Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Lab Virtual IPA sebagai Media dan Sumber Belajar yang Mengasyikkan

11 Lab Virtual IPA sebagai Media dan Sumber Belajar yang Mengasyikkan | Belajar merupakan proses komunikasi dua arah antara guru dengan peserta didik serta antar peserta didik itu sendiri. Dalam prosesnya dibutuhkan media belajar dan sumber Belajar sebagai alat bantu agar proses komunikasi tersebut berlangsung secara efektif.

    11 Lab Virtual IPA sebagai Media dan Sumber Belajar yang Mengasyikkan

    Guru sebagai fasilitator proses pembelajaran di kelas diharapkan dapat menyajikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik dengan memilih media pembelajaran tepat sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah disusun. 

    Disisi lain salah satu permasalahan yang dihadapi guru dalam pembelajaran adalah kesulitan menjelaskan  konsep-konsep abstrak terutama pada mata pelajaran IPA yang tidak dapat teramati langsung oleh peserta didik. 

    Metode ceramah dan diskusi seringkali membuat pembelajaran di dalam kelas menjadi jenuh dan tidak menarik, bahan tayang yang disodorkanpun kadang tidak cocok dan pas sesuai tujuan pembelajaran.

    Penggunaan aplikasi simulasi dan media interaktif yang berkembang di era digitaslisasi sekarang bisa menjadi salah satu solusi permasalahan tersebut. 

    Konsep-konsep abstrak yang sulit atau mahal dalam penyediaan alat peraga 
    mampu dihadirkan atau divisualisasikan di dalam kelas menggunakan aplikasi aplikasi dan lab-lab virtual yang bertebaran di dunia maya yang dikelola para frofesional dan berbagai universitas terkemuka dunia.

    Berikut Media dan sumber belajar berupa Laboratorium virtual IPA yang mengasyikan yang layak di gunakan para guru untuk bisa menghadirkan pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna  atau sebagai media dan sumber belajar mandiri siswa.

    Dari 11 Lab virtual yang dibahas dibawah ini, sobat GS akan dibawa ke berbagai jaringan laboratorium virtual dan interaktif  lainnya yang jumlahnya puluhan hingga ratusan di dunia. 

    Rumah Belajar Kemdikbud

    Rumah belajar adalah portal pembelajaran digital yang menyediakan bahan belajar dan sumber belajar serta media komunikasi yang mendukung interaksi antar guru, siswa dan pendidik lainnya (komunitas). 

    Rumah Belajar kemdikbudristek ini hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran digital di era industri 4.0 untuk siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat.   Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.  Fitur yang terdapat di Rumah Belajar kemdikbud diantaranya Sumber belajar:  Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum.  Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif. Kelas Maya: Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja. Laboratorium Maya: Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. Bank Soal: Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

    Rumah Belajar kemdikbudristek ini hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran digital di era industri 4.0 untuk siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. 

    Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

    Silahkan klik link ke 4 fitur dibawah ini , dan nikmati sumber daya yang melimpah untuk media belajara dan sumber belajar kita di kelas dan peserta didik diantaranya:
    1. Sumber belajar:  Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum.  Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk audio, video, dan laman interaktif.
    2. Kelas Maya: Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
    3. Laboratorium Maya: Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.
    4. Bank Soal: Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.

    PheT Colorado

    Physics Education Technology (PhET) merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis,  berbasis riset yang dapat diakses secara gratis. 

