Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Outing Class TK Asy-Syatibiyyah, Mengenal Sayur dan Buah

Outing Class TK Asy-Syatibiyyah, Mengenal Sayur dan Buah. Bermain dan belajar merupakan kesatuan yang tidak terpisahkan. Melalui bermain, anak belajar untuk memahami dunia di sekitarnya. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran anak usia dini dilakukan melalui bermain. 

outing class tk Asy-syatibiyyah mengenal sayur dan buah, outing class tk, outing class sd, outing class bertujuan untuk, outing class smk, outing class sma, outing class smp, tema outing class sd, proposal outing class

Kegiatan bermain tersebut harus memiliki tujuan yang jelas dan relevan, terkait dan berhubungan langsung dengan kehidupan peserta didik (contextual learning), yang dirancang sesuai konteks kehidupan, lingkungan, dan budaya peserta didik, serta melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra.

outing class tk Asy-syatibiyyah mengenal sayur dan buah, outing class tk, outing class sd, outing class bertujuan untuk, outing class smk, outing class sma, outing class smp, tema outing class sd, proposal outing class
Transaksi di Kasir

Ditengah-tengah keriuhan orangtua menemani kegiatan anak-anak  saya berkesempatan berbincang dengan Kepala TK Asy-Syatibiyyah yang berlokasi di Dusun Nanggewer RT 04/RW 05 Desa Padasuka Kec.Sumedang Utara ibu Eva Apriani,S.Pd, yang menjelaskan maksud dan tujuan outing class hari ini.

Pelaksanaan outing class TK Asy-Syatibiyyah ini, melibatkan satuan pendidikan, guru-guru, orang tua dan Mitra yang ada dilingkungan sekolah, kebetulan mitra outing class pada bulan ini adalah Griya Plaza Sumedang, dengan kegiatan ini anak difasilitasi untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar serta berinteraksi sosial didalamnya. 

Anak dibawa keluar kelas (Outing Class) untuk mengenal aktifitas di pasar, kegiatan ini sangat sarat dengan dinamika yang dimaknai dengan proses belajar, dengan modal uang Rp. 20.000,- anak-anak belajar mengambil keputusan dengan mempertimbangkan segala konsekuensinya, mereka harus memilah dan  memilih sayuran dan buah yang disukai, namun harus sesuai dengan keuangan yang dimilikinya. 

Kemampuan anak membaca, menulis dan menghitung tidak akan membebani manakala berproses secara bertahap seiring kebiasaan yang diperkenalkan dan dilakukan dan ditemui oleh anak.


Outing Class TK Asy-Syatibiyyah ini melibatkan satuan pendidikan, guru-guru, orang tua dan Mitra yang ada dilingkungan sekolah, kebetulan mitra outing class kali ini adalah Griya Plaza Sumedang, dengan kegiatan ini anak difasilitasi untuk mengeksplorasi lingkungan sekitar serta berinteraksi sosial didalamnya.   Anak dibawa keluar kelas (Outing Class) untuk mengenal aktifitas di pasar,tentunya kegiatan ini sangat sarat dengan dinamika yang dimaknai dengan proses belajar, dengan modal uang Rp. 20.000,- anak-anak belajar mengambil keputusan dengan mempertimbangkan segala konsekuensinya, mereka harus memilah dan  memilih sayuran dan buah yang disukai, namun harus sesuai dengan keuangan yang dimilikinya.   Kemampuan anak membaca, menulis dan menghitung tidak akan membebani manakala berproses secara bertahap seiring kebiasaan yang diperkenalkan dan dilakukan dan ditemui oleh anak.
Siswa-Siswi TK Asy Syatibiyyah sedang berbelanja
Sayur dan Buah

Dalam kegiatan outing class dengan belanja sayur dan buah ini, mereka harus menghitung dan mengelola uang, secara realitas anak harus menghitung, berapa sayur dan buah yang harus dibelinya, cukup tidak uangnya, kemudian berinteraksi dan berkomunikasi dengan kasir/pedagang yang dapat meningkatkan kompetensi dan kepercayaan diri mereka untuk dapat berperan dalam kegiatan sehari-hari sesuai dengan perkembangannya.

Kegiatan outing class TK Asy Syatibiyyah ini juga merupakan  wujud implementasi Program Transformasi Sumedang Simpati (PTSS) khususnya transformasi peserta didik dalam peningkatan kemampuan :

  • Literasi
  • Numerasi dan
  • karakter

Dalam membangun Karakter, sikap dan profil pelajar Pancasila kegiatan belanja sayur dan buah ini secara holistik dapat membangun sikap beriman dan bertakwa kepada tuhan yang maha esa dan berakhlak mulia dengan sikap jujur dan amanah dalam berbelanja dan menggunakan uangnya,  kemudian kebhinekaan global dan bergotong royong dengan sikap menghargai dan mernghormati orang lain dengan perilaku antri ketika membayar di kasir, mandiri dan bernalar kritis serta kreatif. 

