Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D

Download Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D | Modul ajar adalah  perangkat ajar yang memuat rencana pelaksanaan pembelajaran, yang berperan dalam mengarahkan proses pembelajaran mencapai Capaian Pembelajaran (CP).

Dalam penggunaannya, guru memiliki kemerdekaan untuk memilih atau memodifikasi modul ajar yang sudah disediakan pemerintah untuk menyesuaikan dengan karakteristik murid, atau menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakteristik murid yang dihadapi.

Dibawah ini guru sumedang menyodorkan beberapa modul ajar P5 dari tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk fase D SMP yang disadur dan diambil dari praktik baik guru-guru di Indonesia yang di upload di app merdeka mengajar, agar bisa di tiru dan dimodifikasi sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik yang dihadapi.

Dibawah ini guru sumedang menyodorkan beberapa modul ajar P5 dari tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk fase D SMP yang disadur dan diambil dari praktik baik guru-guru di Indonesia yang di upload di app merdeka mengajar, agar bisa di tiru dan dimodifikasi sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik yang dihadapi.

Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan merupakan praktik hidup yang memperhatikan penggunaan sumber daya alam yang bertanggung jawab dan mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

yaitu  melibatkan kesadaran akan cara hidup dan konsumsi yang meminimalkan jejak lingkungan, mendukung keberlanjutan dan kelestarian bumi dan alam sekitarnya,yang memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan saat ini dan kepentingan masa depan.

Sebagaimana firman Alloh SWT dalam Qur'an surat 7:85 yang artinya : " ...Janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi setelah (diciptakan) dengan baik. Itulah yang lebih baik bagimu jika kamu orang beriman."

beberapa aspek yang menjadi perhatian dalam Gaya hidup berkelanjutan diantaranya :

  • Penggunaan sumber daya yang bijaksana: Mengurangi penggunaan energi, air, dan bahan bakar fosil, serta mengutamakan penggunaan sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan.
  • Pertimbangan konsumsi: Memilih produk yang ramah lingkungan, misalnya, yang menggunakan bahan daur ulang, memiliki siklus hidup yang lebih panjang, atau dihasilkan melalui praktik produksi yang berkelanjutan.
  • Mendukung pertanian dan pangan berkelanjutan: Memilih makanan organik atau lokal, mengurangi pemborosan makanan, dan mendukung praktik pertanian yang ramah lingkungan.
  • Transportasi yang ramah lingkungan: Menggunakan transportasi umum, berjalan kaki, bersepeda, atau menggunakan kendaraan listrik demi mengurangi emisi gas rumah kaca.
  • Pengelolaan limbah yang bertanggung jawab: Daur ulang, mendaur ulang, dan mengurangi limbah serta memilih produk yang dapat terurai dengan mudah.
  • Mendorong kesetaraan sosial: Menyokong praktek bisnis yang adil, termasuk hak dan perlindungan bagi pekerja, serta mengurangi ketidaksetaraan dalam masyarakat.

Gaya hidup berkelanjutan memerlukan kesadaran individual dan tindakan nyata untuk menjaga lingkungan dan sumber daya alam demi meningkatkan kualitas hidup jangka panjang. 

Ini juga mencakup upaya kolaboratif dari masyarakat, pemerintah, perusahaan, dan organisasi, terkhusus peserta didik kita yang menjadi pewaris bumi ini dimasa yang akan datang untuk menciptakan perubahan menuju dunia yang lebih berkelanjutan.

Download Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D

Contoh Modul P5 Tema Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D SMP

No Topik ModulPenyusun Download
1 Asiknya Berkebun Apotik Hidup Tim SMPN 2 Pulau Burung Download
2 Pembuatan Eco Brick dan karya Seni
dari Bahan Plastik Bekas
Tim UPT SMPN 32 Batusangkar Download
3 Energi Alternatif Penyelamat Bumi - Retno Kusumaningtyas,S.Pd
- Lidiya Dewi Kencana,S.Pd
Download
4 Ecopioneers Rif Annudin,S.Pd.,M.Pd Download
5 Produk Teknologi Olahanku Bubun Ruhbana,S.Pd.,M.Pd Download
6 Ecoprint Tim SMPN 1 Jatinunggal Download

Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

Demikian beberapa contoh modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D pilihan guru sumedang dari app merdeka mengajar untuk sobat guru agar dapat di amati dan di analisis , kemudian di tiru dan tentunya dimodifikasi sesuai karakteristik peserta didik dan satuan pendidikannya masing-masing, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Download Modul P5 Gaya Hidup Berkelanjutan Fase D"

  1. Menulis adalah mengabadikan diri dan memberikan keberkahan terhadap sedekah ilmu yang bermanfaat untuk masyarakat luas.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.