Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7.Seni Teater merupakan ekspresi manusia terhadap berbagai fenomena melalui media yang lebih kompleks, dengan menggabungkan semua bidang seni, baik bidang seni tari, musik, akting, seni rupa, dan multimedia. 

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D.Seni Teater merupakan ekspresi manusia terhadap berbagai fenomena melalui media yang lebih kompleks, dengan menggabungkan semua bidang seni, baik bidang seni tari, musik, akting, seni rupa, dan multimedia.

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7

Manusia memiliki sifat homo ludens (manusia bermain), sehingga sejak usia dini teater dapat diajarkan sebagai bentuk pengenalan, pemahaman, pengolahan, peniruan (mimesis) dan pengekspresian emosi melalui tubuhnya. 

Dengan bermain peran, seni teater dapat membantu peserta didik sejak dini untuk mengasah daya pikir (imajinasi dan bernalar kritis), mengenali dan mengembangkan potensi diri (mandiri) serta meningkatkan kepercayaan diri.

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D kelas 7didesain untuk menjadi panduan guru, bagaimana teater dapat mengajarkan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal agar peserta didik dapat berinteraksi dan menyampaikan pesan dengan lebih baik dan menarik lagi dengan lingkungan sekitar. 

Hal ini dapat dipraktekkan dalam bentuk eksperimen pertunjukan di kelas, di mana peserta didik dapat bekerja sama dalam permainan peran, menulis naskah, atau latihan repetisi dalam gladi bersih. Kerja teater adalah kerja ansambel sehingga semua bidang adalah penting dan setiap orang memiliki peran untuk bersama mencapai tujuan bersama (gotong royong).

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7

Modul ajar Seni Teater SMP Fase D kelas 7menempatkan manusia sebagai makhluk yang mampu berinovasi (homo creator) yang dapat diarahkan untuk dapat melihat persoalan- persoalan di sekitarnya, mencari lebih jauh permasalahan, dan menggunakan media seni teater untuk berkreasi dan berinovasi untuk mengulik, menyampaikan atau mencari alternatif jawaban terhadap persoalan tersebut (berpikir kritis, kreatif dan asas berkebhinekaan global). 

Untuk modul ajar seni teater SMP Fase D harus menjadi perangkat ajar yang terstruktur dalam mengasah potensi homo creator, peserta didik dapat berperan serta dalam proses membuat dan mempersiapkan pertunjukan menurut kemampuan masing-masing. 

Melalui teater, peserta didik dibawa ke dalam cerita tentang karakter dari berbagai latar belakang yang bisa dibayangkan. Pertunjukan langsung mengajari peserta didik bagaimana menghargai semua karakterisasi tokoh dan bagaimana menghormati sudut pandang orang lain. Seni Teater mengajarkan manusia untuk bersikap kritis dan mampu memberi solusi untuk menyelesaikan masalah, sehingga melalui seni Teater, peserta didik mampu memahami berbagai persoalan yang terjadi dalam diri dan lingkungannya.

Seni teater dapat mengajarkan empati dan tanggung jawab kepada sesama, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menggali dan mengeksplorasi potensi individu, kerjasama, dan unity menuju kreativitas estetis, berdasarkan norma yang berlaku (beriman dan bertaqwa pada Tuhan yang Maha Esa), sehingga bisa membentuk profil Pelajar Pancasila.

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7

Berikut ini admin gurusumedang sajikan modul ajar seni teater SMP Fase D yang dapat dijadikan contoh modul ajar yang dapat di tiru, dan dimodifikasi sesuai konteks dan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didiknya masing-masing.

Buku teks Guru dan Siswa

No Buku Teks Download
1 Buku Guru Seni Teater  Download
2 Buku Siswa Seni Teater Download

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan pembelajaran

No CP &ATP Download
1 Capaian Pembelajaran Seni Teater  Download
2 Alur Tujuan Pembelajaran Seni Teater  Download

Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7

No Topik /Modul  Penyusun Download
1 Teknik Pantomim  Dahri Download
2Pantomim (improvisasi karakter tokoh) Dahri Download
3 Biografi Untuk Pementasan Inne Lusiana,S.Pd Download
4Unsur Keaktoran Sri Harni Download
5 Teknik Keaktoran dan Penyutradaraan Sri Widati,S.Pd Download

Modul ajar seni lainnya dapat anda cek pada link berikut ini :
Demikian sobat gurusumedang, modul ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7 yang dapat dijadikan contoh dan rujukan, semoga bermanfaat
Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul Ajar Seni Teater SMP Fase D Kelas 7"

  1. TERIMAKASIH BANYAK ATAS ARTIKELNYA, SANGAT MEMBANTU DAN BERMANFAAT UNTUK PENULIS SEMOGA DIBERIKAN KESEHATAN DAN JAYA SELALU....

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.