Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompetensi Literasi Digital

Kompetensi literasi digital sudah tidak bisa dihindari, dalam PISA 2025 yang akan datang tentang belajar dalam dunia digital (learning in Digital World). yaitu kemampuan untuk terlibat dalam proses pembangunan , pengetahuan dan pemecahan masalah menggunakan alat komputasi.  

Kompetensi ini ditunjukkan oleh kemampuan dalam belajar secara mandiri dengan  efektif sambil menerapkan praktik komputasi dan inkuiri ilmiah. sehingga kompetensi literasi digital tingkat pendidikan dasar dan menengah harus sudah melakukan transformasi pembelajaran secara digital.

Apa itu Belajar di Dunia Digital ?

Teknologi pendidikan dapat mengubah cara siswa belajar karena mereka menawarkan peluang baru untuk mengeksplorasi fenomena yang kompleks dan untuk menciptakan representasi digital dari ide-ide mereka yang dapat mereka mainkan dan bagikan dengan orang lain. 

Namun, perhatian yang diberikan tidak cukup untuk mengajarkan keterampilan saja namun juga sikap dasar yang perlu dikembangkan siswa agar menjadi pengguna teknologi yang aktif dan mandiri untuk menghadapi masalah dunia nyata yang terbuka.
Gb:Buffik dari Pixabay
Penilaian PISA 2025 Learning in the Digital World berfokus pada dua kompetensi yang penting untuk pembelajaran dengan teknologi:
  • belajar mandiri , yang mengacu pada pemantauan dan pengendalian proses metakognitif, kognitif, perilaku, motivasi dan afektif seseorang saat belajar; dan
  • komputasi dan praktik penyelidikan ilmiah , yang mengacu pada kapasitas untuk menggunakan alat digital untuk mengeksplorasi sistem, mewakili ide dan memecahkan masalah dengan logika komputasi.

Mengapa penting bagi siswa untuk menjadi pembelajar yang sukses di dunia digital?

Seiring kemajuan teknologi, semakin penting bagi kaum muda untuk siap mengambil bagian dalam angkatan kerja di mana komputer memainkan peran yang semakin meningkat dan untuk membuat keputusan tentang bagaimana menggunakan teknologi untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru. 

Meskipun tidak semua orang akan menjadi insinyur perangkat lunak, pekerjaan di masa depan akan semakin menuntut orang untuk berinteraksi dengan model komputasi dan realitas yang disimulasikan, dan untuk memecahkan masalah menggunakan alat digital. 

Mengingat laju perubahan teknologi yang cepat, siswa saat ini harus mengembangkan seperangkat keterampilan dan perspektif luas yang mendukung pembelajaran seumur hidup dalam lingkungan digital yang baru dan asing.

Agar tidak terjadi Digital divide yaitu yaitu kesenjangan ekonomi, sosial dan politik yang ditimbulkan oleh kesenjangan dalam mendapatkan, mengakses, memfilter dan mengolah informasi yang tersebar secara global dan digital. maka pendidikan literasi digital menjadi penting di ajarkan sejak dini kepada siswa, 

Literasi Digital adalah kecakapan hidup (life skills) yang melibatkan kemampuan penggunaan perangkat komputasi juga kemampuan berkomunikasi dan sosialisasi sebagai insan pembelajar, yang memiliki sikap, berpikir kritis, kreatif, serta  inspiratif.

Literasi Digital merupakan kompetensi dalam mengetahui informasi dan sumber informasi,  mengakses/me-retrieve, menyaring, mengolah, memaknai dan  menggunakan informasi digital baik yang offline maupun online dalam meraih keunggulan secara sosial,ekonomi, dan politik. sehingga  cakupan seseorang yang memiliki kompetensi literasi digital  adalah mereka yang memiliki kompetensi dalam literasi TIK dan literasi informasi. 

Literasi digital merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitif dan teknis meliputi mengetahui, menggunakan, dan memaknai informasi,  yang kita golongkan dalam beberapa aspek diantaranya :
  1. Access (mengakses): pengetahuan tentang informasi dan  bagaimana untuk mengumpulkan dan atau mendapatkan informasi tersebut. 
  2. Manage (mengelola): kemampuan mengelola dan menerapkan skema klasifikasi atau organisasi. 
  3. Integrate (mengintegrasikan) : kemampuan melakukan interpretasikan dan mendeskripsikan kembali informasi  (membandingkan, mengklasifikasi, dan membuat ringkasan).
  4. Evaluate (mengevaluasi): kemampuan memutuskan tentang  kualitas, keterkaitan, kegunaan, atau efisiensi dari informasi.
  5. Create (menciptakan): kemampuan menciptakan informasi baru  melalui mengadopsi, menerapkan, mendesain, membuat atau menulis informasi. 
Literasi Digital merupakan kemampuan dasar dan kemampuan teknis (keterampilan) yang dibutuhkan setiap saat  di sekolah atau tempat kerja, seperti kemampuan memecahkan permasalahan, numerik dan visualisasi. 

