Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka

Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka. Indonesia adalah negeri yang dianugerahi  kekayaan  dan keberagaman. Kekayaan yang berasal sumber daya alam, juga kekayaan kebudayaan yang dimiliki ribuan kelompok etnik yang tersebar di puluhan ribu pulau. Sehingga Indonesia adalah keberagaman itu sendiri menjadi bagian yang tidak terpisahkan.

Menafikan keragaman, berarti juga menafikan kekayaan kebudayaannya. Keniscayaan perbedaan itu telah terekam baik dalam sila-sila Pancasila, dan ditegaskan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika.   Pemahaman keragaman dan kekayaan kebudayaan tentu akan menghasilkan kesadaran identitas diri ditengah kelompok entitas lain yang berbeda.  Untuk itu modul ajar Antropologi Kurikulum Merdeka ini mengandung pembelajaran tentang bagimana menjungjung tinggi dan menghormati serta menghargai keberagaman menjadi nilai urgensi pembelajaran antropologi.   Dengan ranah antropologi tersebut, Modul ajar Antroplogi ini menjadi panduan proses pembelajaran yang tidak sekadar pada pengetahuan atas produksi kebudayaan, tetapi juga ada proses penanaman nilai dan kesadaran atas kesejatian diri dari sebuah bangsa yang multikultural.

Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka

Menafikan keragaman, berarti juga menafikan kekayaan kebudayaannya. Keniscayaan perbedaan itu telah terekam baik dalam sila-sila Pancasila, dan ditegaskan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika. 

Pemahaman keragaman dan kekayaan kebudayaan tentu akan menghasilkan kesadaran identitas diri ditengah kelompok entitas lain yang berbeda.

Untuk itu modul ajar Antropologi Kurikulum Merdeka ini mengandung pembelajaran tentang bagimana menjungjung tinggi dan menghormati serta menghargai keberagaman menjadi nilai urgensi pembelajaran antropologi. 

Dengan ranah antropologi tersebut, Modul ajar Antroplogi ini menjadi panduan proses pembelajaran yang tidak sekadar pada pengetahuan atas produksi kebudayaan, tetapi juga ada proses penanaman nilai dan kesadaran atas kesejatian diri dari sebuah bangsa yang multikultural. 

Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka

Pemahaman mendalam dan internalisasi nilai atas keragaman dan kekayaan kebudayaan itu memungkinkan hadirnya sifat peserta didik yang menghargai dan menyemai harmoni atas kebhinekaan etnik, budaya, bahasa, agama dan kepercayaan, serta segala aspek yang berbeda dengan identitas dirinya, baik lokal maupun global.

Berdasarkan hal tersebut Modul ajar Antropologi Kurikulum Merdeka ini harus menjadi panduan para guru dalam  memfokuskan diri pada proses identifikasi, penelusuran, dan pengungkapan makna atas keragaman dan kekayaan kebudayaan bendawi dan nonbendawi yang ada, termasuk kebudayaan dari entitas global di abad 21 ini. 

Hal penting lainnya Modul ajar Antropologi Kurikulum Merdeka  menjadi perangkat ajar yang membimbing guru untuk dapat  memberikan pemahaman mendalam dan memantik refleksi peserta didik terhadap keunikan kebudayaannya, serta segala nilai apapun yang terkandung di dalamnya.

Dengan daya nalar kritis, kreatifitas dan empati peserta didik dalam memposisikan dan mengelola diri dengan tepat di tengah keragaman budaya. 

Berikut ini Modul ajar yang admin gurusumedang ambil dari sumber para guru progam sekolah penggerak yang telah terlebih dahulu menggunakan kurikulum merdeka, semoga contoh modul ini bisa dijadikan rujukan sobat GS dalam membuat modul ajar Antropologi yang sesuai konteks dan karakteristik lokal dan peserta didiknya.

Buku Teks Guru dan Siswa

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Antropologi Kurikulum merdekaDownload
2Buku Siswa Antropologi Kurikulum merdekaDownload

Capaian Pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

NoCP &ATPDownload
1Capaian Pembelajaran Antropologi  Download
2Alur Tujuan Pembelajaran AntropologiDownload

Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka

No  Topik / Modul PenyusunDownload
1 Kebhinekaan Etnik  (10) Mahetasari Download
2 Metode Etnografi (10) Mahetasari Download
3 Budaya Pop, Komodifikasi Budaya dan
Hibriditas Budaya (10)
Mahetasari Download
4 Perubahan Sosial Budaya (10) Mahetasari Download
5 Globalisasi (10) Mahetasari Download
6 Hubungan antar suku bangsa dan kebudaan,
kearifan lokal (10)
Mahetasari Download
7 Pembentukan Identitas diri dan sosial (10) Mahetasari Download
8 Konsep Kebudayaan,sistem sosial, struktur sosial,
dan perilaku sosial (10)
Mahetasari Download
9 Ruang lingkup antropologi, perbedaan kajian antropologi ragawi, arkeologi,etnologi bahasa, antropologi sosial budaya Masayu Nurul Ana,S.Ant.,M.Pd Download
10 Unsur-unsur kebudyaan,  bentuk, wujud dan komponen kebudayaan Masayu Nurul Ana,S.Ant.,M.Pd Download
11 Perspektif dasar antropologi persfektif emik dan etik Masayu Nurul Ana,S.Ant.,M.Pd Download
12 Sejarah perkembangan antropologi dari berbagai fase, identifikasi ruang lingkup antropologi, dan perbedaan antropologi ragawi,arkeologi,etnologi,sosial budaya Masayu Nurul Ana,S.Ant.,M.Pd Download

Atau silahkan dilink berikut untuk bentuk Word dan contoh lainnya :

Silahkan dilanjut ke Modul Ajar SMA lainnya semua mapel  : di Modul ajar kurikulum Merdeka SMA kelas X-XI-XII Terlengkap semua mapel 

Demikian sobat gurusumedang, modul ajar Antropologi Kurikulum Merdeka yang layak dijadikan contoh dan rujukan, semoga bermanfaat.

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Antropologi Kurikulum Merdeka "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.