Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Seni Tari Revisi 2023

CP Seni Tari Revisi 2023 | Merupakan capaian pembelajaran (CP) seni tari hasil revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD,SD,SMP,dan SMA  oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

CP Seni Tari Revisi 2023

CP Seni Tari Revisi 2023 | Merupakan capaian pembelajaran (CP) seni tari hasil revisi Capaian Pembelajaran pada PAUD,SD,SMP,dan SMA  oleh Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Untuk belajar melalui seni tari berdampak pada kehidupan dan pembelajaran yang berkesinambungan. Oleh karenanya, pembelajaran seni tari dapat dilakukan melalui pendekatan belajar dengan seni tari, belajar tentang seni tari dan belajar melalui seni atari gar dapat memberikan pengalaman yang berkesan.  

Pembelajaran seni tari merupakan aktivitas belajar yang menampilkan karya seni estetis, artistik, dan kreatif yang berakar pada norma, nilai, perilaku, dan produk seni budaya bangsa. 

Hal ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik memahami seni dalam konteks ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta berperan dalam perkembangan sejarah peradaban dan kebudayaan. 

CP seni Tari Revisi 2023 dipaparkan bagaimana setiap fase dari Fase A sampai Fase F dapat mengembangkan kesadaran seni dan keindahan dalam arti umum, baik dalam domain konsepsi, apresiasi, kreasi, penyajian, maupun tujuan-tujuan psikologis-edukatif yang tertuang dalam setiap elemen di capaian pembelajaran untuk pengembangan kepribadian peserta didik secara positif. 

Dalam CP Seni Tari Revisi 2023,pembelajaran seni tari di sekolah tidak dimaksudkan menjadi pelaku seni atau seniman namun menitik beratkan pada sikap dan perilaku kreatif, etis dan estetis. 

Kegiatan mengapresiasi merupakan langkah awal menumbuhkan kemampuan mengeksplorasi dan mengekspresikan diri menggunakan tubuh dan media lainnya sebagai alat komunikasi dengan memperhatikan unsur keindahan sesuai norma yang berlaku di masyarakat.  

CP Seni Tari Revisi 2023

Capaian Pembelajaran /CP Seni Tari revisi 2023, dimana Seni tari bertujuan untuk: 

  1. meningkatkan multi kecerdasan, khususnya kinestetik sebagai ungkapan ekspresi, gagasan, perasaan, kreativitas, dan imajinasi estetis dan artistik, kehalusan budi dalam mengontrol dan mengatur tubuh dengan percaya diri. 
  2. mengolah tubuh mengembangkan fleksibilitas, keseimbangan, dan kesadaran diri yang mengasah kreativitas dan imajinasi yang diungkapkan melalui komunikasi gerak tari yang indah dan artistik. 
  3. meningkatkan kepekaan rasa dan nilai estetis, seni, dan budaya tari dalam konteks masa lalu, masa kini, dan masa mendatang, 
  4. memahami sejarah tari tradisi dari berbagai sumber dan aktivitas seni yang bermakna, pembentukan identitas bangsa, penghargaan dalam keberagaman dan pelestarian budaya Indonesia. 
  5. mengembangkan tari tradisi Indonesia dan menyebarluaskannya sebagai usaha interaksi sosial dan komunikasi antarbudaya dalam konteks global. 
  6. mengembangkan diri dalam berpikir kritis, berkolaborasi, berinovasi dan menguasai teknologi. 

CP Seni Tari Revisi 2023

Pembelajaran seni tari berbasis kecerdasan kinestetik dengan norma budaya dan pola pikir masyarakat. Peserta didik dapat meningkatkan kreativitas dan apresiasi berkarya seni dan memaknai fenomena kehidupan keseharian. 

Pendekatan yang digunakan berupa elemen-elemen yang saling berkaitan mengamati, merefleksikan, berpikir dan bekerja artistik, menciptakan dan berdampak. Elemen tersebut dapat memberikan pengalaman bagi dirinya dan orang lain. 

Elemen disusun pada setiap capaian pembelajaran merupakan sebuah proses dan siklus berkesinambungan, untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut ini. 

Download CP Seni Tari Revisi 2023

Selengkapnya CP Seni Tari Revisi 2023 mulai dari rasionalitas, tujuan , karakteristik, elemen dan sub elemen serta capaian pembelajaran, bisa anda cek di bawah ini :

Atau silahkan unduh pada tombol biru berikut ini : 

Untuk Capaian Pembelajaran /CP revisi terbaru 2023 untuk semua jenjang dan mata pelajaran silahkan download pada tombol biru berikut : CP Revisi Terbaru 2023

Demikian Capaian Pembelajaran /CP seni tari Revisi 2023 yang dapat kami sodorkan semoga bermanfaat untuk sobat GS dan para pengelola kurikulum di satuan pendidikan.


ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "CP Seni Tari Revisi 2023"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.