Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Kurikulum SMK Kurikulum Merdeka

Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan saat ini saya sodorkan kepada sobat GS struktur kurikulum SMK pada kurikulum Merdeka yang  dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu:
  1. pembelajaran intrakurikuler; dan
  2. projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Struktur Kurikulum SMK Kurikulum Merdeka

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler untuk setiap mata pelajaran  mengacu pada capaian pembelajaran. Kegiatan projek penguatan profil  pelajar Pancasila ditujukan untuk memperkuat upaya pencapaian  profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi  Lulusan. silahkan diperdalam di Projek Penguatan Profil pelajar Pancasila dan contoh modul Projek PPP
Struktur Kurikulum pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah, dan saat ini saya sodorkan kepada sobat GS struktur kurikulum SMK pada kurikulum Merdeka yang  dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan utama, yaitu: pembelajaran intrakurikuler; dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.


Pemerintah mengatur beban belajar untuk setiap muatan atau mata  pelajaran dalam Jam Pelajaran (JP) per tahun. Satuan pendidikan  mengatur alokasi waktu setiap minggunya secara fleksibel dalam 1  (satu) tahun ajaran. 

Satuan pendidikan menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh  pemerintah daerah sesuai dengan karakteristik daerah. Satuan  pendidikan dapat menambahkan muatan tambahan sesuai  karakteristik satuan pendidikan secara fleksibel, melalui 3 (tiga)  pilihan sebagai berikut:
  1. mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran lain;
  2. mengintegrasikan ke dalam tema projek penguatan profil pelajar  Pancasila; dan/atau
  3. mengembangkan mata pelajaran yang berdiri sendiri

Struktur Kurikulum SMK

Selengkapnya penjelasan tentang struktur Kurikulum SMK Kurikulum Merdeka :



Download Struktur Kurikulum Berdasarkan Kepmendikbud no 56/M/2022 :


Berikut Struktur Kurikulum tingkatan lainnya :
Demikian Struktur Kurikulum SMK Kurikulum Merdeka,semoga bermanfaat.
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

1 komentar untuk "Struktur Kurikulum SMK Kurikulum Merdeka"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.