Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Jepang Revisi 2023

CP Bahasa Jepang Revisi 2023 | Revisi capaian pembelajaran PAUD,SD,SMP,SMA terbaru  berdasrkan surat edaran Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tertanggal 4 September 2023.

CP Bahasa Jepang Revisi 2023

CP Bahasa Jepang Revisi 2023 | Revisi capaian pembelajaran PAUD,SD,SMP,SMA terbaru  berdasrkan surat edaran Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tertanggal 4 September 2023.

Bahasa Jepang merupakan bahasa internasional yang dapat memberikan banyak peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri dan bersaing di dunia internasional.  
Penguasaan bahasa Jepang sebagai bahasa asing akan mempermudah interaksi dan menyerap berbagai perkembangan teknologi, untuk itulah dilakukan revisi CP bahasa Jepang 2023.

Keterampilan berbahasa Jepang dapat digunakan dalam berinteraksi dengan masyarakat Jepang di dunia bisnis, perdagangan, industri, pariwisata, pendidikan, dan menjadi sarana refleksi diri terhadap budaya bangsa sendiri. 

Melalui CP bahasa Jepang Revisi 2023 peserta didik didorong untuk menguasai bahasa Jepang, peserta didik akan memiliki peluang meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau bekerja di perusahaan Jepang baik di dalam maupun di mancanegara.  

Dalam struktur kurikulum mata pelajaran, bahasa Jepang masuk dalam kelompok pilihan pada fase F jenjang pendidikan menengah setara level A2 (pemula) JF Standard. Dalam JF Standard terdapat Can-do CEFR dan Cando JF. 

Dengan CP bahasa Jepang revisi 2023 para pendidik dapat merancang pembelajaran untuk mencapai kemampuan berkomunikasi yang konkret dengan Can-do sebagai target pembelajaran.  

Pendekatan pembelajaran bahasa Jepang menggunakan pendekatan komunikatif, berbasis teks dan/atau pendekatan pembelajaran bahasa lainnya yang relevan melalui pemanfatan teks multimodal. 

Penggunaan informasi untuk menjelaskan dan/atau menjawab pertanyaan menggambarkan suatu pemahaman proses berpikir tingkat tinggi.  

CP Bahasa Jepang Revisi 2023

Mata pelajaran bahasa Jepang bertujuan untuk memastikan peserta didik mencapai kemampuan berkomunikasi level A2 (pemula) JF Standard yaitu: 

  1. mengembangkan kompetensi komunikatif berbagai teks multimodal (lisan, tulisan, visual, audiovisual); 
  2. mengembangkan kompetensi interkultural untuk memahami dan menghargai perspektif, praktik, produk budaya jepang, sekaligus mampu merefleksi budaya sendiri; 
  3. meningkatkan kepercayaan diri untuk berekspresi sebagai individu yang mandiri dan bertanggung jawab dengan keterampilan abad 21; dan 
  4. memfasilitasi peserta didik yang berminat untuk mempelajari dan menguasai bahasa jepang secara menyeluruh dan komprehensif.  

CP Bahasa Jepang Revisi 2023

Karakteristik dalam bahasa Jepang diklasifikasikan ke dalam lima kelompok, yaitu 

  • hatsuon (pelafalan), 
  • moji (huruf), 
  • goi (kosakata), 
  • bunpou (tata bahasa), dan 
  • hyougen (ungkapan) yang harus dipelajari secara menyeluruh dan terintegrasi. 

Karakteristik bahasa Jepang tidak lepas dari pengaruh sosial budaya. Pembelajaran bahasa Jepang tingkat SMA/MA/Program Paket C mengasah kemampuan berkomunikasi peserta didik berdasarkan JF Standard.

Download CP Bahasa Jepang Revisi 2023

Selengkapnya CP Bahasa Jepang Revisi 2023 mulai dari rasionalitas bahasa Jepang, tujuan bahasa Jepang, Karakteristik bahasa Jepang, elemen dan sub elemen bahasa Jepang serta capaian pembelajara/CP bahasa Jepang dapat anda scrolling dibawah ini :

Atau anda klik tombol biru berikut untuk mendownload CP Bahasa Jepang Revisi 2023 :

Untuk CP Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan seluruh mata pelajaran dari PAUD-SD-SMP-SMA dapat anda download pada link : CP Revisi Terbaru 2023

Melalui belajar bahasa Jepang, peserta didik dapat memahami pengetahuan sosial-budaya sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Dengan memahami budaya Jepang serta interaksinya dengan budaya Indonesia, peserta didik dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang budaya Indonesia, memperkuat identitas dirinya, dan menghargai perbedaan. 

Pembelajaran bahasa Jepang membantu peserta didik menyiapkan diri untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat yang reflektif, kritis, kreatif, serta memiliki kebinekaan global sesuai tujuan yang ingin dicapai yaitu Profil Pelajar Pancasila. 

Demikian CP Bahasa Jepang Revisi 2023 yang dapat saya sodorkan untk sobat guru dan para pengelola kurikulum disatuan pendidikan masing-masing, semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Jepang Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.