Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengeluarkan surat keputusan No 1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023 tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.  

Dan berikut ini adalah CP IPA SMP-SMA Revisi terbaru 2023 yang tinggal anda download.

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023 | Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, mengeluarkan surat keputusan No 1152/H3/SK.02.01/2023 4 September 2023 tentang revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.    Dan berikut ini adalah CP IPA SMP-SMA Revisi terbaru 2023 yang tinggal anda download.

Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah aktivitas intelektual yang memberi pengalaman belajar untuk memahami cara kerja alam semesta dan kontribusi IPA terhadap keberlangsungan kehidupan melalui pendekatan-pendekatan empiris yang dapat dipertanggungjawabkan. 

Pemahaman IPA ini dapat mendorong peserta didik untuk mengeksplorasi hal-hal yang belum diketahui, menginvestigasi fenomena-fenomena, membuat prediksi, dan memecahkan berbagai permasalahan sains yang pada akhirnya terkait dengan sosial, ekonomi, dan kemanusiaan. 

Pemahaman peserta didik terhadap IPA menjadi dasar dalam melakukan aksi nyata untuk berkontribusi positif pada pengembangan diri dan lingkungannya.  

Pada Kurikulum Merdeka, IPA menjadi mata pelajaran tersendiri pada fase D dan fase E. Hal tersebut bertujuan memberikan kesempatan yang lebih luas pada peserta didik untuk mempelajari topik-topik dalam bidang keilmuan fisika, kimia, biologi, serta bumi dan antariksa. 

Pembelajaran IPA melatih sikap ilmiah antara lain keingintahuan yang tinggi, berpikir kritis, analitis, terbuka, jujur, bertanggung jawab, objektif, tidak mudah putus asa, tekun, solutif, sistematis, dan mampu mengambil kesimpulan yang tepat.  

Ilmu Pengetahuan Alam berperan sangat besar dalam kehidupan peserta didik sehingga mereka dapat menjaga keselamatan diri, orang lain, dan alam, mencari potensi-potensi yang terpendam dari alam, baik yang terbarukan maupun yang tidak terbarukan, serta membantu manusia mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah. 

Mata pelajaran IPA merupakan sarana yang strategis dalam mengembangkan profil pelajar Pancasila. Peserta didik membangun iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia melalui pemahamannya terhadap alam semesta ciptaan Tuhan. 

Selanjutnya pendekatan saintifik dapat meningkatkan kemampuan bernalar kritis dan kreatif dalam memproses dan mengelola informasi baik kualitatif maupun kuantitatif secara objektif, membangun keterkaitan antara berbagai informasi, melakukan analisis, evaluasi, menarik kesimpulan, dan menerapkan hal yang dipelajari dalam situasi baru. 

Mata pelajaran IPA juga memfasilitasi peserta didik untuk mandiri dan mampu berkolaborasi, serta dapat menggali potensi yang dimiliki Indonesia dan mengidentifikasi masalah yang ada di sekitarnya dalam perspektif global. 

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023

Dengan mempelajari IPA , peserta didik dapat:  

  1. mengembangkan ketertarikan dan rasa ingin tahu sehingga peserta didik terpacu untuk mengkaji fenomena yang ada di sekitar manusia, memahami bagaimana sistem alam semesta bekerja, memberikan dampak timbal-balik bagi kehidupan manusia, dan memahami kontribusi IPA dalam keberlangsungan kehidupan; 
  2. berperan aktif dalam memelihara, menjaga, melestarikan lingkungan alam, mengelola sumber daya alam dan lingkungan dengan bijak; 
  3. melakukan kerja ilmiah dan menumbuhkan sikap ilmiah; dan 
  4. mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep di dalam IPA sehingga dapat berkontribusi dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan dirinya dan lingkungan di sekitarnya dalam perspektif global. 

CP IPA SMP-SMA Revisi 2023

IPA pada fase D diajarkan secara terpadu sedangkan pada fase E dapat diajarkan tersendiri melalui mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Biologi ataupun terpadu seperti fase D. 

Materi IPA yang diajarkan terpadu pada fase E dilaksanakan dengan unit of inquiry, yaitu sebuah proyek untuk menyelesaikan sebuah masalah atau isu lingkungan dari berbagai sudut pandang baik itu Fisika, Kimia, dan Biologi. 

Ada dua elemen utama dalam pendidikan IPA, yakni pemahaman IPA dan keterampilan proses untuk menerapkan sains dalam kehidupan sehari-hari. 

Dalam melaksanakan pembelajaran, elemen keterampilan proses adalah cara yang dilakukan untuk memperoleh pemahaman IPA sehingga kedua elemen ini disampaikan dalam satu kesatuan yang utuh dan tidak diturunkan menjadi tujuan pembelajaran terpisah. 

Download CP IPA SMP-SMA Revisi 2023

Selengkapnya CP IPA SMP-SMA Revisi 2023 mulai dari rasionalitas, tujuan IPA, Karakteristik dan capaian pembelajaran ( CP) bisa anda scrolling dan download dibawah ini :

Untuk memudahkan anda silahkan klik tombol download CP IPA SMP-SMA Revisi 2023 berikut :

Untuk CP revisi terbaru 2023 lainnya perjenjang dan permata pelajaran bisa anda download pada link : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian yang dapat saya sodorkan CP IPA SMP-SMA Revisi terbaru 4 September 2023, semoga bermanfaat

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP IPA SMP-SMA Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.