Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Seni Teater Revisi 2023

CP Seni Teater Revisi 2023 | Mata pelajaran seni teater merupakan wahana untuk menumbuhkan kepekaan peserta didik terhadap keindahan. Kepekaan terhadap keindahan membantu seseorang untuk memaknai dan menjalani hidupnya dengan optimal. 

CP Seni Teater Revisi 2023

CP Seni Teater Revisi 2023 | Mata pelajaran seni teater merupakan wahana untuk menumbuhkan kepekaan peserta didik terhadap keindahan. Kepekaan terhadap keindahan membantu seseorang untuk memaknai dan menjalani hidupnya dengan optimal.

CP Seni Revisi 2023 menempatkan pembelajaran seni teater sangat penting untuk membangun kemampuan olah rasa 
peserta didik, sehingga mereka mampu meregulasi dirinya, memiliki sifat mencintai keindahan, menghargai keberagaman, dan menjunjung perdamaian. 

Melalui CP Seni Teater Revisi 2023 mendorong Mata pelajaran seni berfokus pada kemampuan seseorang untuk merespon sebuah situasi atau konflik melalui visual (seni rupa), bunyi (seni musik), pola dan gerak (seni tari), dan kesatuan gerak, ekspresi, dan suara (seni teater). 

Dengan CP Seni revisi 2023 Pembelajaran seni teater melatih berpikir kritis, mengolah imajinasi dan rasa, menumbuhkan empati, merasakan, membayangkan situasi yang dialami orang lain, dan mengelola konflik dengan terstruktur. 

Seni teater mengajarkan cara berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal, peserta didik dapat berinteraksi dengan orang lain dan lingkungannya, serta menyampaikan pesan dengan efektif dan menarik melalui olah gerak tubuh, ekspresi, dan suara. Hal ini dipraktikkan dalam bentuk eksperimen pertunjukan di kelas, kegiatan permainan peran, menulis naskah, dan latihan repetisi gladi bersih. 

selain itu CP Seni Teater Revisi 2023 mendorong terbentuknya Profil Pelajar Pancasila. Peserta didik mengenal dan mengembangkan diri sendiri, terbiasa mengamati dan menanggapi persoalan di lingkungan sekitarnya dengan emosi yang tepat, menunjukkan empati, dan kreatif mencari solusi. 

Dengan bermain peran, peserta didik membangun sikap hormat dan toleransi pada kebhinekaan sebagai bagian dari masyarakat global. Peserta didik juga didorong untuk bergotong royong dan proaktif dalam bekerja sama. 

Cp Seni Teater revisi 2023, sangat menghargai dan merayakan keunikan setiap individu dan pembelajaran berpusat pada peserta didik, memiliki fleksibilitas bagi peserta didik dan satuan pendidikan. 

CP Seni Teater Revisi 2023

Tujuan seni teater adalah 

  1. Menunjukkan kepekaan terhadap persoalan diri dan lingkungan sekitar dan untuk mencari solusi kreatif melalui ekspresi diri. 
  2. Mengeksplorasi diri dan melakukan permainan peran dengan menggunakan imajinasi dan sumber daya yang dimilikinya (tubuh, suara, rasa, dan lingkungan).  
  3. Menguasai teknik, eksplorasi alat, bahan, dan teknologi yang diperlukan untuk menciptakan sebuah karya seni teater.  
  4. Mengomunikasikan gagasan atau pesan melalui sebuah karya seni teater.  
  5. Peserta didik mampu menggunakan berbagai sudut pandang dalam melihat suatu permasalahan di lingkungannya, melalui permainan peran. 
  6. Menciptakan karya seni dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran bahwa setiap karya dapat berdampak, baik bagi dirinya maupun orang lain. 

CP Seni Teater Revisi 2023

Karakteristik Seni Teater :

  1. Seni teater memberikan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi, talenta, minat dan karakter individu.  
  2. Seni teater relevan dengan kehidupan sehari-hari. 
  3. Seni teater terhubung dengan disiplin ilmu lain yang terkait dengan kemampuan literasi dan numerasi melalui kegiatan menulis, membaca dan memahami naskah cerita atau mendesain tata artistik panggung dan kostum menggunakan skala numerasi.  
  4. Seni teater terhubung dengan disiplin ilmu lainnya seperti aspek psikologi, sosial, budaya, sejarah atau politik. Seni teater memberikan kontribusi untuk mengenalkan, mengkomunikasikan legenda, sejarah, budaya atau isu dalam masyarakat. 
  5. Seni teater mengajari peserta didik bagaimana menciptakan dan menghayati semua karakterisasi tokoh dan sudut pandangnya.  
  6. Seni teater mengajarkan untuk bersikap kritis dan mampu memberi solusi untuk menyelesaikan masalah, sehingga melalui seni teater, peserta didik mampu memahami berbagai persoalan yang terjadi dalam diri dan lingkungannya

Download CP Seni Teater Revisi 2023

Selengkpanya dapat anda scrolling dibawah ini CP Seni Teater Revisi 2023 mulaid ari rasionalitas seni teater, tujuan seni teater, karakteristik seni teater, elemen dan sub elemen, capaian pembelajaran /CP seni teater :


Atau silahkan anda download CP Seni Teater SD-SMP-SMA pada tombol biru berikut :


Untuk Cp Revisi Terbaru 2023 perjenjang dan mata pelajaran dapat anda cek pada link : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian Capaian Pembelajaran /CP Teater Revisi 2023 yang dapat saya sodorkan semoga bermanfaat untuk sobat GS dan para pengelola kurikulum di satuan pendidikan.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Seni Teater Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.