    Physics Education Technology (PhET) merupakan simulasi interaktif fenomena-fenomena fisis,  berbasis riset yang dapat diakses secara gratis.Physics Education Technology atau PhET didirikan pada tahun 2002 oleh Peraih Nobel Carl Wieman, proyek Simulasi Interaktif PhET di University of Colorado Boulder, menciptakan simulasi matematika dan IPA interaktif secara gratis.   Simulasi PhET didasarkan pada penelitian pendidikan yang luas dan  melibatkan peserta didik melalui intuisinya, lingkungan seperti permainan di mana peserta didik belajar  melalui eksplorasi dan penemuan. PhET dikembangkan oleh University of Colorado Boulder dalam rangka menyediakan simulasi pembelajaran IPA dan Matematika berbasis laboratorium maya yang memudahkan guru dan peserta didik ketika digunakan untuk pembelajaran di ruang kelas

     
    Physics Education Technology atau PhET didirikan pada tahun 2002 oleh Peraih Nobel Carl Wieman, proyek Simulasi Interaktif PhET di University of Colorado Boulder, menciptakan simulasi matematika dan IPA interaktif secara gratis. 

    Simulasi PhET didasarkan pada penelitian pendidikan yang luas dan melibatkan peserta didik melalui intuisinya, lingkungan seperti permainan di mana peserta didik belajar  melalui eksplorasi dan penemuan. 

    PhET dikembangkan oleh University of Colorado Boulder dalam rangka menyediakan simulasi pembelajaran IPA dan Matematika berbasis laboratorium maya yang memudahkan guru dan peserta didik ketika digunakan untuk pembelajaran di ruang kelas

    Lebih lanjut dan gabung dengan guru-guru internasional silahkan kunjungi Phetcolorado

    Biologi Simulations

    Biology Simulations adalah situs web yang membantu siswa belajar tentang biologi dan mempraktikkan keterampilan analisis data. Semua simulasi memiliki komponen acak, sehingga kemungkinan akan ada beberapa variasi hasil kuantitatif setiap kali kegiatan dijalankan. Selain itu, banyak yang dirancang untuk digunakan untuk peluang penyelidikan. 

    Biology Simulations adalah situs web yang membantu siswa belajar tentang biologi dan mempraktikkan keterampilan analisis data. Semua simulasi memiliki komponen acak, sehingga kemungkinan akan ada beberapa variasi hasil kuantitatif setiap kali kegiatan dijalankan. Selain itu, banyak yang dirancang untuk digunakan untuk peluang penyelidikan.

    Sumber daya  yang tersedia dapat dimodifikasi untuk bekerja dengan kelompok yang berbeda. hebatnya lagi guru bebas mendownload templet dan menggunakan lembar kerja yang telah disiapkan, dan guru bebas untuk membuat penyesuaian atau merancang sendiri untuk menciptakan pelajaran yang sesuai dengan situasi mereka. 

    Semua materi adalah sumber daya pendidikan terbuka dan dilisensikan di bawah  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0.

    Situs ini dan simulasinya dirancang oleh Jolene Pappas, seorang guru biologi SMA di Batavia High School di Batavia. lebih lanjut silahkan langsung saja kunjungi portal labnya di Biologi Simulations 

    LabXchanged

    LabXchange adalah platform pendidikan interaktif sains gratis yang serba ada alias lengkap yang dibuat di Universitas Harvard dengan dukungan dari Amgen Foundation. 

    LabXchange adalah platform pendidikan interaktif sains gratis yang serba ada alias lengkap yang dibuat di Universitas Harvard dengan dukungan dari Amgen Foundation.


    Dengan masuk dan bergabung ke platform ini memungkinkan Anda baik guru,siswa dan siapa saja yang tertarik dengan sain dapat menelusuri konten-konten  sains terverifikasi dari sumber di seluruh dunia, karena dengan mengunjungi LabXchanged anda sekaligus dapat menjelajah berbagai lab dan classroom atau media interaktif dari para ahli didunia. 

    lebih lanjut cara bergabung dan mengenal LabXchanged serta apa saja yang dapat temui dan bagaimana cara bergabung di LabXchange kunjungi dan pelajari : LabXchanged

    Merlot Virtual Lab (Biologi)

    Merlot Virtual Labs adalah layanan dari program Merlot, yang dikonsep dan didesain oleh Merlot dan CSULB The California state University.