Berikut ini kompetensi dalam lingkup sekolah yang harus dimiliki peserta didik ditingkat dasar dan menengah yang bisa diajarkan secara berjenjang, bersumber dari pusat perbukuan dan kurikulum tahun 2017 " konsep literasi digital dalam kuriulum 2013".
Literasi Digital merupakan kemampuan dasar dan kemampuan teknis (keterampilan) yang dibutuhkan setiap saat  di sekolah atau tempat kerja, seperti kemampuan memecahkan permasalahan, numerik dan visualisasi.   Berikut ini kompetensi dalam lingkup sekolah yang harus dimiliki peserta didik ditingkat dasar dan menengah yang bisa diajarkan secara berjenjang, bersumber dari pusat perbukuan dan kurikulum tahun 2017 " konsep literasi digital dalam kuriulum 2013".

 Jenjang aspek literasi digital dan kompetensinya dalam lingkup sekolah

Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Mengetahui manfaat umum dari beberapa perangkat TIK yang umum digunakan sehari-hari. 1) Mampu menjelaskan manfaat dan fungsi dari perangkat, komponen utamanya serta beberapa periferal utama suatu komputer Ya Ya Ya Ya
Mengetahui cara penggunaan yang baik perangkat-perangkat terkait. 2) Mampu menjelaskan penggunaan yang baik perangkat lunak/keras untuk tugas-tugas sederhana. YaYaYaYa
Mengetahui manfaat faktual fitur-fitur dari perangkat yang lebih kompleks 3) Mampu menjelaskan manfaat dari fitur yang lebih kompleks (kombinasi sejumlah fitur untuk suatu hal).
YaYa
Mengetahui manfaat internet sebagai jalur untuk mengakses sumber-sumber informasi. 4) Mampu menceritakan adanya sejumlah informasi di internet yang bagi banyak orang bisa bermanfaat.
YaYaYa
Memahami pentingnya etika dan etiket dalam berkomunikasi melalui teknologi dan media digital. 5) Dapat menuliskan dan mengirimkan pesanpesan yang memenuhi kaidah, etiket dan etika sesuai dengan pihak lawan komunikasinya.
YaYaYa
Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Menyadari sumber dan informasi yang tidak benar yang tidak seharusnya digunakan 6) Mampu menunjukkan suatu sumber dan informasi yang benar atau belum diverifikasi.

Ya Ya
Menyadari perlu adanya koneksi internet untuk mengakses sejumlah informasi 7) Mampu menceritakan bagaimana sebuah perangkat terhubung ke Internet.

YaYa
Memahami adanya berbagai sarana aktivitas online. 8) Mampu menceritakan beberapa sarana aktivitas online serta manfaatnya.
YaYa
Memahami manfaat lebih nyata dalam meningkatkan kualitas hidup. 9) Dapat menjelaskan kemudahan dan kenyamanan yang diperoleh dari keberadaan sejumlah sarana layanan online

YaYa
Memahami adanya hak cipta dari suatu tulisan/kary digital. 10) Dapat menjelaskan perlunya penghormatan akan hak cipta pihak lain. komunikasinya.

YaYa
Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Mengetahui sejumlah situs dan aplikasi online dengan setiap fitur utamanya. 11) Mampu menceritakan beberapa situs dan aplikasi online yang bermanfaat dan populer beserta fitur-fitur yang disediakan bagi penggunanya.


Ya
Memahami keterbatasan kemampuan lingkungan digital dan dampak aplikasi bagi pengguna. 12) Mampu menceritakan kendalakendala yang umum terjadi serta cara penanganannya yang benar.


