Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka

Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka | Perangkat ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh  pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian  Pembelajaran. 

Perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka meliputi :
Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai  sumber. 
Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar  ataupun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran. 

Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka | Perangkat ajar merupakan berbagai bahan ajar yang digunakan oleh  pendidik dalam upaya mencapai profil pelajar Pancasila dan Capaian  Pembelajaran.   Perangkat ajar pada Kurikulum Merdeka meliputi : buku teks pelajaran,  modul ajar,   modul projek penguatan profil pelajar Pancasila,  contoh-contoh kurikulum  operasional satuan pendidikan,  video pembelajaran,  serta bentuk lainnya.   Pendidik dapat menggunakan beragam perangkat ajar dari berbagai  sumber.  Perangkat ajar dapat langsung digunakan pendidik untuk mengajar  ataupun sebagai referensi atau inspirasi dalam merancang pembelajaran.
Pembelajaran di SMPN 6 Sumedang

Perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan oleh Pemerintah

Contoh perangkat ajar Kurikulum Merdeka yang disediakan oleh Pemerintah, 
sebagai berikut.

A. Modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila 

Modul projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan dokumen  yang berisi tujuan, langkah, media pembelajaran, dan asesmen yang  dibutuhkan untuk melaksanakan suatu projek penguatan profil pelajar  Pancasila. 

Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan  memodifikasi modul projek yang tersedia sesuai dengan konteks,  karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. 

Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul projek penguatan profil  pelajar Pancasila yang dapat dijadikan inspirasi untuk satuan  pendidikan. 

Satuan pendidikan dan pendidik dapat mengembangkan  modul projek sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik,  memodifikasi, dan/atau menggunakan modul projek yang disediakan  Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah, satuan pendidik, dan  peserta didik. Oleh karena itu pendidik yang menggunakan modul projek yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi menyusun modul  projek.

Contoh Modul Ajar Projek pengembangan Profil Pelajar Pancasila

B. Modul Ajar

Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan  media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu  unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.

Pendidik memiliki keleluasaan untuk membuat sendiri, memilih, dan  memodifikasi modul ajar yang tersedia sesuai dengan konteks,  karakteristik, serta kebutuhan peserta didik. 

Pemerintah menyediakan contoh-contoh modul ajar yang dapat  dijadikan inspirasi untuk satuan pendidikan. Satuan pendidikan dan  pendidik dapat mengembangkan modul ajar sesuai dengan kebutuhan  belajar peserta didik, memodifikasi, dan/atau menggunakan modul ajar  yang disediakan Pemerintah sesuai dengan karakteristik daerah,  satuan pendidik, dan peserta didik. 

Oleh karena itu pendidik yang  menggunakan modul ajar yang disediakan Pemerintah tidak perlu lagi  menyusun perencanaan pembelajaran/RPP/modul ajar. Ketentuan lebih lanjut mengenai alur dan tujuan pembelajaran serta  pengembangan modul ajar diatur dalam panduan yang ditetapkan oleh  pemimpin unit utama yang membidangi kurikulum, asesmen, dan  perbukuan.

Berikut ini modul ajar kurikulum Merdeka tiap jenjang yang dapat sobat GS download diantaranya :

C. Buku Teks 

Buku teks terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping.  Buku teks utama merupakan buku pelajaran yang digunakan dalam  pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku. 

Dalam konteks  pembelajaran, buku teks utama terdiri atas buku siswa dan buku  panduan guru. Buku siswa merupakan buku pegangan bagi peserta  didik, sedangkan buku panduan guru merupakan panduan atau acuan  bagi pendidik untuk melaksanakan pembelajaran berdasarkan buku  siswa tersebut. 

Berdasarkan kebutuhan dan karakteristik mata  pelajaran, beberapa mata pelajaran hanya terdapat buku panduan  guru, antara lain Pendidikan Pancasila pada SD/MI, Seni dan Prakarya,  dan PJOK.

Buku teks utama yang  fleksibel dan kontekstual dapat berbentuk cetak dan digital, serta dapat  disajikan dalam bentuk modular. Buku teks utama diimplementasikan  secara terbatas di satuan pendidikan pelaksana Kurikulum Merdeka,  dalam rangka pemulihan pembelajaran. 

Judul buku teks utama yang digunakan di satuan pendidikan pelaksana Kurikulum  Merdeka ditetapkan oleh pemimpin unit utama  yang membidangi kurikulum, asesmen, dan perbukuan atas nama  Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Silahkan sobat GS download buku Teks Inspirasi Kurikulum merdeka   , mulai SD-SMP-SMA-SMK

Demikian sobat GS informasi tentang perangkat ajar pada kurikulum merdeka yang dapat sobat GS pelajari lebih lanjut pada Lampiran II Kepmendikbud No 56/M/2022.
Semoga bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Perangkat Ajar pada Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.