Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AKM KELAS, Mendiagnosa kompetensi siswa pada Literasi Membaca dan Numerasi

AKM Kelas, mendiagnosa Kompetensi siswa pada Literasi Membaca dan Numerasi, Sebagaimana sobat guru ketahui, AKM terdiri dari Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi), keduanya merupakan  intrumen Asesmen Nasional yang bertujuan untuk mengukur dan memotret keberhasilan kognitif di tingkat Satuan Pendidikan (sekolah) 


AKM Kelas, mendiagnosa Kompetensi siswa pada Literasi Membaca dan Numerasi, Sebagaimana sobat guru ketahui, AKM terdiri dari Literasi Membaca dan Literasi Matematika (Numerasi), keduanya merupakan  intrumen Asesmen Nasional yang bertujuan untuk mengukur dan memotret keberhasilan kognitif di tingkat Satuan Pendidikan (sekolah)

Namun Asesmen Nasional tidak menampilkan hasil pencapaian per individu tapi hanya memotret tingkat kompetensi di tingkat satuan Pendidikan. lalu bagaimana guru dan siswa tahu sejauhmana kompetensi kognitif yang dicapai oleh individu siswa itu sendiri, sebagaimana Ujian Nasional ?

Hal inilah yang menjadi pertanyaan semua insan pendidikan dan orang tua ? menjawa hal tersebut Pusat Asesmen dan Pembelajaran mencanangkan yang namanya AKM KELAS.

APA AKM KELAS ?

AKM Kelas adalah aplikasi   berupa alat bantu guru di kelas untuk mendiagnosa hasil belajar dan kompetensi Literasi membaca dan Literasi matematika (Numerasi) setiap individu murid, sehingga dengan hasil pengukuran di AKM Kelas guru mampu merancang skenario pembelajaran yang menyesuaikan tingkat kompetensi murid (teaching at the right level). 

BAGAIMANA CARANYA ?

  1. setiap sekolah /satuan Pendidikan secara mandiri (masing-masing sekolah) menjadwalkan
  2. menentukan mekanisme pelaksanaan AKM Kelas
  3. menetapkan peserta AKM KELAS.
  4. guru diberi kebebasan dalam melaksaann AKM Kelas sekaligus mengolah hasilnya sesuai kebutuhan 
Guru diberi kebebasan menentukan jumlah dan peserta akm kelas, mulai dari kelas 2 sampai kelas 12 dengan 6 level, tiap level terdiri literasi membaca dan literasi matematika (Numerasi) dengan tingkat kesulitan yang berbeda.
  • Literasi membaca terdiri dari : Teks Fiksi dan Teks Informasi
  • Literasi Matematika terdiri dari : Bilangan, Geometri dan pengukuran, Aljabar, Data dan Ketidakpastian
Dengan melaksanakan AKM kelas untuk seluruh siswa tidak hanya kelas 5, 8 dan 11, guru dapat mendiagnosa capaian setiap individu peserta didik dalam kompetensi literasi membaca maupun literasi matematika. 

Hasil dari AKM kelas dapat digunakan untuk memberikan  penanganan yang sesuai, khas dan khusus terhadap peserta didik yang memerlukan  intervensi khusus. Hasil AKM dilaporkan  dalam empat kelompok  yang mendeskripsikan kemampuan literasi dan numerasi yang berbeda sebagai 
berikut :

Empat tingkat capaian Kompetensi Literasi :

  • Perlu intervensi khusus ; Peserta didik belum bisa menemukan dan mengambil informasi tersurat yang ada dalam teks ataupun membuat interpretasi sederhana
  • Dasar ; Peserta didik sudah bisa menemukan dan mengambil informasi tersurat yang ada dalam teks serta mampu membuat interpretasi sederhana
  • Cakap ; Peserta didik sudah bisa membuat interpretasi dan infomrasi implisit yang ada dalam teks, mampu membuat kesimpulan dari hasil integrai beberapa informasi dalam suatu teks 
  • Mahir ; Peserta didik mampu mengintegrasikan beberapa informasi llintas teks, mengevaluasi isi, kualitas, cara penulisan suatu teks dan bersikap reflektif terhadap isi teks.
Dengan melaksanakan AKM kelas guru dapat mendiagnosa capaian setiap individu peserta didik dalam kompetensi literasi membaca maupun literasi matematika. Empat tingkat capaian itu adalah  : Perlu intervensi khusus Dasar Cakap Mahir
Tingkat capaian AKM

Empat tingkat capaian Kompetensi Numerasi :

