Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran

Penggunaan Papan Bicara dalam Pembelajaran dan Penilaian Formatif. Keberadaan papan tulis didalam kelas sampai detik ini adalah komponen utama yang ada dalam kelas, papan tulis tersebut menjadi papan bicara yang menghantarkan manusia dalam kecerdasannya saat ini.

papan bicara di sekolah, contoh papan bicara, contoh papan bicara adiwiyata

Penggunaan Papan Bicara dalam Pembelajaran dan Penilaian Formatif. Keberadaan papan tulis didalam kelas sampai detik ini adalah komponen utama yang ada dalam kelas, papan tulis tersebut menjadi papan bicara yang menghantarkan manusia dalam kecerdasannya saat ini.
Pembelajaran penulis saat menggunakan papan bicara

Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran

Penggunaan papan tulis dikelaspun menjadi papan bicara besar yang tidak tergantikan, walaupun jaman terus berevolusi dengan cepat dan seiring perkembangan teknologi, ada sebagian orang atau ada juga para pendidik yang menvonis papan tulis sebagai perangkat kelas yang dianggap kuno dan ‘remeh’ manfaatnya. 

Banyak sekolah dan perguruan tinggi mengurangi papan tulis atau papan bicara yang menempel di tembok ini, bahkan menghilangkan penggunaan papan tulis dan menggantinya dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi yang lebih modern seperti LCD dan LED berlayar lebar dengan segala kemudahannya.

Sugeng  Sutiarso (2020) mengutip apa yang disampaikan Azmi (2015) bahwa  beberapa universitas terbaik dunia masih menggunakan papan tulis kapur saat perkuliahan, seperti Institut Teknologi Bandung Indonesia, Massachusetts Institut of Technology-AS, Hardvard-AS, Oxford-UK, Cambridge UK, Osaka-Jepang, Erasmus Mundus-Belanda, Hamburg-Belanda, Omiya Koryo High School-Jepang. 

Hal ini menunjukkan bahwa anggapan papan tulis sebagai media pembelajaran yang kuno dan tidak efektif kurang beralasan. 

Berdasarkan fakta tersebut, membuktikan bahwa papan tulis ini tidak mengurangi efektivitas pembelajaran, dan menunjukkan bahwa papan tulis tetap memberikan pembelajaran efektif jika dapat dioptimalkan penggunaannya.

Bahkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan papan tulis dilakukan dengan benar dan tepat akan berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Dalam sebuah penelitiannya Muhamad Yani (2022) menyebutkan "Berdasarkan persepsi guru terhadap respon siswa. Dengan menggunakan papan bicara, siswa menunjukkan kegembiraan dan tidak pernah absen dalam daftar hadir. Siswa menyukai strategi ini karena siswa dapat belajar sambil bermain, dan kemudian mendukung siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris.

 

Papan bicara adalah papan tulis kecil yang terbuat dari papan kecil atau karton berukuran lebih kurang sekitar 40 x 60 cm yang bisa dibawa kemana-mana serta ringan.   Papan bicara menjadi media peserta didik atau siapapan untuk menulis dalam menyampaikan ide, gagasan dan pendapat dengan tulisan yang singkat dan padat sehingga papan bicara ini menjadi  alat komunikasi yang efektif, seperti contoh dibawah ini.

Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran

Papan bicara adalah papan tulis kecil yang terbuat dari papan triplek melamin kecil atau karton berukuran lebih kurang sekitar 40 x 60 cm yang bisa dibawa kemana-mana serta ringan. 

Papan bicara menjadi media peserta didik atau siapapan untuk menulis menggunakan spidol dalam menyampaikan ide, gagasan dan pendapat dengan tulisan yang singkat dan padat sehingga papan bicara ini menjadi  alat komunikasi yang efektif, seperti contoh dibawah ini.


Dengan menggunakan papan bicara aparat Polisi dengan mudah dan jelas menyampaikan informasinya ,langsung bisa difahami para pengendara dan pejalan kaki yang melaluinya sehingga menjadi media informasi yang efektif, dibandingkan menggunakan pengeras suara yang kadang malah tidak jelas dan kabur bersaing dengan kebisingan kendaraan bermotor. Kembali dalam dunia pendidikan Papan bicara bisa dijadikan alat dan media pembelajaran yang efektif, selain itu penggunaan papan bicara dapat mengembangkan kemampuan dan merangsang berpikir peserta didik.
Aparat Kepolisian menggunakan Papan Bicara
dalam Sosialisasi Prokes Covid-19


Dengan menggunakan papan bicara aparat Polisi dengan mudah dan jelas menyampaikan informasinya ,langsung bisa difahami para pengendara dan pejalan kaki yang melaluinya sehingga menjadi media informasi yang efektif, dibandingkan menggunakan pengeras suara yang kadang malah tidak jelas dan kabur bersaing dengan kebisingan kendaraan bermotor.

Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran

Kembali dalam dunia pendidikan, papan bicara bisa dijadikan alat dan media pembelajaran yang efektif, selain itu penggunaan papan bicara dapat mengembangkan kemampuan dan merangsang berpikir peserta didik.

Saat peserta didik menuliskan pikirannya dan pendapatnya dengan kalimat yang efektif dipapan bicara , peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikirnya, yaitu berpikir kreatif dan berpikir kritis serta keterampilan berpikir spasial. karena siswa didorong dan dilatih untuk bisa menuliskan ide-ide dan pendapatnya dengan kalimat efektif yang singkat dan jelas

Dengan berkembangnya kemampuan berpikir siswa maka hal ini berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Jadi penggunaan media papan bicara dapat meningkatkan hasil belajar jika penggunaannya dioptimalkan.

Bagaimana penggunaan papan bicara dalam pembelajaran dan bisa dijadikan alat dalam penilaian formatif ini ?

Ketika guru mengajukan beberapa pertanyaan Pendidik dapat meminta peserta didik menuliskan jawaban atas pertanyaan lisan atau tertulis pada papan kecil/kertas karton berukuran sekitar 35x50 cm dengan spidol. 

Setelah peserta didik menuliskan jawabannya, mereka diminta untuk mengangkat papan bicara mereka. Pendidik dapat menentukan siapa yang dapat menjawab dengan tepat dan yang masih membutuhkan bantuan. Pendidik bisa langsung memberikan perbaikan (umpan balik) pada peserta didik yang jawabannya belum tepat.

Papan bicara juga bisa menjadi jembatan bagi siswa yang mengalami kesulitan untuk menyampaikan ide dan pikirannya secara runut,jelas dan lantang sehingga hambatan-hambatan itu bisa dilalui, dengan demikian semua siswa dapat diberikan kesempatan dalam belajar.sehingga equality dan equity dalam pembelajaran bisa tercapai.

Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran

Berikut ini beberapa pengalaman penulis dan dokumentasi penulis dalam penggunaan papan bicara yang digunakan dalam pembelajaran.


Saat peserta didik menuliskan pikirannya dan pendapatnya dengan kalimat yang efektif dipapan bicara , peserta didik dapat mengembangkan keterampilan berpikirnya, yaitu berpikir kreatif dan berpikir kritis serta keterampilan berpikir spasial. karena siswa didorong dan dilatih untuk bisa menuliskan ide-ide dan pendapatnya dengan kalimat efektif yang singkat dan jelas  Dengan berkembangnya kemampuan berpikir siswa maka hal ini berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Jadi penggunaan media papan bicara dapat meningkatkan hasil belajar jika penggunaannya dioptimalkan.  Bagaimana penggunaan papan bicara dalam pembelajaran dan bisa dijadikan alat dalam penilaian formatif ini ?

Berdasarkan pengalaman penulis menggunakan papan bicara dalam proses pembelajaran kepercayaan diri peserta didik meningkat, setiap anak dan kelompoknya berkesempatan sama dalam mengemukakan pendapat, kegembiraan dan antusiasme mengikuti proses pembelajaran terpancar dari raut wajah mereka. dan tentunya papan bicara bisa digunakan oleh semua mata pelajaran.

Berdasarkan pengalaman penulis menggunakan papan bicara dalam proses pembelajaran kepercayaan diri peserta didik meningkat, setiap anak dan kelompoknya berkesempatan sama dalam mengemukakan pendapat, kegembiraan dan antusiasme mengikuti proses pembelajaran terpancar dari raut wajah mereka. dan tentunya papan bicara bisa digunakan oleh semua mata pelajaran.
Semoga bermanfaat
  • contoh papan bicara
  • papan bicara disekolah
  • contoh papan bicara adiwiyata
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Penggunaan Papan Bicara Dalam Pembelajaran"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.