISN Siswa.

  1. masuk ke portal NISN Kemdikbud atau kunjungi laman : https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
  2. setelah mengklik alamat diatasm  kita akan dibawa ke beranda kemdikbud, untuk mencari NISN putra putri kita, klik mencari berdasarkan pencarian nama (kanan atas)
    Cara mencari NISN Siswa, ibu dan bapak orang tua mungkin pernah disuruh mengisi data anak dan orang tua oleh sekolah, baik itu untuk data kebutuhan sekolah atau mendaftarkan anak sekolah.  Salah satu data yang sering membuat bingung dan kelimpungan orang tua adalah NIS dan NISN (nomor Induk Siswa Nasional).  Baik NIS maupun NISN bisa kita lihat di halaman pertama Data Pribadi raport putra putrinya, yang sering menjadi masalah, raport kan tidak dipegang orang tua tapi disimpan disekolah.  NIS adalah nomor yang dikeluarkan oleh sekolah berupa nomor tahun ajaran ketika anak kita masuk ke sekolah tersebut dan nomor urut dibelakangnya misalnya jika anak tersebut masuk ketika tahun ajaran 2020-2021 biasanya diawali dengan 2021..... plus 3 atau 4 angka urutan dari sekolah.

  3. Masukan data sesuai permintaan kotak isian, catatan dalam menulis nama harus benar dan lengkap sesuai dengan akte anak, isikan nama ibu kandung, centang captcha dan klik cari data
    NISN (nomor induk siswa nasional) adalah   kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri.  Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.   Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.   Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs kemdikbud silahkan kunjungi di  NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

  4. Kalau benar data yang dimasukan akan muncul data putra-putri kita dengan nomor NISN nya
    NISN

  5. jika yang muncul seperti ini berarti ada isian yang salah 
    Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

  6. Silahkan ulang kembali isian datanya dan pastikan ejaan nama anak kita, tanggal lahir dan nama orang tuanya, apakah disambung atau dipisah harus sesuai.

Tujuan dan Manfaat NISN

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Selamat mencoba
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Cara Mencari NISN Siswa "

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :