Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Arab Revisi 2023

CP Bahasa Arab Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menerbitkan capaian pembelajara revisi pada CP PAUD, SD, SMP, dan SMA, sebagaimana surat edaran no1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023.

CP Bahasa Arab Revisi 2023 


Salah satunya adalah CP Bahasa Arab Revisi 2023. Bahasa Arab adalah bahasa internasional yang digunakan oleh 25 negara sebagai bahasa komunikasi sehari-hari, khususnya di kawasan Timur Tengah dan Afrika. 

Sebagai bahasa internasional, selain berfungsi untuk komunikasi, bahasa Arab juga digunakan sebagai bahasa ilmu pengetahuan, bisnis, diplomatik, seni dan budaya, teknologi, akademik, dan pariwisata. Oleh karena itu bahasa Arab sangat penting dipelajari oleh para peserta didik di Indonesia sebagai bekal masa depan. 

CP Bahasa Arab Revisi 2023 menekankan pendekatan yang digunakan dalam mata pelajaran bahasa Arab pada Kurikulum Merdeka ini menggunakan pendekatan komunikatif, berbasis teks, dan/atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan melalui pemanfaatan beragam teks (lisan, tulis, visual, audiovisual), serta mencakup teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual dan audio). 

Melalui CP Bahasa Arab Revisi 2023 diharapkan peserta didik Indonesia yang memiliki keunggulan global, sudah selayaknya peserta didik dapat mempelajari, memahami, dan memiliki keterampilan berbahasa Arab. 

Hal ini dikarenakan dengan mempelajari bahasa Arab dalam Kurikulum Merdeka diharapkan dapat menumbuhkan karakter dan kompetensi peserta didik sesuai dengan profil pelajar Pancasila.  

CP Bahasa Arab Revisi 2023  

CP Bahasa Arab Revisi 2023. Secara umum bahasa Arab bertujuan untuk memastikan peserta didik mampu: 

  1. berkomunikasi melalui ungkapan bahasa Arab sehari-hari dengan baik dan benar sesuai dengan lahjah fusha (bahasa Arab baku/standar); 
  2. menerapkan keterampilan berbahasa Arab melalui mendengar (al- istima’), berbicara (al-kalam), membaca (al-qiraah), dan menulis (al-kitabah) yang diintegrasikan dengan pemahaman lintas budaya Arab di dalamnya; 
  3. memahami teks-teks bahasa Arab yang di dalamnya memuat nilai-nilai yang bermanfaat sebagai bekal peserta didik di era global; 
  4. menyampaikan informasi dalam teks-teks bahasa Arab kepada orang lain dengan penuh kesantunan berbahasa dan pemahaman lintas budaya (tafahum tsaqafi); 

CP Bahasa Arab Revisi 2023 

CP Bahasa Arab Revisi 2023. Bahasa Arab memiliki karakteristik yang unik. Adapun beberapa ciri khusus bahasa Arab yang dianggap unik dan tidak dimiliki bahasa-bahasa lain di dunia adalah aspek sistem bunyi (nizham shauty), sistem kata (nizham sharfy), dan sistem kalimat (nizham nahwi). 

Penggunaan jenis teks yang diajarkan dalam bahasa Arab dapat beragam dan disajikan dalam bentuk teks lisan dan tulisan (monolog atau dialog), teks visual, teks audio dan teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual dan audio) baik otentik maupun teks yang dibuat untuk tujuan pembelajaran. 

Selengkapnya Capaian pembelajaran / CP Bahasa Arab Revisi 2023 mulai dari rasionalitas bahasa Arab, Tujuan bahasa arab, karakteristik bahasa arab, elemen dan sub elemen, dan capaian pembelajaran bahasa Arab bisa anda amati dibawah ini :

Atau silahkan klik tombol biru untuk mendownload Capaian Pembelajaran/CP Bahasa Arab Revisi 2023 :

Untuk Cp Revisi Terbaru 2023 lainnya baik perjenjang mauun seluruh mata pelajaran bisa anda cek pad link : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Bahasa Arab Revisi 2023 pertenggal 4 September 2023 yang dapat disodorkan semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Arab Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.