Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran

Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran. Untuk memenuhi pembelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VII yang sesuai dengan kemampuan level siswa (Teach at The Right Level), maka diawal pembelajaran materi baru, awal tahun ajaran, atau awal semester guru  bahasa Indonesia membuat analisis kemampuan dan kesulitan belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesaia dengan melakukan asesmen diagnostik kognitif maupun non kognitif.

Masih belum paham mengenai asesmen diagnostik ? apa saja jenisnya dan bagaimana tahapannya ?, bisa sobat cek materi sebelumnya tentang Asesmen Diagnostik.

Dengan hasil pemetaan dari analisis data Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran,  guru dapat mengetahui kemampuan  awal siswa (Entri Behavior) dan kesulitan yang mungkin akan dihadapi siswa ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan, sehingga guru dapat melakukan pendekatan dan strategi serta model  pembelajaran bahasa Indonesia yang tepat dan cocok untuk setiap siswa.

Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran. Untuk memenuhi pembelajaran Bahasa Indonesia SMP kelas VII yang sesuai dengan kemampuan level siswa (Teach at The Right Level), maka diawal pembelajaran materi baru, awal tahun ajaran, atau awal semester guru  bahasa Indonesia membuat analisis kemampuan dan kesulitan belajar siswa pelajaran Bahasa Indonesaia dengan melakukan asesmen diagnostik kognitif maupun non kognitif.  Masih belum paham mengenai asesmen diagnostik ? apa saja jenisnya dan bagaimana tahapannya ?, bisa sobat cek materi sebelumnya tentang Asesmen Diagnostik.  Dengan hasil pemetaan dari analisis data Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran,  guru dapat mengetahui kemampuan  awal siswa (Entri Behavior) dan kesulitan yang mungkin akan dihadapi siswa ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia berjalan, sehingga guru dapat melakukan pendekatan dan strategi serta model  pembelajaran bahasa Indonesia yang tepat dan cocok untuk setiap siswa.

Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran

Sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya terdapat 3 tahap yang harus dilakukan dalam membuat asesmen diagnostik bahasa Indonesaia SMP kelas VII diantaranya :

  1. persiapan, 
  2. pelaksanaan 
  3. diagnosis dan tindak lanjut.

Pada tahap persiapan ketika membuat asesmen diagnostik awal pembelajaran diantaranya :

  1. membuat jadwal pelaksanaan asesmen Diagnostik 
  2. mengidentifikasi materi-materi asesmen, sesuai penyederhanaan kompetensi dari kemdikbud
  3. membuat 10 soal yang terdiri dari :
    • 2 buah soal pertanyaan sesuai kelas dengan topik dari CP
    • 6 buah soal pertanyaan kelas sebelumnya (dibawahnya)
    • 2 buah soal pertanyaan dua tingkat kelas dibawahnya

Sobat GS saya bawa lebih jaun ke poin-poin isi dari modul asesmen diagnostik awal pembelajaran bahasa Indonesia SMP kelas VII yang disusun oleh Pusat asesmen dan pembelajaran kemdikbud adalah :

  1. Kisi-kisi asesmen Diagnostik awal pembelajaran
  2. Soal Asesmen awal
  3. Kemungkingan jawaban siswa
  4. Kunci Jawaban Asesmen Awal
  5. Pedoman pengodean Asesmen Awal
  6. Interpretasi dan Tindak Lanjut Asesmen

Contoh Soal Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran


SOAL ASESMEN DIAGNOSTIK AWAL PEMBELAJARAN 
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA  SMP KELAS VII

1. Cermati kutipan berikut dengan cermat! Selain hamparan danau, bukit yang hijau, dan selimut kabut yang membuat udara terasa dingin, di Danau Beratan juga berdiri sebuah pura yang menjulang yang disebut Pura Ulun Danu.  Pura tersebut menyimpan sejarah yang sangat menakjubkan. Pura Ulun Danau Beratan diketahui dari arkeologi dan data sejarah yang terdapat dalam lontar Babad Mengwi. Di sebelah kiri halaman depan Pura Ulun terdapat sebuah sarkopagus dan sebuah papan batu yang berasal dari masa tradisi megalitik, sekitar 500 SM. Kedua artefak tersebut sekarang ditempatkan masing-masing di atas Babaturan atau teras. Berdasarkan data arkeologi tersebut, Pura Ulun Danau Beratan diperkirakan telah digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan ritual sejak zaman megalitik.

Ide pokok paragraf tersebut adalah …. 

