Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan Pembelajaran di PAUD | Panduan Guru

Pengembangan Pembelajaran di PAUD | Pandungan Guru. Kebijakan pengembangan kurikulum merdeka ditingkat PAUD bisa kita lihat pada Keputusan Kepala Badan Standar kurikulum dan asesmen Pendidikan Kemdikbudristek No 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pengembangan pembelajaran di PAUD, panduan guru, PAUD itu artinya apa?, Apa perbedaan antara TK dan PAUD?, Sekolah PAUD untuk anak usia berapa?, Apa saja yang dipelajari di PAUD?, materi pembelajaran paud, 8 metode pembelajaran paud, contoh pembelajaran paud, model pembelajaran paud, media pembelajaran paud, buku metode pembelajaran paud, 11 metode pembelajaran paud, macam-macam model pembelajaran paud

Dan untuk memahami bagaimana paradigma pembelajaran baru di Kurikulum Merdeka ini serta bagaimana pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah sampai ke implementasi proses pembelajaran setiap harinya kemudian bagaimana melakukan asesmen otentik sebagai tindak lanjut proses pembelajaran ? anda sudah diarea tepat, teruskan membaca Buku panduan Guru pengembangan pembelajaran di PAUD ini, sampai akhir.


Pengembangan pembelajaran di PAUD, panduan guru, PAUD itu artinya apa?, Apa perbedaan antara TK dan PAUD?, Sekolah PAUD untuk anak usia berapa?, Apa saja yang dipelajari di PAUD?, materi pembelajaran paud, 8 metode pembelajaran paud, contoh pembelajaran paud, model pembelajaran paud, media pembelajaran paud, buku metode pembelajaran paud, 11 metode pembelajaran paud, macam-macam model pembelajaran paud

Prinsip Pembelajaran di PAUD

Prinsip pembelajaran di PAUD adalah :
  1. Pembelajaran dirancang dengan mempertimbangkan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik saat ini, sesuai kebutuhan belajar, serta mencerminkan karakteristik dan perkembangan yang beragam sehingga pembelajaran menjadi bermakna dan menyenangkan.
  2. Pembelajaran dirancang dan dilaksanakan untuk membangun kapasitas untuk menjadi pembelajaran sepanjang hayat.
  3. Proses pembelajaran mendukung perkembangan kompetensi dan karakter peserta didik secara holistik.
  4. Pembelajaran yang relevan, yaitu pembelajaran yang dirancang sesuai konteks, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra.
  5. Pembelajaran berorientasi pada masa depan yang berkelanjutan

Beberapa hal yang harus di pahami sobat GS bahwa Capaian Pembelajaran (CP) memiliki posisi seperti Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang ada pada kurikulum 2013. 

Dalam rumusannya, CP melebur kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara holistik. Hal lain yang juga menjadi karakteristik CP , yaitu CP merupakan capaian di akhir fase fondasi (TK B) atau saat peserta didik selesai belajar pada satuan PAUD. 

Rumusan Capaian Pembelajaran pada akhir PAUD adalah pada akhir fase fondasi, peserta didik menunjukkan kegemaran mempraktikkan dasar-dasar nilai agama dan budi pekerti; kebanggaan terhadap jati dirinya; kemampuan literasi dan dasar-dasar sains, teknologi, rekayasa, seni, dan matematika untuk membangun kesenangan belajar dan kesiapan mengikuti pendidikan dasar. 

Lingkup capaian pembelajaran pada PAUD mencakup tiga elemen stimulasi yang saling terintegrasi. Tiap elemen stimulasi mengeksplorasi aspek-aspek perkembangan secara utuh dan tidak terpisah. 

Ada tiga elemen Capaian Pembelajaran pada PAUD dalam kurikulum ini,  yaitu 
  1. CP Nilai Agama   dan Budi Pekerti, 
  2. CP Jati Diri; 
  3. CP Dasar-Dasar Literasi dan STEAM. 
Dalam sebuah implementasi pembelajaran, ketiga elemen CP diajarkan secara holistik integratif dan tidak terpisah-pisah karena saling mendukung. 

Apa yang dimaksud dengan holistik integratif dapat dipelajari lebih lanjut pada Bab 2 di bagian prinsip-prinsip pembelajaran PAUD. 

Untuk memahami lebih jelas tentang apa itu Capaian Pembelajaran (CP), sobat GS  dapat membaca buku panduan guru 1 (Bab 2). 

Sobat GS juga dapat mempelajari secara lebih detail tentang CP nilai agama dan budi pekerti pada buku panduan guru 2, CP jati diri pada buku panduan guru 3, dan CP dasar-dasar literasi dan STEAM pada  buku panduan guru 4. 

Buku Panduan Guru Pengembangan pembelajaran di PAUD ini terdiri dari empat bab. 

  1. Bab pertama membahas tentang karakteristik-karakteristik khusus struktur kurikulum  dengan paradigma pembelajaran yang baru. 
  2. Bab kedua membahas tentang bagaimana satuan PAUD menerjemahkan kurikulum menjadi Kurikulum Operasional Sekolah dan rancangan pembelajaran harian. 
  3. Bab ketiga membahas bagaimana guru dapat mengimplementasikan pembelajaran yang bermakna bagi anak. 
  4. Bab keempat membahas  asesmen otentik sebagai lanjutan dari implementasi pembelajaran dan memberi  pijakan bagi  perencanaan selanjutnya
Selengkapnya Buku Panduan guru pengembangan pembelajaran di PAUD :


Demikian buku panduan guru dalam pengembangan pembelajaran di PAUD

Semoga Bermanfaat.
  • Pembelajaran apa saja yang ada di PAUD?
  • Apa itu pembelajaran PAUD?
  • Bagaimana pelaksanaan pembelajaran di PAUD?
  • Apa saja yang dilakukan guru PAUD?
  • materi pembelajaran paud
  • contoh pembelajaran paud
  • media pembelajaran paud
  • download metode pembelajaran paud
  • 8 metode pembelajaran paud
  • jenis-jenis pembelajaran paud
  • model pembelajaran paud
  • metode pembelajaran paud k-13
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Pengembangan Pembelajaran di PAUD | Panduan Guru"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.