Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi

Dalam Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi ini peserta didik berkreasi dan berkolaborasi untuk menguatkan pemahaman mereka tentang bioteknologi konvensional.

Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi diharapkan dapat menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. Menjadi saran yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila .

Peserta didik dapat menumbuhkan jiwa kebangsaan dan menghargai budaya secara berkelompok. Dari projek ini diharapkan dapat memupuk jiwa kerjasama, gotong royong, kewirausahaan, kreativitas, kemandirian, tanggung jawab.

Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi, disusun oleh Evad Dwiarti,M.Pd dari SMPN 3 Bengkulu. Modul P5 ini bisa anda unduh di Flatform Merdeka Mengajar. Guru Sumedang hanya membantu mendistribusikan modul P5 tersebut, agar sobat GS bisa melakukan ATM dengan cara mengamati dan menganalisis, kemudian menirunya untuk di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan serta entrybehavior peserta didiknya masing-masing.

Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi, disusun oleh Evad Dwiarti,M.Pd dari SMPN 3 Bengkulu. Modul P5 ini bisa anda unduh di Flatform Merdeka Mengajar. 

Guru Sumedang hanya membantu mendistribusikan modul P5 tersebut, agar sobat GS bisa melakukan ATM dengan cara mengamati dan menganalisis, kemudian menirunya untuk di modifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan satuan pendidikan serta entrybehavior peserta didiknya masing-masing.

Dalam projek ini peserta didik dapat membuat produk dan laporan yang bertemakan bioteknologi kenvensional dalam membuat Tape. Mereka dapat menuangkannya dalam bentuk hasil produk, video dan laporan lainnya sesuai tema. 

Kegiatan ini dilaksanakan secara berkelompok. Dimana tiap kelompok terdiri 10 -12 peserta didik dengan bimbingan koordinator projekdan Guru mata pelajaran di kelas yang telah di tunjuk sesuai waktu yang telah dijadwalkan. 

Dengan projek  Bioteknologi tema Rekayasa Teknologi peserta didik diharapkan dapat membuat produk dan memanfaatkan alam sekitar. Tercipta kreatifitas, kerjasama, gotong royong, kewirausahaan

Bioteknologi

Bioteknologi dideskripsikan sebagai suatu teknologi yang menggunakan dan memanfaatkan sistem hayati untuk mendapatkan barang dan jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia. Terdapat dua macam bioteknologi yaitu bioteknologi konvensional atau tradisional dan bioteknologi modern. 

Bioteknologi tradisional tanpa rekayasa genetika fokus pada cara seleksi alam mikroba yang digunakan dalam modifikasi lingkungan untuk memperoleh produk optimal misalnya : pembuatan tape, tempe, roti, bir dan lain-lain. 

Bioteknologi modern dengan rekayasa genetika memanfaatkan keterampilan manusia dalam melakukan manipulasi makhluk hidup agar dapat digunakan untuk menghasilkan barang yang diinginkan dalam bidang produksi pangan misalkan tanaman transgenik (Widianti dkk, 2014).

Tujuan Projek " Bioteknologi"

Tujuan Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi ini peserta didik dapat :

  • berkreasi dan berkolaborasi untuk menguatkan pemahaman mereka tentang bioteknologi konvensional.
  • menginspirasi peserta didik untuk berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya. 
  • menjadi saran yang optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.
  • menumbuhkan jiwa kebangsaan dan menghargai budaya secara berkelompok. 
  • memupuk jiwa kerjasama, gotong royong, kewirausahaan, kreativitas, kemandirian, tanggung jawab.

Download Modul P5 Fase D Bioteknologi Tema Rekayasa dan Teknologi

Bagaimana Dimensi dan Sub elemen, target Projek , Tahapan Projek, Rencana kegiatan projek, Aktifitas Projek, Alat dan bahan Relevansi projek dengan mata pelajaran lainnya  dan Asesmen bisa anda telaah dibawah ini :


Atau silahkan anda unduh pada tombol download berikut ini :

Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Penutup Projek Bioteknologi

Demikian Modul P5 Fase D " Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi yang dapat di sodorkan. sehingga peserta didik dapat menggunakan dan memanfaatkan sistem hayati untuk mendapatkan barang dan jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul P5 Fase D "Bioteknologi" Tema Rekayasa dan Teknologi"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.