A. pemandangan Danau Beratan 
B. data sejarah dalam lontar Babad Mengwi 
C. tata cara ritual yang dilaksanakan di Pura Ulun Danu 
D. keberadaan Pura Danau Ulun di Danau Beratan

2. Cermati ilustrasi berikut. 

OSIS SMP NUSA HARAPAN akan mengadakan perlombaan dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020. Lomba akan dilaksanakan pada Sabtu, 2 Mei 2020 pukul 09.00 sampai selesai, di aula SMP Nusa Harapan. Oleh karena itu, OSIS mengundang guru-guru untuk menghadiri lomba tersebut.

Berdasarkan ilustrasi tersebut, penulisan pemerian yang tepat untuk surat undangan adalah .... 

A. Hari/ Tanggal  : Sabtu, 2 Mei 2020 
    Pukul               : 09.00 s/d selesai 
    Tempat            : Aula SMP Nusa Harapan

B. Hari, Tanggal  : sabtu, 2 mei 2020 
    Pukul               : 09.00 – 13.00 
    Tempat            : Aula SMP NUSA HARAPAN

C. hari, tanggal    : Sabtu, 2 Mei 2020 
     pukul               : 09.00 s.d. 13.00 
     tempat             : Aula SMP Nusa Harapan

D. hari/ tanggal  : Sabtu/ 2 Mei 2020 
     pukul             : 09.00 s/d 13.00 
     Tempat          : Aula SMP nusa harapan

3. Cermati kutipan teks narasi (cerita imajinasi) berikut dengan saksama. 

        Suatu hari, dua orang bersaudara, adik dan kakak, bermain-main di sekitar dekat sebuah sumur. Saat mereka bermain, tanpa sengaja mereka berdua terjatuh dan masuk ke dalam sumur tersebut. Di dalam sumur itu, tinggallah Peri Air yang jahat. Saat melihat kedua kakak beradik itu jatuh ke sumur, dia berkata, “Sekarang saya telah mendapatkan kalian. Kalian harus bekerja keras untuk saya!” 

        Lalu, si Peri Air membawa mereka pergi ke tempat tinggalnya. Dia menugaskan anak yang perempuan untuk menenun rami, dan anak laki-laki mengambil air dengan ember yang berlubang di tengahnya. Anak laki-laki itu diharuskan menebang pohon dengan kapak yang sudah tumpul. Mereka pun tidak diberi makan yang layak, hanya makanan seadanya yang sekeras batu. 
                                                                                                    Sumber: ceritakecil.com 

Struktur teks cerita berdasarkan kutipan tersebut adalah …. 

A. orientasi - resolusi 
B. orientasi - komplikasi 
C. komplikasi - resolusi 
D. resolusi - komplikasi

4. Cermati gambar petunjuk berikut dengan cermat!

Informasi dalam gambar tersebut memuat langkah-langkah prosedur tentang …. 
A. cara mengenali virus corona 
B. cara mendeteksi virus corona 
C. cara mengobati virus corona 
D. cara mencegah virus corona

Contoh Soal Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran

5. Cermati alamat surat dinas berikut.

Perbaikan yang tepat penulisan alamat surat tersebut sehingga sesuai dengan ejaan bahasa Indonesia adalah …. 

A. Kepada Yth. 
    Drs. Dwi Heryanto, M.pd. 
    Jl. Gatot Subroto no 15 
    Bandung.

B. Kepada Yth. 
    drs. Dwi Heryanto, M.Pd. 
    Jln. Gatot subroto No, 15 
    Bandung.

C. Yth. 
    Drs. Dwi Heryanto, M.Pd. 
    Jalan Gatot Subroto No. 15 
    Bandung

D. Yth; 
    Drs. Dwi Heryanto, m.Pd. 
    Jalan gatot Subroto No 15 
    bandung

6. Cermati teks berikut, kemudian jawablah pertanyaan dengan tepat disertai alasannya!

Laba-laba tidak dapat mendeteksi keberadaan mangsa yang tidak bergerak. Namun, dengan mentafsirkan getaran-getaran yang disebabkan makhluk-makhluk hidup, ia dapat mendeteksi posisi mangsa di dalam jaringnya.

Perbaikan kata yang tepat untuk kata yang dicetak miring adalah …
Alasannya : ................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

7. Cermatilah unsur-unsur teks prosedur berikut. Susunlah kembali sehingga berurutan kembali sesuai dengan struktur teksnya.