Ya
Mengoperasikan fitur- fitur sederhana. 13) Mampu memperagakan pengoperasian perangkat untuk menjalankan beberapa fitur sederhana. YaYaYaYa
Mengoperasikan perangkat untuk proses pembelajaran. 14) Mampu menggunakan beberapa aplikasi edukatif (online atau bukan) yang membantu proses pembelajaran. YaYaYaYa
Mengoperasikan fitur- fitur perangkat yang secara umum digunakan. 15) Mampu memperagakan pengoperasian perangkat untuk menjalankan beberapa komunikasinya.
YaYaYa

Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Menggunakan sarana TIK untuk menggali informasi dari internet. 16) Mampu mengakses dan mencari informasi dari internet secara optimal kemudian mengolah untuk tujuan tertentu
Ya Ya Ya
Menggunakan pengetahuan untuk memeriksa kebenaran suatu informasi. 17) Berdasarkan suatu kriteria, sesuai dengan usia, mampu memilah antara informasi benar atau salah atau belum terbukti benar.
YaYaYa
Memahami sarana TIK untuk menyusun suatu pesan dengan pemilihan kata-kata yang memenuhi kaidah, etika dan etiket yang tepat.. 18) Mampu menulis suatu tulisan formal berdasarkan kaidah, etika dan etiket yang sesuai dengan lawan berkomunikasi..
YaYa
Memanfaatkan aplikasi- aplikasi offline dan online. 19) Mampu memperagakan bagaimana memanfaatkan beberapaaplikasi offline dan online, serta menjelaskan manfaatnya.

YaYa
Memahami karya digital pihak lain tanpa melanggar hak ciptanya. 20) Mampu menerapkan kaidah dalam mengutip atau memakai karya digital pihak lain.

YaYa
Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Memilih aplikasi yang sesuai dengan tujuan. 21) Mampu menunjukkan perbedaan fitur antara aplikasi.


Ya
Memahami adanya manfaat lebih lanjut atau implisit dari data dan informasi di internet. . 22) Mampu menunjukkan adanya informasi dari sejumlah data yang diperoleh secara terpisah dan menghasilkan suatu kesimpulan baru.
YaYaYa
Menyadari adanya kejahatan dan ancaman terhadap keamanan diri dalam dunia digital 23) Mampu melindungi diri dari kejahatan dalam dunia digital
YaYa
Memaknai kegunaan dan menikmati kemudahan sarana TIK secara langsung. 24) Mampu menceritakan secara lisan/tertulis sesuai dengan usia siswa manfaat yang diperoleh serta kesulitan apa jika sarana TIK tidak tersedia.
YaYaYa
Memaknai kegunaan mesin pencari untuk mengakses sumbersumber informasi yang berguna dan tersebar di internet . 25) Mampu menjalankan mesin pencari berdasarkan kata kunci terkait dan memilah mana yang berguna dan mana yang tidak.

YaYa
Aspek Kompetensi SD (1-3) SD (4-6) SMPSMA
Memaknai manfaat kolaborasi/diskusi secara online. . 26) Dapat bekerjasama dan berkomunikasi secara online dalam mencapai suatu tujuan.

Ya Ya
Menyadari berbagai kemudahan dan manfaat informasi dan penggunaan sarana TIK dalam meningkatkan kualitas hidup. 27)Mampu menjelaskan kemudahan dan manfaat informasi dan sarana TIK yang memudahkan kehidupan sehari-hari
YaYaYa
Memaknai dampak dan aspek lain dari penggunaan informasi dan sarana TIK 28) Mampu menjelaskan dampak dan aspek lain (misalnya ekonomi, efisiensi waktu, presisi, konsistensi ) dari sarana digital
YaYa
Memaknai masih adanya potensi kegunaan sarana digital yang belum tersedia. 29) Mampu mereka-reka kemungkinan pengembangan sarana digital yang berpotensi untuk dibuat.


Ya
Memaknai perubahan teknologi yang berubah dengan cepat 30) Mampu melakukan penyesuaian penggunaan aplikasi/perangkat yang sama dengan versi lebih baru dalam waktu relatif singkat
31) Setelah menggunakan suatu aplikasi/perangkat, mampu dengan mudah menggunakan aplikasi/perangkat sejenis






Ya
Ya



Ya
Menyadari Hak Atas Kekayaan Intelektual ( HaKI ) 32) Dapat menjelaskan dampak pelanggaran atau tidak menghargai HaKI terhadap berbagai aspek .

YaYa
Bergerak sepenuh hati majukan pendidikan

Sumber :
  • Kemdikbud.2017.Konsep Literasi Digital dalam Kurikulum 2013.Jakarta.Pusat Kurikulum dan Perbukuan.


Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Kompetensi Literasi Digital"

Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.