Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Jerman Revisi 2023

CP Bahasa Jerman Revisi 2023| Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah melakukan kegiatan Umpan Balik Capaian Pembelajaran pada bulan Januari sampai dengan Mei 2023. yang menghasilkan revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA. 

CP Bahasa Jerman Revisi 2023

CP Bahasa jerman Revisi 2023 dirasa sangat penting karena saat ini negara Jerman juga membuka peluang bagi peserta didik untuk mengikuti pendidikan vokasi (Ausbildung) dan dapat langsung bekerja di Jerman atau kembali ke negara asal untuk bekerja dengan kompetensi di bidangnya, seperti bidang pariwisata dan perhotelan, gastronomi, perkantoran, teknik informatika, serta bidang kesehatan.


Secara global bahasa Jerman banyak digunakan di bidang pendidikan, pekerjaan, ilmu pengetahuan dan teknologi, pariwisata, seni, dan budaya. Sehingga CP bahasa Jerman revisi 2023 menjadi penting.

Bahasa Jerman merupakan bahasa terpenting kedua untuk bidang ilmu pengetahuan. Negara Jerman menduduki tempat ketiga di dunia dalam pemberian beasiswa riset/penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan bagi negara-negara luar termasuk Indonesia. Jerman juga menyediakan banyak beasiswa untuk kuliah di Jerman. 

CP Bahasa jerman Revisi 2023 dirasa sangat penting karena saat ini negara Jerman juga membuka peluang bagi peserta didik untuk mengikuti pendidikan vokasi (Ausbildung) dan dapat langsung bekerja di Jerman atau kembali ke negara asal untuk bekerja dengan kompetensi di bidangnya, seperti bidang pariwisata dan perhotelan, gastronomi, perkantoran, teknik informatika, serta bidang kesehatan.

Jerman menjadi salah satu pasar utama pariwisata Indonesia di kawasan Eropa. Di Indonesia, beberapa perusahaan Jerman juga memberikan kontribusi bagi roda perekonomian Indonesia.  

Melalui CP Bahasa Jerman Revisi 2023 guru melakukan pendekatan pembelajaran bahasa Jerman dengan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, dan/atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan. 

Pembelajaran difokuskan bukan hanya pada penguasaan keterampilan berbahasa, melainkan juga diarahkan pada pengembangan wawasan, karakter, dan kepribadian peserta didik. 

Bahasa Jerman mendorong peserta didik menggunakan kemampuan kognitif dan kemampuan linguistik melalui aktivitas mengamati, menganalisis, menginterpretasi, mengelaborasi, menerapkan pengetahuan budaya, memecahkan masalah tentang topik yang dibicarakan, menyimpulkan, dan mempresentasikan topik secara lisan dan tulis. 

CP Bahasa Jerman Revisi 2023

Mata pelajaran bahasa Jerman bertujuan untuk memastikan peserta didik mampu:  

  1. mengembangkan kemampuan berbahasa Jerman lisan dan tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar peserta didik setara dengan tingkat A2 standar Gemeinsame Europӓische Referenzrahmen fϋr Sprachen (GER); 
  2. mengembangkan pemahaman lintas budaya untuk memahami dan menghargai budaya yang berbeda dan meningkatkan pemahaman terhadap budaya sendiri; dan 
  3. mengembangkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang religius, mandiri, berpikir kritis, kreatif dan bertanggung jawab dalam rangka mempersiapkan diri menjadi warga global (global citizenship) serta mewujudkan profil pelajar Pancasila. 

CP Bahasa Jerman Revisi 2023

Pembelajaran bahasa Jerman merujuk pada standar yang berlaku sebagai “paspor bahasa”, yaitu Standar Gemeinsame Europӓische Referenzrahmen fϋr Sprachen (GER) (eng. Common European Framework of Reference for Languages (CEFR)). 

Pembelajaran bahasa Jerman mencakup keterampilan :

  • berbahasa reseptif (menyimak dan membaca). Keterampilan reseptif terdiri atas sub keterampilan penguasaan Grammatik (kaidah tata bahasa) dan Wortschatz (kosakata), yang dilengkapi dengan sub keterampilan membedakan secara auditif untuk keterampilan menyimak (Hören) dan sub keterampilan membedakan secara ortografis untuk keterampilan membaca (Lesen)
  • produktif (berbicara dan menulis). Keterampilan produktif terdiri atas sub keterampilan penguasaan dan penerapan Wortschatz (kosakata) dan Grammatik (kaidah tata bahasa) yang dilengkapi dengan sub keterampilan membedakan dan menggunakan tanda-tanda auditif untuk keterampilan berbicara (Sprechen) dan sub keterampilan membedakan dan menggunakan tanda-tanda ortografis untuk keterampilan menulis (Schreiben). 

Download CP Bahasa Jerman Revisi 2023

Selengkapnya CP bahasa Jerman Revisi 2023 dapat anda cek dibawah ini :

Atau silahkan download Cp bahasa jerman Revisi 2023 melalui tombol biru berikut :

Untuk CP perjenjang dan semua mata pelajaran dapat anda download pada link : CP Revisi Terbaru 2023

Pembelajaran bahasa Jerman juga menyiapkan peserta didik agar memiliki pemahaman lintas budaya. Unsur budaya menjadi bagian yang melekat pada bahasa sehingga disajikan secara terintegrasi ke dalam pembelajaran bahasa Jerman. 

Unsur budaya tidak hanya berupa data atau fakta tentang negara Jerman (faktische Landeskunde), tetapi juga melekat pada komunikasi bahasa Jerman (kommunikative Landeskunde)

Peserta didik belajar menumbuhkan pemahaman lintas budaya (interkulturelle Landeskunde) sehingga mereka tidak hanya dapat memahami dan menghargai budaya yang berbeda, tetapi mereka juga dapat memahami budaya mereka sendiri dengan lebih baik. 

Dengan memahami budaya lain dan interaksinya dengan budaya Indonesia, peserta didik mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang budaya Indonesia, memperkuat identitas dirinya sebagai manusia Indonesia, dan dapat menghargai perbedaan. 

Peserta didik dalam pembelajaran bahasa Jerman diharapkan memiliki karakter berkebinekaan global, mandiri, berpikir kritis, kreatif sebagai integrasi perwujudan profil pelajar Pancasila.  

Demikian capaian pembelajaran /CP Bahasa jerman Revisi 2023 yang dapat disodorkan semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Jerman Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.