    Merlot sangat memfasilitasi kita sebagai guru dan siswa untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran. 

    Merlot Virtual Labs adalah layanan dari program Merlot, yang dikonsep dan didesain oleh Merlot dan CSULB The California state University.  Merlot sangat memfasilitasi kita sebagai guru dan siswa untuk menggunakan teknologi dalam proses pembelajaran.


    Merlot membantu proyek teknologi akademik, berbagi informasi di seluruh universitas, dan menyediakan desain dan pengembangan proyek berkualitas tinggi untuk mendukung inisiatif teknologi akademik di seluruh dunia.
    Anda akan menemukan lab virtual yang lengkap disini diantaranya :
    • Biologi
    • Kimia 
    • Fisika
    • Ilmu Bumi /lingkungan
    • Rekayasa
    • Matematika
    • Ilmu Kesehatan.
    Superlengkap, dari portal MERLOT sobat GS juga bisa menjelajah virtual lab lainnya bahkan yang lebih spesifik dari seluruh dunia, sayang jika tidak di ekplore dan dimanfaatkan dalam proses pembelajaran kita. silahkan kunjungi MERLOT Virtual Lab.

    eSKELETONS

    eSkeletons adalah lab virtual dan interaktif yang di buat dan dikelola oleh fakultas, staf, dan mahasiswa di University of Texas di Austin, bertujuan dalam menyediakan lingkungan interaktif untuk memeriksa dan belajar tentang anatomi kerangka melalui database osteologi University of Texas. 

    eSkeletons adalah lab virtual dan interaktif yang di buat dan dikelola oleh fakultas, staf, dan mahasiswa di University of Texas di Austin, bertujuan dalam menyediakan lingkungan interaktif untuk memeriksa dan belajar tentang anatomi kerangka melalui database osteologi University of Texas.


    Dari eSKELETONS sobat GS bisa juga di bawa ke lab Virtual lainnya yang saling berhubungan dengan anatomi, tengkorak dan kerangka seperti :
    • eAntro Community Lab
    • eForensics
    • eFossil
    • eLucy
    Penasarankan bagaimana asiknya belajar dan mengajar Kerangka manusia dan berbagai binatang serta fosil secara tiga dimensi di laboratorium virtual ! yu kunjungi eSKELETONS

    Visible Body

    Visible Body ( Human anatomy atlas 2022+) adalah aplikasi Atlas Anatomi Manusia dan referensi serta media belajar tubuh manusia 3D terlengkap yang mudah digunakan dengan akses seluler dan web lintas platform seperti ponsel, tablet, atau laptop, selain itu tersedia berbagai artikel untuk guru dan siswa yang menarik.

    Visible Body ( Human anatomy atlas 2022+) adalah aplikasi Atlas Anatomi Manusia dan referensi serta media belajar tubuh manusia 3D terlengkap yang mudah digunakan dengan akses seluler dan web lintas platform seperti ponsel, tablet, atau laptop, selain itu tersedia berbagai artikel untuk guru dan siswa yang menarik.


    Di Visible Body tersedia konten visual interaktif 3D yang sangat di butuhkan untuk mempelajari tubuh manusia:
    1. Model 3D wanita dan pria penuh untuk mempelajari anatomi kasar. Lihat ini di samping gambar mayat dan diagnostik.
    2. Tampilan 3D dari organ-organ utama di berbagai tingkatan. Pelajari paru-paru, bronkus, dan alveoli; meninjau ginjal, piramida ginjal, dan nefron.
    3. Animasi singkat yang menjelaskan fisiologi inti dan kondisi umum. Gunakan ini untuk pemahaman yang lebih dalam tentang proses sistem!
    4. Model otot dan tulang yang bisa Anda gerakkan. Pelajari tindakan otot, landmark tulang, lampiran, persarafan, dan suplai darah.
    5. Lihat bagaimana fasia membagi otot-otot tungkai atas dan bawah ke dalam kompartemen.
    6. Dan masih banyak lagi! Semua konten ini diatur sehingga Anda dapat dengan mudah menelusuri atau mencari berdasarkan topik dan wilayah.
    Jika masih belum cukup ! sobat GS bisa membeli (tidak gratis) APP visible body Paket lengkap alat belajar dan presentasinya seperti:

    1. Membedah model di layar, dalam augmented reality (AR), dan di penampang. Unduh aktivitas lab gratis yang memandu Anda melalui struktur utama.
    2. Akses ratusan deck Flashcard visual dan interaktif gratis yang mencakup topik kursus utama.
    3. Buat deck Flashcard Anda sendiri dan bagikan dengan teman-teman.
    4. Ikuti kuis diseksi 3D dan periksa kemajuan Anda.
    5. Buat presentasi 3D interaktif yang menghubungkan kumpulan model untuk menjelaskan dan meninjau suatu topik. Label struktur dengan tag, catatan, dan gambar 3D.
    Rugi kalau di lewatkan begitu saja, yu gabung di Lab Virtual 3D dan Augmented Reality (AR) diportal Visible Body

    Sead STEM

    Sead STEM adalah platform STEM Digital Asia Tenggara yang memfasilitasi para guru dan dialog antara para guru STEM di negara Asia Tenggara untuk saling bertukar ide dan mengembangkan contoh-contoh praktik baik.

    Setiap bulan, Sead STEM akan merilis satu materi baru sehingga memperkaya media belajar dan sumber belajar sobat GS  dan tentunya dengan terus upadate materi-materi terbaru STEM dari Sead STEM menjadikan sumber daya sobat GS sebagai guru menjadi banyak, so hal ini membantu peserta didiknya untuk mampu menjadi lebih baik dimasa depannya !

    Sead STEM adalah platform STEM Digital Asia Tenggara yang memfasilitasi para guru dan dialog antara para guru STEM di negara Asia Tenggara untuk saling bertukar ide dan mengembangkan contoh-contoh praktik baik.  Setiap bulan, Sead STEM akan merilis satu materi baru sehingga memperkaya media belajar dan sumber belajar sobat GS  dan tentunya dengan terus upadate materi-materi terbaru STEM dari Sead STEM menjadikan sumber daya sobat GS sebagai guru menjadi banyak, so hal ini membantu peserta didiknya untuk mampu menjadi lebih baik dimasa depannya !


    Di Sead STEM sobat GS bisa dengan gratis menggunakan sumber dayanya dengan berbagai materi dan topik STEM yang beragam baik proyek, eksperimen dan video untuk berbagai tingkat kelas mulai pemula, menengah dan lanjutan dengan mata pelajaran /kuliah :
    • Biologi
    • Fisika
    • Kimia
    • Ilmu Bumi
    • Rekayasa
    • Matematika
    Jangan khawatir dengan kendala bahasa karena di Sead STEM tersedia kok pilihan bahasanya, tunggu apalagi silahkan eksplore lebih lanjut di Sead STEM.

    Labster

    Labster adalah aplikasi realtime simulasi laboratorium dimana pengguna dibawa ke dalam lab sesungguhnya secara virtual dan layaknya seorang yang sedang mengerjakan pengamatan dan penelitian di dalam laboratorium.

    Labster adalah aplikasi realtime simulasi laboratorium dimana pengguna dibawa ke dalam lab sesungguhnya secara virtual dan layaknya seorang yang sedang mengerjakan pengamatan dan penelitian di dalam laboratorium.


    Labster menampilkan lebih dari 230 simulasi yang mencakup berbagai topik sains mulai dari biologi, kimia, dan fisika hingga sains yang lebih khusus termasuk STEM, mikrobiologi, dan ilmu kimia. 