 1  Bahan:
Kardus bekas, karton, kertas kotak, plastik pembungkus
Alat    :
Gunting, pisau cutter, lem kertas, double tape, pensil, dan pena, penggaris

2Tutuplah permukaan luar kardus dengan kertas kado. Langkah-langkah tersebut merupakan cara pembuatan kerajinan tempat pensil dari barang bekas tahap demi tahap.
3 Tahukan kamu bahwa barang-barang bekas, seperti kardus dan karton dapat dimanfaatkan untuk membuat seni kerajinan kotak pensil? Barang bekas seperti kardus dan karton biasanya sering dibuang begitu saja dan dijadikan sampah. Nah, barang bekas tersebut dapat kita manfaatkan menjadi suatu kreasi seni yang bernilai jual dan bermanfaat.
4Cara pembuatan:
  1. Potong karton 18 x 7 cm sebanyak 2 buah.
  2. Potong karton 18 x 2 cm sebanyak 2 buah.
  3. Rekatkan keempat sisinya dengan menggunakan lem tanpa penutup samping kiri kanan. Letakkan double tape pada seluruh permukaan kardus secara bertahap.
  4. Tempelkan kertas kotak ke seluruh permukaan.
  5. Setiap sambungan kertas kotak pertama ke kotak kedua dieratkan dengan lem kertas.

Tentukanlah susunan cara pembuatan yang tepat disertai alasan!
Urutan cara pembuatan :
……………….................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Alasan   : ……………………………….................................................................................................................................................................................................................................................................................................

8. Cermati surat pribadi berikut.

                                                                                                Bandung, 1 April 2020
Untuk Sahabatku Mira 
di Yogyakarta

      Hai Dina, bagaimana kabarmu di sana? Aku di sini baik-baik saja. Aku berharap kamu dan keluarga di sana juga selalu dalam keadaan sehat. Sudah lama ya kita tidak bertemu? Kalau tidak salah, terakhir kita bertemu ketika kita lulus dari SD. Sekarang kita sudah mau lulus SMP. 
      Mira, sebenarnya aku menulis surat ini karena aku sangat kangen padamu. Aku rindu masa-masa kita bersama, ketika saling menghabiskan waktu dan bercanda. Kapan ya masamasa itu akan terulang kembali? Mira, aku juga ingin mengabarkan keadaanmu bahwa setelah lulus SMP nanti aku akan melanjutkan pendidikanku di Yogyakarta karena ayahku akan pindah tugas ke Yogyakarta. Mudah-mudahan kita bisa bersama lagi ya di sana. 
      Sudah dulu ya, sampaikan salamku kepada ayah dan ibumu. Aku tunggu kabar darimu dan semoga kita bisa segera bertemu.

Salam manis dari sahabatmu,

Khansa Filia

Isilah kolom berikut berdasarkan isi surat pribadi tersebut.

Bagian Surat  Jawaban
Pihak yang mengirim  ............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
Pihak yang dituju ............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................
Maksud i si surat ............................................................................................................
............................................................................................................
............................................................................................................

9. Cermati kalimat-kalimat acak berikut. 
Kemudian, susunlah kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf yang padu. 
  1. Tradisi lisan ini dapat dilantunkan siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. 
  2. Sebagai sebuah tradisi lisan, siapa saja dapat menyanyikannya, laki-laki atau perempuan. 
  3. Nyanyian tradisi ini akan menjadi lebih menarik jika diiringi musik khas, yakni musik gambus, biola, gendang atau rebana, dan alat bunyi-bunyian lainnya. 
  4. Kabanti adalah nyanyian tradisional, berisi ungkapan hati, nasihat, adat-istiadat (budaya), dan sebagainya. 
Paragraf: ………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………………...................................………………………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………………...................................…………………………………………………………………………………………………....................................……………………………………………………………………………………………………....................................………………......................................................................

10. Cermati penggalan paragraf berikut.  Kemudian, tulislah satu paragraf lanjutan dari cerita tersebut yang menunjukkan bagian komplikasi. 

Sebenarnya dalam hati Mila kurang suka ketika Ayah membeli seekor burung. Burung itu ada di dalam sangkar dan diletakkan di teras belakang rumah. Burung itu diberi nama Kyuti. Mila kurang suka melihat burung itu terkurung. Ia lebih suka mendengar kicau burung di pohon-pohon di halaman belakang rumah.
………………………………………………………………………………………...................................………………………………………………………………………………………………………....................................………………………………………………………………………………………………………....................................……………………………………………………………………………………………………….................................……………………………………………………………………………………………....................................…………………………………………………………………………………………………....................................…………………………………………………………………………………………………….................................................................................

Atau silahkan download pada link berikut ini :

Asesmen diagnostik mata pelajaran dan kelas lainnya akan secara bertahap admin GS hadirkan dan bisa anda unduh dibawah ini :

Asesmen diagnostik awal Pembelajaran untuk tingkat SD/MI :

Asesmen diagnostik awal Pembelajaran untuk tingkat SMP/MTs :

Demikan contoh asesmen diagnostik Awal Pembelajaran  Bahasa Indonesia SMP kelas VII yang disusun oleh pusat asesmen dan pembelajaran kemdikbud.

Semoga Bermanfaat


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Asesmen Diagnostik Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Diawal Pembelajaran"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.