Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Seni Rupa Revisi 2023

CP Seni Rupa Revisi 2023| merupakan capaian pembelajaran hasil revisi  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.   

CP Seni Rupa Revisi 2023

CP Seni Rupa Revisi 2023| merupakan capaian pembelajaran hasil revisi  Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Capaian Pembelajaran pada PAUD, SD, SMP, dan SMA.

Melalui CP Seni Rupa Revisi 2023 ini, mata pelajaran Seni Rupa menjadi wahana untuk menumbuhkan kepekaan peserta didik terhadap keindahan. Kepekaan terhadap keindahan membantu seseorang untuk dapat memaknai hidupnya dan menjalani hidupnya dengan optimal. 

Pembelajaran seni rupa sangat penting untuk membangun kemampuan olah rasa peserta didik, sehingga mereka mampu meregulasi dirinya, memiliki sifat mencintai keindahan, menghargai keberagaman, dan menjunjung perdamaian. 

Cp Seni Rupa Revisi 2023 membawa mata pelajaran Seni Budaya berfokus pada kemampuan seseorang untuk merespon sebuah situasi atau konflik melalui visual (seni rupa), bunyi (seni musik), pola dan gerak (seni tari), dan kesatuan gerak, ekspresi, dan suara (seni teater). 

Sleain itu CP Seni Rupa Revisi 2023 ini mendorong mata pelajaran seni rupa membentuk Profil Pelajar Pancasila, dengan membiasakan berpikir terbuka, kreatif, apresiatif, empatik, serta menghargai kearifan lokal dan kebinnekaan global, mengolah rasa dan mengembangkan nilai-nilai estetika, logika, dan etika. 

Pembelajaran seni rupa juga memberikan pengalaman mengamati, menikmati keindahan dan mengalami proses perenungan diri untuk diekspresikan menjadi karya seni rupa yang berdampak pada diri, lingkungan maupun masyarakat. 

CP Seni Rupa Revisi 2023

Pembelajaran Seni Rupa bertujuan: 

  1. menunjukkan kepekaan, terhadap persoalan diri dan lingkungan, dan menemukan solusi kreatif untuk menanggapi dan mengatasi masalah. 
  2. mengekspresikan diri dan mengasah kreativitas melalui penciptaan karya seni rupa. 
  3. memberdayakan sumber daya (alat dan bahan) yang tersedia di sekitarnya untuk menciptakan sebuah karya seni. 
  4. menemukan jawaban terhadap suatu masalah atau mendapatkan gagasan untuk menciptakan karya seni melihat suatu hal melalui beberapa sudut pandang sehingga dapat  
  5. peserta didik mampu menciptakan karya seni yang berdampak bagi diri sendiri dan orang lain. 

CP Seni Rupa Revisi 2023

Karakteristik mata pelajaran Seni Rupa :

  1. Pembelajaran berpusat pada peserta didik kemampuan menemukan gagasan, cara berkarya, dan kreativitas sesuai dengan minat, bakat, dan kecepatan belajarnya masing-masing. 
  2. Pembelajaran berfokus pada pengalaman mengamati, bermain, menguji coba, merenungkan, bersimpati, berempati, mencipta, peduli, dan toleransi terhadap beragam nilai, budaya, proses dan karya. 
  3. Pembelajaran dalam suasana menyenangkan, bermakna, relevan, untuk mengembangkan keterampilan bekerja dan berpikir artistik.  
  4. Pembelajaran seni rupa memperhatikan keunikan individu dan bersifat khas/kontekstual. 
  5. Pembelajaran seni rupa terhubung erat dengan aspek seni maupun bidang ilmu lainnya yang mendorong kolaborasi interdisipliner. 
  6. Pembelajaran seni rupa mendorong sikap bertanggung jawab dengan menyadari bahwa karya berdampak bagi diri sendiri dan orang lain

Download CP Seni Rupa  Revisi 2023

berikut ini CP Seni Rupa Revisi 2023 lengkap mulai dari rasionalitas, tujuan, karakteristik, elemen dan sub elemen, capaian pembelajaran :


Atau silahkan anda download CP Seni Rupa 2023 pada tombol biru :


Untuk CP Revisi Terbaru 2023 tiap jenjang dan mata pelajaran bisa sobat GS cek pada link berikut ini : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian CP Seni Rupa Revisi 2023 yang dapat saya sodorkan untuk para sobat guru seni rupa dan para pengelola kurikulum di satuan pendidikan, 
Semoga Bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Seni Rupa Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.