Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Sosiologi SMA Revisi 2023

CP Sosiologi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat dari  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP Sosiologi SMA Revisi 2023

CP Sosiologi SMA Revisi 2023 berdasarkan surat dari  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi nomor 1152/H3/SK.02.01/2023 tanggal 4 September 2023  tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.     CP Sosiologi SMA Revisi 2023   Indonesia merupakan negara besar yang memiliki keanekaragaman ras, suku bangsa, agama, bahasa, dan tradisi. Keberagaman merupakan ciri dari masyarakat multikultural.  Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang mengedepankan kesederajatan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman bangsa Indonesia merupakan potensi yang dapat digunakan untuk mendorong kemajuan dan pembangunan.   Semangat kesederajatan dalam perbedaan menjadi pondasi terpenting dalam hidup berbangsa dan bernegara. Namun, jika perbedaan tersebut tidak dikelola dengan baik, dapat mengakibatkan potensi konflik sosial.

Indonesia merupakan negara besar yang memiliki keanekaragaman ras, suku bangsa, agama, bahasa, dan tradisi. Keberagaman merupakan ciri dari masyarakat multikultural. 

Masyarakat multikultural adalah masyarakat yang mengedepankan kesederajatan dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Keberagaman bangsa Indonesia merupakan potensi yang dapat digunakan untuk mendorong kemajuan dan pembangunan. 

Semangat kesederajatan dalam perbedaan menjadi pondasi terpenting dalam hidup berbangsa dan bernegara. Namun, jika perbedaan tersebut tidak dikelola dengan baik, dapat mengakibatkan potensi konflik sosial. 

Dinamika konflik sosial yang terjadi menjadi keprihatinan yang mendalam. Fenomena tersebut membawa perubahan sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Hal tersebut jika tidak diantisipasi mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.  

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala kompleksitasnya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan akibat yang ditimbulkannya, serta perilaku manusia secara kolektif. 

Salah satu kajian mata pelajaran Sosiologi saat ini adalah perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak kemajuan teknologi. Dinamika dalam berinteraksi sosial memungkinkan munculnya berbagai realitas baru dan beragam gejala sosial-budaya yang terjadi dalam masyarakat. 

Di tengah dinamika sosial yang terus berubah sangat penting bagi peserta didik untuk mengenal identitas diri dan lingkungan sosialnya, sehingga dapat menyikapi permasalahan dan perubahan sosial yang timbul di masyarakat secara adaptif dan solutif. 

Dalam konteks interaksi dengan dinamika kehidupan sosial yang terus berubah, etika sosial berperan penting. Etika sosial membuat tatanan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara lebih teratur dan dapat mengatasi konflik dengan baik. 

Dalam CP Sosialogi SMA Revisi ini Mata pelajaran Sosiologi menekankan pendekatan kontekstual dan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik berupaya membekali dengan kompetensi dalam bermasyarakat dan berbudaya serta memiliki etika sosial dan sikap egaliter sebagai warga negara yang bertanggung jawab dalam bingkai Profil Pelajar Pancasila.  

CP Sosiologi SMA Revisi 2023

Mata pelajaran Sosiologi bertujuan agar peserta didik: 1. mampu beradaptasi dengan perubahan sosial-budaya; 2. memiliki kesadaran identitas diri dalam hubungan dengan kelompok sosial di lingkungan masyarakat; 3. memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah sosial-budaya atau konflik sosial di masyarakat sebagai warga negara yang bertanggung jawab; 4. bekerjasama, melakukan tindakan kolektif memecahkan masalahmasalah sosial, dan membangun kehidupan bermasyarakat. 

CP Sosiologi SMA Revisi 2023

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat, dinamika sosial, interaksi sosial, dan segala akibat yang ditimbulkannya. Sosiologi penting untuk dipelajari sebagai bekal pengetahuan, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan. 

Tumbuhnya kesadaran akan identitas diri dalam hubungan dengan kelompok sosial dalam konteks lingkungan masyarakat penting dikembangkan. Demikian pula, kepedulian terhadap masalah-masalah sosial termasuk memahami konflik sosial yang terjadi di masyarakat. 

Dalam CP Sosiologi SMA Revisi 2023 menumbuhkan kemampuan peserta didik sebagaimana ditunjukkan dalam keterampilan sosialnya dalam menjalin kerjasama, melakukan tindakan kolektif memecahkan masalah-masalah sosial-budaya, dan membangun kehidupan sosial sangat diharapkan. 

Mata pelajaran Sosiologi menekankan kemampuan peserta didik untuk mempraktikkan pengetahuan Sosiologi di kehidupan sosial sebagai individu dalam kelompok sosial beserta permasalahan dan dinamika yang ada di dalamnya. 

CP Sosiologi SMA Revisi 2023 ini ditujukan agar peserta didik dapat berpikir kritis, analitis, adaptif, dan kolaboratif dalam penumbuhan kesadaran individu dan sosial dalam masyarakat yang beragam. 

Selain itu, peserta didik juga diharapkan memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masalah-masalah sosial dan budaya. Hal ini mencerminkan tanggung jawab sebagai anggota masyarakat dan sebagai warga negara. 

Apalagi perubahan sosial dan budaya terjadi secara signifikan di seluruh sektor kehidupan masyarakat. Perubahan tersebut, dapat dilihat dari fenomena berbagai isu dan masalah sosial-budaya yang sedang terjadi. 

Fenomena tersebut antara lain, revolusi teknologi, perubahan iklim, keadilan sosial, kesetaraan gender, dan pengaruh budaya asing. Untuk itu, diperlukan kemampuan berpikir sosiologis untuk memahami permasalahan tersebut. 

CP Sosiologi SMA Revisi 2023

selengkapnya Sobat GS bisa download CP Sosiologi SMA Revisi 2023 mulai dari rasionalitas, tujuan, karakteristik, elemen dan sub elemen serta capaian pembelajaran/CP Sosiologi dibawah ini :


Atau silahkan sobat GS download CP Sosiologi SMA Revisi 2023 pada tombol biru berikut :


Untuk CP Revisi Terbaru 2023 semua jenjang dan mata pelajaran lainnya silahkan cek pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Sosiologi SMA Revisi 2023 yang dapat di paparkan semoga bermanfaat.
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Sosiologi SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.