Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek

Contoh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek IPA . Pembelajaran berbasis proyek atau dikenal dengan Project Based Learning adalah pembelajaran yang menggunakan proyek /kegiatan sebagai inti pembelajaran, dimana peserta didik melakukan eksplorasi , penilaian, interpretasi, sintesis dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.

contoh penerapan pembelajaran berbasis proyek, contoh pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis proyek di paud, pembelajaran berbasis proyek pdf, contoh soal tentang pembelajaran berbasis proyek, contoh pembelajaran berbasis proyek di sd, contoh pembelajaran berbasis proyek di sd kelas 4, contoh, pembelajaran berbasis proyek di paud, pembelajaran berbasis proyek di sd

contoh penerapan pembelajaran berbasis proyek, contoh pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis proyek di paud, pembelajaran berbasis proyek pdf, contoh soal tentang pembelajaran berbasis proyek, contoh pembelajaran berbasis proyek di sd, contoh pembelajaran berbasis proyek di sd kelas 4, contoh, pembelajaran berbasis proyek di paud, pembelajaran berbasis proyek di sd

Dibawah ini GS akan memberikan contoh penerapan pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran IPA. Bagaimana cara pembelajaran berbasis proyek?
Tugas proyek seperti apa? Apa saja contoh model pembelajaran? Apa maksudnya pembelajaran berbasis proyek? contoh pembelajaran berbasis proyek, contoh pembelajaran berbasis proyek di smp

Tahapan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek

Tahapan dalam penerapan pembelajaran berbasis proyek adalah : 
  1. Penentuan Pertanyaan Mendasar, 
  2. Mendesain Perencanaan Proyek, 
  3. Menyusun Jadwal,
  4. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek, 
  5. Menguji Hasil, dan   
  6. Mengevaluasi Pengalaman 

Dalam teknis pembelajarannya guru dan peserta didik dapat bekerja sama mendisain proyek, merancang perncanaan proyek dan menyusun jadwal. 

Untuk memandu pembelajaran berbasis proyek ini guru dapat mendesain intrumen-intrumen lembar kerja peserta didik karena pelaksanaan pembelajarannya secara umum dilakukan sebagai tugas diluar tatap muka kecuali pelaporan hasil proyek.

Sedangkan untuk penilaiannya guru harus menyiapkan instrumen penilaian proyek.  Berikut ini contoh lembar kerja pelaksanaan tugas proyek yang akan dilakukan peserta didik.  

1. Lembar Kerja Tugas Proyek 

Contoh penerapan pembelajaran berbasis proyek kali ini misalnya membuat alat penjernih air.  Untuk mengerjakan proyek, peserta diberi panduan kerja agar tugas dapat dikerjakan secara efektif dan efisien. 

Berikut ini contoh lembar kegiatan :

2. laporan Kegiatan Pembelajaran Berbasis Proyek

Laporan kegiatan pembelajaran berbasis proyek dapat berupa  laporan kegiatan merancang alat, menguji alat dan laporan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan model rancangan yang dibuat. 
terdiri dari :
  1. Merancang Alat
  2. Menguji Alat
  3. laporan penelitian
Dan selengkanya contoh laporan proyek sebagai berikut,silahkan anda scrolling saja :


Demikian sobat GS contoh Penerapan Pembelajaran berbasis Proyek pada mata pelajaran IPA, semoga bermanfaat.

Download Format lembar Kerja dan Laporan Proyek 


Untuk mengutuhkan pemahaman dan proses dalam pembelajaran berbasis proyek sebaiknya anda teruskan ke Teknik Penilaian Pembelajaran Berbasis Proyek di artikel lainnya tentang pembelajaran berbasis proyek  :
Wassalam
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Contoh Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.