Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Portofolio sebagai Penilaian pada PAS-PAT-US

Portofolio sebagai Penilaian pada PAS-PAT-US yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan. Terdapat berbagai bentuk penilaian yang dapat dipilih satuan pendidikan,antara  lain portofolio, tes tertulis, produk, proyek, tes lisan, tes kinerja, tes praktik, dan bentuk lain. 
Portofolio sebagai Penilaian pada PAS-PAT-US yang diselenggarakan oleh Satuan Pendidikan. Terdapat berbagai bentuk penilaian yang dapat dipilih satuan pendidikan, antara  lain portofolio, tes tertulis, produk, proyek, tes lisan, tes kinerja, tes praktik, dan bentuk lain.


Dan saya akan menyajikan bentuk penilaian tersebut satu persatu mulai dari :
  1. Portofolio
  2. Tes Tertulis
  3. Tugas Proyek
  4. Tes Lisan
  5. Tes Kinerja
  6. Tes Praktik
Sebagaimana Surat Edaran Mendikbud No 1 tahun 2021 , berbagai teknik penilaian tersebut di atas, dapat  dipergunakan oleh satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan penilaian yang menjadi kewenangan satuan pendidikan, seperti Penilaian  Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Sekolah  (US). 

Portofolio sebagai Penilaian pada PAS-PAT-US

A. Definisi

Portofolio adalah penilaian berkelanjutan berdasarkan kumpulan informasi yang bersifat reflektif-integratif yang menunjukkan perkembangan kemampuan peserta didik dalam satu periode tertentu. 

Penilaian portofolio mengumpulkan informasi hasil belajar  melalui:
  • observasi sampel sampel karya atau produk; 
  • analisis dan refleksi isi portofolio secara teratur;
  • penyimpulan serta penilaian kemajuan siswa.

B. Jenis-jenis portofolio

Terdapat berbagai cara mengklasifikasikan portofolio. Salah satu  klasifikasi memilah portofolio menjadi 3 jenis:
  1. Portofolio kerja merupakan kumpulan hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi dalam periode waktu tertentu.
    Terdapat berbagai cara mengklasifikasikan portofolio. Salah satu  klasifikasi memilah portofolio menjadi 3 jenis: Portofolio kerja merupakan semua koleksi hasil kerja pada suatu mata pelajaran atau kompetensi pada periode waktu tertentu. Portofolio dokumentasi adalah koleksi hasil kerja (produk) siswa pada suatu mata pelajaran pada satu periode waktu tertentu, yang berisi hasil kerja pilihan terbaik yang diajukan untuk dinilai  Portofolio pilihan (showcase portfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik yang dihasilkan oleh siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.


  2. Portofolio dokumentasi adalah kumpulan hasil kerja (produk) siswa pada suatu mata pelajaran dalam satu periode waktu tertentu, yang berisi hasil kerja pilihan terbaik siswa yang diajukan untuk dinilai 
    Portofolio dokumentasi adalah kumpulan hasil kerja (produk) siswa pada suatu mata pelajaran dalam satu periode waktu tertentu, yang berisi hasil kerja pilihan terbaik siswa yang diajukan untuk dinilai
    Sumber gb: portofolio di SMPN 3 Jatinangor, Sumedang

  3. Portofolio pilihan (showcase portfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.
    Portofolio pilihan (showcase portfolio) digunakan untuk menunjukkan hasil terbaik siswa pada suatu mata pelajaran atau kompetensi tertentu.
    Sumber gb : Dok Pribadi

C. Kompetensi-kompetensi yang dapat diukur dengan portofolio

Pada dasarnya semua kompetensi dapat diuji dengan portofolio.  Dengan mencermati kumpulan karya siswa, maka guru akan dapat  menilai aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan siswa. 

Akan  tetapi, guru tetap perlu melakukan pemetaan SKL dan KD-KD  yang paling sesuai untuk diujikan dengan portofolio. Bahkan,  dimungkinkan portofolio siswa ini mencakup beberapa mata pelajaran.

D. Langkah-langkah ujian dengan portofolio

Berikut ini adalah langkah-langkah ujian dengan portofolio:
  1. Siswa mengumpulkan karyanya. Karya ini berupa hasil isian  LKPD yang telah dikoreksi, hasil Penilaian Harian (PH) yang  telah dikoreksi, hasil karya poster, tulisan, puisi, sertifikat hasil  kegiatan atau lomba, dan lain-lain. Jika sekolah memutuskan  menggunakan bentuk ujian portofolio, seharusnya sejak awal  tahun pelajaran telah disampaikan ke siswa. Ada pemahaman  yang tidak tepat, yakni siswa baru ditugasi membuat karya  portofolio pada saat pekan ujian. Tentu saja, hal ini akan sangat  memberatkan siswa dan orang tua (karena akhirnya orang tua  ikut membantu siswa), serta tidak sesuai dengan maksud ujian portofolio. 
  2. Sekolah mengembangkan menyusun kisi-kisi dan instrumen  Lembar Instruksi Penyusunan Portofolio. Instrumen ini berisi  perintah untuk menyeleksi karya berdasarkan kriteria tertentu,  refleksi, dan kriteria penilaiannya. Kriteria portofolio bisa jadi  ditetapkan, siswa bisa memilih kriteria yang tepat dari beberapa opsi. 
  3. Sekolah mengomunikasikan US bentuk portofolio kepada  orang tua, dilampiri instrumen tersebut. 
  4. Sekolah menyusun jadwal penyusunan portofolio. Dalam hal  ini, jadwal siswa menyeleksi karyanya dan membuat refleksi  terhadap karyanya. 
  5. Sekolah melakukan pertemuan/pameran portofolio dan  penilaian

