Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemantulan dan Pembiasan Cahaya

Pemantulan dan Pembiasan Cahaya | Tuhan Yang Maha Esa, adalah segalanya, manusia tidak akan bisa hidup tanpa cahaya, sebab dengan cahaya matahari tumbuh-tumbuhan memainkan peranya untuk kehidupan dengan menghasilkan makanan sebagai sumber energi manusia, 

Selain itu Alloh SWT membekali kehidupan manusia dengan sepasang mata yang menghadirkan berbagai keindahan dalam kehidupannya. Dan untuk bisa melihat manusia membutuhkan cahaya, khususnya cahaya tampak.

    Pemantulan dan Pembiasan Cahaya

    Cahaya adalah bagian spektrum gelombang elektromagnetik dari inframerah sampai ultraviolet. Cahaya merupakan gelombang transversal yang merambat menurut garis lurus,memiliki energi dan jika mengenai benda cahaya dapat mengalami pemantulan, pembiasan dan penguraian.

    Sobat GS bisa pelajari lebih lanjut dan download LKPD Sifat cahaya.

    Dari prinsip dasar pemantulan, pembiasan, dan penguraian dapat digunakan dalam menjelaskan dan memahami peristiwa disekitar kita seperti Terjadinya pelangi, fatamorgana, mata yang bisa melihat berbeda-beda warna, kacamata, Lup, teropong, kamera, mikroskope dan lain sebagainya.

    Apa bedanya Cahaya dan Sinar ?

    Cahaya adalah  gelombang elektromagnetik, misalnya cahaya matahari
    Sinar adalah garis yang tegak lurus pada muka gelombang dengan lintasan cahaya yanag berupa garis lurus.

    pada saat membahas sifat-sifat cahaya yang mengalami pemantulan, pembiasan dan dispersi maka kita menggunakan sinar.

    Pemantulan (Refleksi)

    Kita bisa melihat suatu benda dan warna pada benda tersebut karena memantulkan cahaya yang wananya sama dengan benda tersebut. 

    Misalnya Pensil yang kalian pegang berwarna Merah artinya pensil tersebut memantulkan cahaya merah sehingga mata kita bisa melihat warnanya yang merah.

    Bila seberkas cahaya (sinar) putih jatuh ke suatu permukaan benda maka cahaya tesebut akan terurai menjadi spektrum cahaya tampak dan semuanya diserap kecuali cahaya yang sewarna dengan benda tersebut akan dipantulkan.

    Hukum Pemantulan (SNELLIUS)

    1. Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu garis normal (n) adalah garis yang tegak lurus permukaan bidang.
    2. Sudut datang = sudut pantul 
            𝚹₁ = 𝚹₂
    Hukum Pemantulan (SNELLIUS) Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu garis normal (n) adalah garis yang tegak lurus permukaan bidang. Sudut datang = sudut pantul          𝚹₁ = 𝚹₂

    Jenis Pemantulan
    Pemantulan teratur yaitu pemantulan seberkas sinar oleh permukaan rata di mana semua sinar datang yang sejajar akan dipantulkan sejajar pula Pemantulan baur adalah jika seberkas sinar yang datang sejajar tetapi sinar pantulnya tidak sejajar.

    1. Pemantulan teratur yaitu pemantulan seberkas sinar oleh permukaan rata di mana semua sinar datang yang sejajar akan dipantulkan sejajar pula
    2. Pemantulan baur adalah jika seberkas sinar yang datang sejajar tetapi sinar pantulnya tidak sejajar.

    Pembiasan (Refraksi)

    Bila seberkas sinar jatuh kepermukaan bidang batas antara dua media benda yang bening maka sebagian kecil sinar dipantulkan dan sebagian besar di biaskan, seperti sebuah sinar  yang masuk ke permukaan kolam.

    Pembiasan sinar adalah pembelokan sinar yang terjadi pada bidang batas antara dua benda bening, misalnya antara udara dan permukaan air.

    Peristiwa tersebut digambarkan dibawah ini, terlihat bahwa sebagian sinar datang dipantulkan dan sebagian besar sinar datang dibiaskan.

    Bila seberkas sinar jatuh kepermukaan bidang batas antara dua media benda yang bening maka sebagian kecil sinar dipantulkan dan sebagian besar di biaskan, seperti sebuah sinar  yang masuk ke permukaan kolam.  Pembiasan sinar adalah pembelokan sinar yang terjadi pada bidang batas antara dua benda bening, misalnya antara udara dan permukaan air.  Peristiwa tersebut digambarkan dibawah ini, terlihat bahwa sebagian sinar datang dipantulkan dan sebagian besar sinar datang dibiaskan.


    Hukum Pembiasan

      1. Hukum Snellius
        Sinar datang, garis normal, dan sinar pantul terletak pada satu garis normal (n) adalah garis yang tegak lurus permukaan bidang. Sudut datang = sudut pantul

      2. Karena
        Kita bisa melihat suatu benda dan warna pada benda tersebut karena memantulkan cahaya yang wananya sama dengan benda tersebut.   Misalnya Pensil yang kalian pegang berwarna Merah artinya pensil tersebut memantulkan cahaya merah sehingga mata kita bisa melihat warnanya yang merah.  Bila seberkas cahaya (sinar) putih jatuh ke suatu permukaan benda maka cahaya tesebut akan terurai menjadi spektrum cahaya tampak dan semuanya diserap kecuali cahaya yang sewarna dengan benda tersebut akan dipantulkan.

      3. Karena pada saat cahaya merambat dari satu benda ke benda lain dari  𝑣 = 𝛌f
        Karena pada saat cahaya merambat dari satu benda ke benda lain dari  𝑣 = 𝛌f

    Phet Colorado Pemantulan dan Pembiasan Cahaya 

    Untuk lebih memahami peristiwa Pemantulan dan pembiasan cahaya silahkan Praktekkan percobaan pada lab Virtual Lab Phet Colorado berikut ini :


    Contoh Soal

    1. Tentukan berapa cepat rambat cahaya didalam air jika n air  = 4/3 = 1,33
    Dari persamaan n = c/v   maka  didapat  : V = c/n  =  3.10⁸   / 1,33  = 2,25.10⁸   m/s

    Disini ditunjukkan bahwa :
    • v air < v udara    
    • v udara = v hampa = 3.10⁸  m/s
    Untuk melatih pemahaman dan aplikasi Pemantulan dan Pembiasan cahaya silahkan kunjungi soal pemantulan dan pembiasan cahaya

    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Pemantulan dan Pembiasan Cahaya"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.