Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Penilaian Proyek

Teknik Penilaian Pembelajaran Berbasis Proyek. Tulisan ini lanjutan dari tulisan sebelumnya tentang contoh penerapan Pembelajaran Proyek.yang membahas bagaimana menerapkan pembelajaran berbasis proyek IPA. 

Teknik penilaian proyek, penilaian proyek contohnya, penilaian proyek pdf
penilaian proyek siswa, contoh penilaian proyek siswa, penilaian proyek dan produk, penilaian proyek sd, instrumen penilaian proyek, contoh penilaian proyek sd

Penerapan pembelajaran proyek melalui tahapan : 1) penentuan pertanyaan mendasar, 2) mendesain perencanaan proyek, 3) menyusu jadwal dan 4) memonitor peserta didik dan kemajuan proyek 5) menguji hasil dan 6) mengevaluasi pengalaman.


Teknik penilaian proyek, penilaian proyek contohnya, penilaian proyek pdf penilaian proyek siswa, contoh penilaian proyek siswa, penilaian proyek dan produk, penilaian proyek sd, instrumen penilaian proyek, contoh penilaian proyek sd
Pemaparan Rencana Proyek 

Dan alangkah baiknya sebelum masuk ke Teknik Penilaian proyek  dibawah ini, sobat GS cek dulu Contoh Penerapan pembelajaran Berbasis Proyek.

Ok Sobat kalau sudah beres membaca dan menelaahnya kita lanjutkan ke Teknik Penilaian Proyek, sehingga pemahaman kita menyeluruh.

Penilaian  Proyek

Proyek adalah tugas-tugas belajar (learning Tasks) yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan dan pelaporan baik secara tertulis maupun lisan dalam rentang waktu tertentu (periode).

Penilaian proyek merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau rentang waktu tertentu.Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data.

Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, kemampuan penyelidikan dan kemampuan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran tertentu secara jelas. 

Pada penilaian proyek setidaknya ada 3 (tiga) hal yang perlu dipertimbangkan yaitu:  

  1. Kemampuan pengelolaan Kemampuan peserta didik dalam memilih topik, mencari informasi dan mengelola waktu pengumpulan data serta penulisan laporan. 
  2. Relevansi Kesesuaian dengan mata pelajaran, dengan mempertimbangkan tahap pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam pembelajaran. 
  3. Keaslian Projek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan kontribusi guru berupa petunjuk dan dukungan terhadap proyek peserta didik. 

Teknik Penilaian Proyek

Penilaian proyek dilakukan mulai dari perencanaan, proses pengerjaan, sampai hasil akhir proyek.Untuk itu, guru perlu menetapkan hal-hal atau tahapan yang perlu dinilai, seperti :

  • penyusunan disain, 
  • pengumpulan data, 
  • analisis data, dan 
  • penyiapkan laporan tertulis.

Laporan tugas atau hasil penelitian juga dapat disajikan dalam bentuk poster. Pelaksanaan penilaian dapat menggunakan alat/instrumen penilaian berupa daftar cek ataupun skala penilaian.

Contoh format penilaian proyek diantaranya adalah sebagai berikut :

Setelah proyek selesai guru dapat melakukan penilaian menggunakan rubrik penilaian proyek. Peserta didik melakukan presentasi hasil proyek, mengevaluasi hasil proyek, memperbaiki sehingga ditemukan suatu temuan baru untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap awal. 

Kriteria dan Rubrik Penilaian Proyek

Pada Tulisan sebelumnya tentang Contoh Penerapan pembelajaran berbasis Proyek IPA dicontohkan proyek siswa dalam membuat penjernihan air,  dan berikut ini kita lanjutkan ke contoh kriteria dan rubrik penilaian pada proyek membuat penjernihan air.

a. Kriteria Penilaian Proyek Membuat Penjernihan Air

b. Rubrik penilaian Proyek Membuat Penjernihan Air

Demikian Teknik penilaian Proyek IPA , semoga bisa menjadi inspirasi sobat GS, salam sukses dan maju terus pendidikan Indonesia.

Download Format Penilaian Proyek, Kriteria Penilaian Proyek dan Rubrik penilaian Proyek membuat Penjernihan Air :


Semoga bermanfaat
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Teknik Penilaian Proyek"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.