E. Moda penyimpanan portofolio

Portofolio dapat disimpan dalam bentuk fisik yang dikumpulkan secara manual atau berupa hard copy maupun dalam bentuk digital, bentuk digital ini bisa berupa dokumen atau hasil pindai (scan) dan foto karyanya. 

Bentuk digital bisa disimpan dalam  media penyimpanan, atau sekolah dapat membuat/ menentukan platform penyimpanan /kantung tugas seperti dalam  google drive, atau cloud lainnya.

F. Melibatkan siswa dalam penyusunan portofolio

Siswa diberitahukan sejak awal, bahkan bisa jadi sejak kelas VII, bahwa akan ada penilaian portofolio sebagai salah satu bentuk US. 

Siswa mengumpulkan semua karyanya. kemudian, pada periode  ujian, siswa menyeleksi karyanya, dan membuat refleksi diri. 

Siswa kemudian memamerkan dan mempresentasikan karya  portofolionya, serta guru membuat penilaian terhadap portofolio itu.

G. Lembar Instruksi Portofolio 

Berikut adalah contoh instruksi umum untuk pengembangan  portofolio, yang bisa dilengkapi sesuai keperluan sekolah.
(1)
Tentunya kamu telah memiliki kumpulan karya sejak kelas VII, misalnya hasil  isian LKPD yang telah dikoreksi, hasil Penilaian Harian (PH), hasil Penilaian  Tengah Semester (PTS), hasil karya poster, tulisan, sertifikat hasil kegiatan atau  lomba, dan lain-lain. 
(2)
Pilih 12 karya terbaikmu. Upayakan karya-karya tersebut mencakup karya  pada kelas VII, VIII, dan IX. (Catatan: tema portofolio ini karya terbaik, kelas  tidak harus mulai kelas VII, jumlah bisa disesuaikan). 
(3)
Buatlah tulisan yang menunjukkan:
  • Karya tentang apa, pada tiap karya tersebut?
  • Kemampuan apa yang dicerminkan tiap karyamu itu?
  • Mengapa tiap karya itu karya terbaikmu? 
  • Mengapa hal itu penting bagi dirimu? 
(4)
Susun portofoliomu secara rapi, menarik, diberi judul, dan sistematika yang  baik. 
(5)
Kamu akan dinilai dengan kriteria:
  • Kualitas sampel karya terbaikmu
  • Kemampuan yang ditunjukkan oleh karyamu
  • Sistematika, kerapian, dan kemenarikan portofoliomu
  • Tulisan refleksimu

H. Rubrik

Berdasarkan kriteria penilaian yang dikomunikasikan di atas, dapat  dibuat kriteria penilaian (rubrik) sampel karya sesuai maksud  portofolio, contohnya sebagai berikut:

Kriteria Skor (4) Skor (3) Skor (2) Skor (1)
Kualitas sampel karya lengkap, berkkualitas, mencerminkan karya terbaik/sesuai maksud ada satu aspek yang kurang ada dua aspek yang kurang ada tiga aspek yang kurang
kemampuan yang ditunjukkan oleh karya Sesuai kecakapan KD
yang dipetakan, memadai sebagai sampel kemampuan, karya mencerminkan
kemampuan
ada satu aspek yang kurang ada dua aspek yang kurang ada tiga aspek yang kurang
Sistematika, kerapihan, dan kemenarikan portofolio Ada Judul, sistematis,
rapi , menarik
ada satu aspek yang kurang ada dua aspek yang kurang ada tiga aspek yang kurang
Tulisan Refleksi Refleksi mencakup :
  • karya tentang apa
  • kemampuan yang dicerminkan tiap karya
  • alasan sebagai karya terbaikmu
  • dan alasan hal itu penting bagi dirinya
ada satu aspek yang kurang ada dua aspek yang kurang ada tiga aspek yang kurang

Selengkapnya silahkan lengkapi dengan :

Demikian Portofolio sebagai penilaian pada PAS-PAT dan US yang bersumber dari Modul Inspirasi yang di cetak oleh Direktorat SMP Kemdikbud tahun 2020.
Semoga bermanfaat.

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Portofolio sebagai Penilaian pada PAS-PAT-US"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.