  • Perlu intervensi khusus ; Peserta didik memiliki pengetahuan matematika yang terbatas, peserta didik menunjukkan penguasaan konsep yan gparsiap dan keterampilan komputasi yang terbatas
  • Dasar ; peserta didik memiliki keterampian dasar matematika, komputasi dasar dalam bentuk persamaan  langsung, konsep dasar terkait geometri dan statistika serta menyelesaikan masalah matematika sederhana yang rutin
  • Cakap ; Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan matematika yang dimiliki dalam konteks yan glebih beragam
  • Mahir ; murid mampu bernalar untuk menyelesaikan masalah kompleks serta non rutin berdasarkan konsep matematika yang dimilikinya
Literasi membaca dan literasi matematika adalah kompetensi minimum untuk bisa belajar sepanjang hayat dan berkontribusi pada masyarakat. 

Karena pentingnya AKM KELAS, maka guru semua mata pelajaran harus memanfaatkan AKM kelas ini dengan sebaik-baiknya, dengan dukungan sekolah sebagai fasilitatornya.

Sehingga dari hasil AKM Kelas guru mampu merancang pembelajaran yang sesuai tingkat kompetensi peserta didik (teaching at the right level)

AKM Kelas bisa dijalankan dengan semi daring, sehingga tidak membutuhkan jaringan internet, selama pelaksanaan asesmen. saat ini tersedia dalam platform aplikasi desktop dengan sistem operasi Windows (desktop)) dan Gawai/HP , aplikasi mobile dengan sistem operasi Android yang dapat digunakan guru dan siswa di sekolah.

FITUR  AKM KELAS 

fitur didalamnya seperti :
  • Unduh Soal AKM ; Proktor sekolah dapat melakukan akses login ke Dasbor Proktor dan mengunduh Soal AKM yang akan digunakan di Windows maupun Android
  • Mengerjakan AKM Kelas:Siswa dapat mengerjakan soal-soal AKM menggunakan media komputer dengan sistem operasi Windows atau menggunakan smartphone dengan sistem operasi Android.
  • Menskor Jawaban Siswa ;Guru dapat dibantu proktor untuk melakukan skoring hasil jawaban siswa melalui dasbor sekolah
  • Melihat Hasil Skoring ;Hasil skoring jawaban siswa berupa nilai AKM individu dapat langsung diunduh atau langsung dilihat untuk digunakan sebagai bahan evaluasi sekolah

APA  YANG HARUS DILAKUKAN UNTUK MENGERJAKAN SOAL DI AKM KELAS ?

Unduh Aplikasi AKM ; aplikasi AKM diunduh bisa berupa versi desktop (Windows) maupun versi mobile (Android). Baca dan lihat dulu tutorial cara penggunaan yang tercantum di setiap aplikasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekolah Anda silahkan Klik Link Unduhan berikut untuk berikut :


Unduh Aplikasi AKM ; aplikasi AKM bisa diunduh  berupa versi desktop (Windows) maupun versi mobile (Android). Baca dan lihat dulu tutorial cara penggunaan yang tercantum di setiap aplikasi. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi lingkungan sekolah Anda silahkan Klik Link Unduhan berikut untuk berikut :

versi Desktop

versi Android untuk guru dan siswa


SIAPA SAJA YANG BISA MENGIKUTI AKM KELAS ?

AKM kelas bisa diikuti oleh seluruh siswa dari mulai jenjang SD hingga SMA dan SMK. Fungsi utama dari AKM Kelas adalah memberikan pengalaman kepada siswa dan guru sebelum melakukan AKM Nasional.

SIAPA SAJA YANG BISA MENGUNDUH SOAL  AKM KELAS ? 

Proktor sekolah bisa login menggunakan username ANBK atau menggunakan login yang telah dimiliki ke halaman AKM Kelas, kemudian bisa melakukan download paket.

Hasil download paket kemudian di Import ke Aplikasi Motivasi (Desktop) atau ke Aplikasi android yang telah didownload. Hasil pengerjaan siswa selanjutnya bisa diskoring dengan cara upload melalui dashboard proktor.

SPESIFIKASI MINIMAL PERANGKAT  

  • Anda bisa menggunakan laptop atau komputer dengan minimal RAM 1GB untuk mendapatkan performa lebih baik dengan space minimum yang tersedia 3GB. 
  • Anda bisa menjalankan AKM kelas di Android dengan minimal ram 1GB dan dengan sistem operasi minimal Android 6.0 Marshmallow
Lebih lanjut silahkan Tonton Video Tutorialnya berikut ini :
CARA INSTALASI DAN PENGGUNAAN AKM KELAS

 
Salam Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "AKM KELAS, Mendiagnosa kompetensi siswa pada Literasi Membaca dan Numerasi "

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :