Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023 | Bahasa Mandarin, adalah bahasa nasional negara Republik Rakyat Cina, dan menjadi salah satu bahasa resmi PBB serta salah satu bahasa yang paling banyak dituturkan di seluruh dunia.  

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023


Mata pelajaran bahasa Mandarin dalam Kurikulum Merdeka termasuk dalam kelompok mata pelajaran pilihan. 

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023 menekankan pendekatan pembelajarannya menggunakan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks dan/atau pendekatan pembelajaran lain yang relevan melalui pemanfaatan beragam teks (lisan, tulis, visual, audiovisual), serta mencakup teks multimodal (teks yang mengandung aspek verbal, visual dan audio).  

Peserta didik di SMA/MA/Program Paket C yang mempelajari bahasa Mandarin diharapkan mampu menguasai bahasa Mandarin sebagai bahasa asing sesuai standar materi dan kompetensi setara dengan standar HSK 1 atau CEFR A1. 

Standar ini menuntut peserta didik mampu memahami dan menggunakan ungkapan-ungkapan keseharian yang umum dan ungkapan dasar yang berhubungan dengan kebutuhan sehari-hari dan lingkungan sekitar mencakup memperkenalkan diri dan orang lain, mampu bertanya dan menjawab pertanyaan mengenai data diri seperti tempat tinggal, orang sekitar, dan barang miliknya. sehingga dilakukanlah revisi pada CP bahasa mandarin.

Dengan demikian peserta didik dapat berinteraksi dengan penutur lain yang berbicara lambat dan jelas.  Standar CEFR Standar HSK A1 HSK 1 A2 HSK 2 B1 HSK 3 B2 HSK 4 C1 HSK 5 C2 HSK 6 

Dengan mempelajari bahasa Mandarin, diharapkan peserta didik memiliki kompetensi global dengan tetap mempertahankan nilai-nilai luhur bangsa dalam rangka berkontribusi pada masyarakat luas sebagai perwujudan manusia yang berakhlak mulia. 

CP Bahasa Mandari Revisi 2023  dan Pembelajaran bahasa Mandarin mendorong pelajar menjadi kreatif, percaya diri, aktif, bernalar kritis, bermotivasi, dan mandiri sebagai perwujudan profil pelajar Pancasila. Dengan pembelajaran bahasa Mandarin diharapkan dapat mendorong peserta didik 

CEFR (Common European Framework of Reference for Language) merupakan standar internasional kemampuan bahasa asing yang digunakan di semua negara. Standar ini memiliki kesetaraan kompetensi dengan standar penguasaan bahasa Mandarin melalui ujian HSK. 

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023

CP bahasa mandarin 2023. Pembelajaran bahasa Mandarin bertujuan agar peserta didik: 

  1. mengembangkan keterampilan berkomunikasi yang kreatif dan inovatif dalam bahasa Mandarin lisan dan tulis dengan penguasaan kosakata dan tata bahasa yang terdapat dalam HSK 1 atau yang setara dengan CEFR A1; dan 
  2. memiliki pemahaman lintas budaya Cina – Indonesia yang terintegrasi dengan pengetahuan kebahasaan bahasa Mandarin sehingga mampu menggunakan bahasa Mandarin dalam berkomunikasi lisan dan tulis sesuai konteks situasi, kondisi, dan lawan bicara dengan kaidah bahasa Mandarin yang baik dan benar. 

CP Bahasa Mandarin Revisi 2023

Cp bahasa Mandarin Revisi 2023. Bahasa Mandarin memiliki karakteristik yang unik sebagai berikut. 

  1. Sebagai bahasa tonal atau bahasa yang memiliki tona (tonal language), bahasa Mandarin memiliki keunikan dalam tataran fonetik atau tata bunyi, yaitu memiliki tona berbeda yang berfungsi membedakan arti. Perbedaan tona tersebut memengaruhi makna, baik makna kata maupun makna kalimat secara keseluruhan. Oleh karena itu, pembelajaran tona bahasa Mandarin menjadi bagian atau tahap krusial yang memiliki porsi khusus yang dibelajarkan, baik secara terpisah maupun terintegrasi dalam pembelajaran fonetik secara keseluruhan. 
  2. Bahasa Mandarin pun memiliki keunikan dalam pembentukan kata, struktur kalimat, serta penulisan Hanzi.  
  3. Penulisan bahasa Mandarin menggunakan Hanzi yang merupakan bagian tersulit dalam pembelajaran karena jumlah aksara yang banyak (kira-kira tiga ribu aksara) serta bentuk yang kompleks berupa guratan membentuk gambar bermakna. 
  4. Pembelajaran empat keterampilan kebahasaan dibelajarkan dalam setiap pertemuan dengan persentase yang berbeda pada setiap keterampilan. Pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara diutamakan. Keterampilan membaca lebih diutamakan pada membaca Hanyu Pinyin (sistem Latinisasi Hanzi) dan bukan pada membaca Hanzi. Sementara itu, keterampilan menulis juga hanya memberi dasar-dasar penulisan guratan dan urutan penulisan Hanzi dan menyusun kalimat sangat sederhana.
Selengkapnya CP bahasa mandarin Revisi 2023 mulai dari rasionalitas bahasa mandarin, tujuan bahasa mandarin, karakteristik bahasa mandarin, capaian pembelajaran bahasa mandarin, dibawah ini :


Atau silahkan anda download pada tombol biru berikut :


Untuk CP Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan semua mapel dapat anda telusuri di link berikut : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian Capaian Pembelajaran/CP Bahasa mandarin Revisi 2023, semoga bermanfaat untuk sobat guru dan para pengelola bidang kurikulum di satuan pendidikannya masing-masing.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Bahasa Mandarin Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.