Belajar seperti ini selaras dengan apa yang dikatakan oleh konfusius yaitu ;

Mendengar saya lupa, melihat saya ingat, melakukan saya paham", 

Secara umum alasan seorang anak belajar adalah 1) karena tertarik, 2) karena terdesak atau merasa butuh.  Pada anak seusia PAUD Proses pembelajarannya haruslah tumbuh dari keinginannya, sehingga muncul dorongan, rasa kepenasaran dan ketertarikan dalam dirinya yang akhirnya mau melakukannya sendiri (Internal Motivation) , proses pembelajaran ini dikenal dengan self regulated learning.

Belajar dalam hal ini bukan teoritis didalam kelas atau ceramah, melalui outing class anak langsung mengalami, dengan melakukan maka seluruh panca indra anak terlibat, inilah sebabnya dengan melakukan dan menemukan sendiri,  anak tidak akan mudah lupa karena apa yang ia lakukan akan masuk ke dalam ingatan jangka panjangnya, kemudian memahami dan mampu menguasainya.

Secara umum alasan seorang anak belajar adalah 1) karena tertarik, 2) karena terdesak atau merasa butuh.  Pada anak seusia PAUD Proses pembelajarannya haruslah tumbuh dari keinginannya, sehingga muncul dorongan, rasa kepenasaran dan ketertarikan dalam dirinya sehingga mau melakukannya sendiri (Internal Motivation) , proses pembelajaran ini dikenal dengan self regulated learning.  Belajar dalam hal ini bukan teoritis didalam kelas atau ceramah, melalui outing class anak langsung mengalami, dengan melakukan maka seluruh panca indra anak terlibat, inilah sebabnya dengan melakukan dan menemukan sendiri,  anak tidak akan mudah lupa karena apa yang ia lakukan akan masuk ke dalam ingatan jangka panjangnya, kemudian memahami dan mampu menguasainya.
Mewarnai Sayur dan Buah

Dengan outing class, anak tidak terbelenggu oleh kelas, anak bebas berekplorasi dan bermain, bermain adalah fitrah dan kebutuhan anak, bermain adalah cara anak belajar, bermain menjadi cara yang efektif untuk melibatkan anak dalam kegiatan belajar. 

Melalui bermain akan terbangun dan tercipta suasana yang penuh kegembiraan dan kebebasan bereksplorasi, anak-anak mendapat kesempatan untuk terlibat aktif dalam kegiatan konkret yang memberikan kesempatan bagi  mereka untuk belajar memecahkan masalah, meningkatkan keterampilan sosial, kemampuan bahasa, dan fisik motorik. 

Bermain menjadi satu-satunya cara paling efektif untuk belajar. Banyak kemampuan dikembangkan dan dikuatkan saat anak terlibat dalam kegiatan bermain

Kepala TK Assyatibiyyah berharap, melalui Outing Class anak dapat belajar dengan melihat dan mengalami, bersentuhan dan melakukan langsung pada sumber belajarnya, serta mampu mengambil kesimpulan dari apa yang dilakukannya sehingga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Asyatibiyah dengan baik dan maksimal.


Bermain menjadi satu-satunya cara paling efektif untuk belajar. Banyak kemampuan dikembangkan dan dikuatkan saat anak terlibat dalam kegiatan bermain  Kepala TK Assyatibiyyah berharap, melalui Outing Class anak dapat belajar dengan melihat dan mengalami, bersentuhan dan melakukan langsung pada sumber belajarnya, serta mampu mengambil kesimpulan dari apa yang dilakukannya sehingga dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak-anak Asyatibiyah dengan baik dan maksimal.
Foto bersama setelah kegiatan Outing Class
Kepala Sekolah-Guru-Siswa-Siswi TK Asy Syatibiyyah 

Dengan serangkaian kegiatan mulai dari kegiatan belanja sayur dan buah, lomba mewarnai, pengenalan makanan dan minuman sehat, tidak terasa waktu berlalu begitu cepat dari pukul 08.30 s.d 11.30 WIb, namun pancaran kegembiraan dari wajah manis anak-anak TK Asy-Syatibiyyah terus mengembang.

Outing Class kemudian ditutup dengan pembagian buah tangan berupa sayur dan buah, Balon, Eskrim, Yakult, Pediasure ,boneka buah dan sayur dari Plasa Griya Sumedang.

Wassalam


ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Outing Class TK Asy-Syatibiyyah, Mengenal Sayur dan Buah "

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.