Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA Fase e dan F Merdeka Belajar.| Bimbingan Konseling disatuan pendidikan sering di sepelekan padahal  merupakan komponen integral sistem pendidikan pada setiap satuan pendidikan, yang bertujuan dalam memfasilitasi dan memandirikan peserta didik agar mencapai perkembangan yang utuh dan optimal. 

Sebagai komponen integral, wilayah bimbingan dan konseling yang memandirikan secara terpadu bersinergi dengan wilayah layanan administrasi dan manajemen, serta wilayah kurikulum dan pembelajaran yang mendidik. 

Pribadi mandiri yang dimaksud adalah pribadi yang mampu mengendalikan diri dengan baik serta merespon kebutuhan lingkungan dengan tepat. Peserta didik pada akhirnya diharapkan mampu mencapai kesejahteraan dalam hidupnya (wellbeing).  

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA Fase e dan F Merdeka Belajar.| Bimbingan Konseling disatuan pendidikan sering di sepelekan padahal  merupakan komponen integral sistem pendidikan pada setiap satuan pendidikan, yang bertujuan dalam memfasilitasi dan memandirikan peserta didik agar mencapai perkembangan yang utuh dan optimal.   Sebagai komponen integral, wilayah bimbingan dan konseling yang memandirikan secara terpadu bersinergi dengan wilayah layanan administrasi dan manajemen, serta wilayah kurikulum dan pembelajaran yang mendidik.   Pribadi mandiri yang dimaksud adalah pribadi yang mampu mengendalikan diri dengan baik serta merespon kebutuhan lingkungan dengan tepat. Peserta didik pada akhirnya diharapkan mampu mencapai kesejahteraan dalam hidupnya (wellbeing).

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA

Peran bimbingan dan konseling saat ini dipandang semakin penting karena peserta didik akan dihadapkan pada  tantangan kehidupan masyarakat yang semakin kompleks. Pengaruh teknologi dan informasi yang semakin canggih, perubahan orientasi kehidupan yang begitu cepat akan berdampak pada perilaku peserta didik.  

Bimbingan dan konseling dalam setting pendidikan semakin penting dan sinergis untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan yang holistik. 

Eksistensi bimbingan dan konseling dapat dilihat dari capaian layanan bimbingan dan konseling (CLBK) dengan upaya mewujudkan :

  • kesejahteraan hidup (wellbeing);Dimensi wellbeing mencakup penerimaan diri (self acceptance), hubungan positif dengan orang lain (positive relationship with others), otonomi (autonomy), penguasaan lingkungan (environmental mastery), tujuan hidup (purpose in life), serta pertumbuhan pribadi (personal growth), (Ryff, 1989; 1995; 2014).
  • Profil pelajar Pancasila ;  Elemen Profil Pelajar Pancasila mencakup  Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhak mulia, berkebhinekaan global, gotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif.
  • Penguatan Pendidikan Karakter peserta didik: nilai utama penguatan pendidikan karakter  (PPK) mencakup religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas. 

Alur Capaian layanan bimbingan dan konseling (BK) SMA Fase E dan F dalam pelaksanaannya layanan BK pada setiap jenjang memiliki arah dan tujuan sesuai tugas perkembangan konseli yang dirumuskan dalam bentuk standar kompetensi kemandirian peserta didik (SKKPD) (Departemen Pendidikan Nasional, 2007).  Dalam SKKPD terdapat 11 aspek perkembangan yaitu :

  1. landasan hidup religius, 
  2. Landasan perilaku etis, 
  3. kematangan emosi, 
  4. kematangan intelektual,
  5. kesadaran tanggung jawab sosial, 
  6. kesadaran gender, 
  7. pengembangan diri, 
  8. perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis), 
  9. wawasan dan kesiapan karier, 
  10. kematangan hubungan dengan teman sebaya, dan 
  11. kesiapan diri untuk menikah dan berkeluarga 
Masa bersekolah di SMA merupakan waktu yang terbaik bagi peserta didik sehingga alur capaian layanan bimbingan dan konseling (BK) SMA  fase E dan Fdisusun agar peserta didik dapat mengembangkan jatidiri (identitas) sebagai pribadi yang unik dan efektif, pembelajar sepanjang hayat, insan yang produktif, dan manusia yang hidup harmonis dalam keragaman. 

Pengembangan jatidiri tersebut dapat diupayakan dalam penyusunan program bimbingan dan konseling  secara terencana dan sistematis melalui layanan bimbingan dan konseling  pribadi, belajar, sosial, dan karir. 

Program bimbingan dan konseling memberikan layanan yang terintegrasi dengan program pengembangan semua aspek hidup peserta didik di sekolah. Bimbingan dan konseling di SMA diupayakan untuk mengidentifikasi kebutuhan bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir yang merupakan aktivitas esensial dalam menghadapi rintangan dalam mencapai prestasi sesuai potensi masing-masing peserta didik. 

Oleh karena itu, alur capaian layananan bimbingan dan konseling (BK) SMA fase E dan F fokus pada pemenuhan kebutuhan pribadi, sosial, belajar, dan karir yang merupakan kunci keberhasilan hidup peserta didik selanjutnya. 

Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA

Berikut ini alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA Fase E dan F dan pengembangan temanya sesuai bidang beserta lampiran lainnya 

 No BK dan Pengembangan dan lampiran  Download 
1 Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling Fase E dan F Download
2 Contoh Pengembangan Tema sesuai Bidang BK sesuai SKKPD Download

Alur capaian layanan bimbingan dan konseling tingkatan lainnya serta beberapa artikel tentang bimbingan dan konseling, bisa sobat GS cek di bawah ini :

Demikian Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SD.

Semoga bermanfaat.

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Alur Capaian Layanan Bimbingan dan Konseling (BK) SMA"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.