    Dengan masuk dan bergabung di Labster akan memberikan pengalaman belajar dari pelajaran Sobat GS karena anda dan peserta didik sobat GS bisa langsung melakukan eksperimen favorit dan topik pilihan sobat GS, aplikasi ini berbayar dan bisa juga kita bergabung dengan fasilitas gratisannya

    Hanya sayang Labster tersedia untuk tingkat SMA dan Perguruan tinggi saja. penasaran bagaimana rasanya berada di lab Modern ? inilah Labster.

    Praxilabs

    PraxiLabs adalah laboratorium sains virtual 3D yang dibangun oleh tim programmer dan spesialis pendidikan yang berdedikasi dan memahami pentingnya eksperimen dalam pendidikan sains.

    Praxilabs dapat diakses, digunakan, dan terjangkau untuk institusi pendidikan dan sekolah. PraxiLabs tidak hanya memberikan pengalaman lab virtual yang imersif, tetapi juga menambahkan konten yang diperkaya yang memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih kepada siswa, dapat diakses di berbagai platform seperti android, PC dan tablet. 

    PraxiLabs adalah laboratorium sains virtual 3D yang dibangun, dan terus dikembangkan dan ditingkatkan, oleh tim programmer dan spesialis pendidikan yang berdedikasi yang memahami pentingnya eksperimen dalam pendidikan sains.  Praxilabs dapat diakses, digunakan, dan terjangkau untuk institusi pendidikan dan sekolah. PraxiLabs tidak hanya memberikan pengalaman lab virtual yang imersif, tetapi juga menambahkan konten yang diperkaya yang memberikan pemahaman dan pengetahuan lebih kepada siswa, dapat diakses di berbagai platform seperti android, PC dan tablet.


    Dengan bergabung di praxilabs kita akan mendapat keuntungan :
    1. Puluhan simulasi lab virtual 3D interaktif dalam Biologi, Kimia & Fisika
    2. Siswa dapat mengakses lab virtual realistis dari perangkat mereka kapan saja/di mana saja
    3. Antarmuka interaktif yang ramah pengguna untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa
    4. File multimedia tambahan untuk membantu siswa saat melakukan eksperimen
    5. Integrasikan PraxiLabs dengan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) Anda saat ini
    Praxilabs bisa gratis hanya untuk 30 hari dan untuk menggunakan fasilitas tanpa batas tentunya aplikasi ini berbayar sehingga sangat layak di gunakan dan bekerjasama dengan satuan pendidikan. 

    Magnet Academy

    Magnet academy merupakan bagian dari National MagLab yang merupakan gabungan institusi besar yang dioperasikan bersama antara National Science Foundation (Florida State University) dan Los Alamos National Laboratory.

    Magnet academy merupakan bagian dari National MagLab yang merupakan gabungan institusi besar yang dioperasikan bersama antara National Science Foundation (Florida State University) dan Los Alamos National Laboratory.


    Khusus portal magnet academy  tersedia fasilitas untuk semua tingkatkan mulai  anak-anak, remaja, siswa dewasa dan guru 

    Silahkan temukan materi dan topik topik menarik seputar magnet dan implikasinya dalam kehidupan manusia serta berbagai topik lainnya seperti:
    • Biologi
    • Fisika
    • Bumi dan antariksa
    • listrik dan magnet
    • Elektronik
    • Energi
    • Mesin
    • Sejarah sains
    • Penelitian Materi
    • Obat-obatan
    • Ilmu alam
    • Transportasi
    Ekplore lebih lanjut Magnet Academy untuk memperdalam  dunia listrik dan magnet serta berbagai topik sains lainnya.

    Demikian 11 Lab Virtual IPA sebagai media dan Sumber Belajar yang mengasyikkan, dari 11 lab virtual ini sobat GS bisa menjelajah ke berbagai jaringan laboratorium digital, puluhan bahkan ratusan lab lainnya di dunia.
    Semoga Bermanfaat.
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "11 Lab Virtual IPA sebagai Media dan Sumber Belajar yang Mengasyikkan"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.