Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Tari SMP Fase D

Modul Ajar Seni Tari SMP Fase D. Seni adalah reaksi, ekspresi, dan apresiasi manusia terhadap lingkungan dan  kehidupannya, yang diekspresikan melalui media dalam bentuk tari, musik, rupa, lakon/teater. 

Sehingga Seni bisa menembus sekat-sekat perbedaan dan menyuarakan hal-hal yang tidak dapat diwakili oleh bahasa. Seni mengajak manusia untuk mengalami, merasakan dan mengekspresikan keindahan. 

Modul Ajar Seni Tari SMP Fase D

Melalui pendidikan seni, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik agar manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global dan sejahtera secara psikologis, sehingga berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan.   Untuk itu, modul ajar seni tari SMP fase D ini harus di desaian agar pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni dan belajar melalui seni.  Seni tari adalah media dalam membantu peserta didik memiliki kepekaan estetis, mengembangkan sensitivitas, merangsan multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai-nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif.   Kegiatan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam tari menggunakan tubuh sebagai media komunikasi yang memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat setempat.   Seni tari juga memberikan kontribusi dalam perkembangan keterampilan abad 21 yang terkait dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk menjawab tantangan di era global yang mencerminkan profil pelajar pancasila.  Seni tari merupakan pembelajaran yang berbasis pada kecerdasan kinestetik dengan memperhatikan keindahan dan artistik sesuai dengan norma yang berlaku, untuk itu seni tari sangat erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Melalui seni tari, peserta didik dapat meningkatkan kreativitas, dan apresiasi dalam berkarya seni dan dapat memaknai fenomena kehidupan yang diimplementasikan dalam keseharian.  Modul ajar Seni Tari SMP Fase D ini disusun dengan pendekatan berupa elemen-elemen yang saling berkaitan, yaitu mengalami, mencipta, refleksi, yang bermuara pada berpikir dan bekerja artistik, sehingga berdampak bagi dirinya dan orang lain.

Melalui pendidikan seni, manusia diajak untuk berpikir dan bekerja secara artistik agar manusiawi, kreatif, memiliki apresiasi estetis, menghargai kebhinekaan global dan sejahtera secara psikologis, sehingga berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan. 

Untuk itu, modul ajar seni tari SMP fase D ini harus di desaian agar pembelajaran seni dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni, belajar tentang seni dan belajar melalui seni.

Seni tari adalah media dalam membantu peserta didik memiliki kepekaan estetis, mengembangkan sensitivitas, merangsan multi kecerdasan, kreativitas, dan nilai-nilai kehidupan, sehingga membentuk karakter serta kepribadian yang positif. 

Kegiatan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri dalam tari menggunakan tubuh sebagai media komunikasi yang memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat setempat. 

Seni tari juga memberikan kontribusi dalam perkembangan keterampilan abad 21 yang terkait dengan berpikir kritis, kreatif, komunikatif, dan kolaboratif untuk menjawab tantangan di era global yang mencerminkan profil pelajar pancasila.

Seni tari merupakan pembelajaran yang berbasis pada kecerdasan kinestetik dengan memperhatikan keindahan dan artistik sesuai dengan norma yang berlaku, untuk itu seni tari sangat erat kaitannya dengan budaya dan pola pikir masyarakat setempat. Melalui seni tari, peserta didik dapat meningkatkan kreativitas, dan apresiasi dalam berkarya seni dan dapat memaknai fenomena kehidupan yang diimplementasikan dalam keseharian.

Modul ajar Seni Tari SMP Fase D ini disusun dengan pendekatan berupa elemen-elemen yang saling berkaitan, yaitu mengalami, mencipta, refleksi, yang bermuara pada berpikir dan bekerja artistik, sehingga berdampak bagi dirinya dan orang lain.

Modul Ajar Seni Tari SMP Fase D

Berikut ini saya sertakan modul seni tari SMP Fase D pilihan yang dibuat oleh guru-guru progam sekolah penggerak, semoga dapat dijadikan contoh modul ajar yang sesuai konteks dan karakteristik peserta didik dan satuan pendidikan masing-masing sobat.

Buku teks Guru dan Siswa

NoBuku TeksDownload
1Buku Guru Seni TariDownload
2Buku Siswa Seni TariDownload

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

NoCP &ATPDownload
1Capaian Pembelajaran Seni Tari Download
2Alur Tujuan Pembelajaran Seni TariDownload

Modul Ajar Seni Rupa SMP Fase D

No   Topik / Modul Penyusun Download
1 Konsep dan ciri-ciri Tari Kreasi non Tradisi  (IX)  Lesa Paranti,S.Pd.,M.ADownload
2 Memahami konsep,kaidah prinsip dan 
jenis Tari Tradisi dalam kontek Budaya (VII)
Buyung Rohmanto,S.Pd Download
3 Komposisi dan Koreaografi Tari Kreasi non
Tradisi (IX)
Rimasari PP,S.Pd.,M.Pd Download
4 pengertian tari tradisi, unsur utama tari tradisi, pendukung gerak tari tradisi, bentuk penyajian tari tradisi, jenis tari tradisi Khabibah Ratnaningsih,S.PD.,M.Pd Download

Modul ajar seni lainnya dapat anda cek pada link berikut ini :
Demikian sobat gurusumedang, modul ajar Seni Tari SMP Fase D yang layak dijadikan contoh dan rujukan, semoga bermanfaat

Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Seni Tari SMP Fase D"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.