Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kebijakan Penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

Implementasi Kurikulum Merdeka akan segera bergulir di tahun ajaran 2022-2023, yang diberlakukan secara terbatas pada sekolah-sekolah program sekolah penggerak,  namun tiap sekolah, tentunya harus memutuskan dengan segera kurikulum apa yang akan digunakan. 

Untuk itu  apa saja kebijakan-kebijakan penting dalam implementasi kurikulum merdeka yang perlu diketahui para pimpinan Sekolah ? berikut ini saya rangkum untuk sobat GS semua.


Implementasi Kurikulum Merdeka akan segera bergulir di tahun ajaran 2022-2023, Walau mulai berlaku terbatas pada sekolah-sekolah program sekolah penggerak,  namun tiap sekolah, tentunya harus memutuskan dengan segera kurikulum apa yang akan digunakan.   Untuk itu  apa saja kebijakan-kebijakan penting dalam implementasi kurikulum merdeka yang perlu diketahui para pimpinan Sekolah ? berikut ini saya rangkum untuk sobat GS semua.

    Kebijakan yang menyertai Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Pembelajaran

    1. Permendikbudristek No 5 tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan, merupakan kriteria minimal tentang kesatuan sikap, keterampilan dan pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dari hasil pembelajarannya pada akhir jenjang pendidikan, SKL menjadi acuan untuk kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka.
    2. Permendikbudristek No 7 tahun 2022 tentang standar isi , yanag dikembangkan melalui perumusan ruang lingkup materi yang sesuai dengan  kompetensi lulusan. ruang lingkup materi merupakan bahan kajian dalam muatan pembelajaran yang dirumuskan berdasarkan : 1) muatan wajib sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, 2) konsep keilmuan, 3) Jalur, jenjang dan jenis pendidikan. Standar isi menjadi acuan untuk kurikulum 2013, kurikulum darurat dan kurikulum merdeka
    3. Kepmendikbudristek No 56 tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran, dimana memuat 3 opsi kurikuum yang dapat digunakan disatuan pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran beserta struktur kurikulum merdeka, aturan terkait pembelajaran dan asesmen serta beban kerja guru ada disini,
    4. Keputusan Kepala BSKAP No 008/KR/2022 tahun 2022, tentang capaian pembelajaran pada PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah pada kurikulum merdeka, yang memuat capaian pembelajaran untuk semua mata pelajaran dan struktur kurikulum merdeka.

    Kebebasan Sekolah Menentukan Kurikulum yang dipilih

    Sekolah bebas memilih Kurikulum yang akan digunakannya diantaranya adalah :
    1. Pilihan 1 ; Kurikulum 2013 secara Penuh
    2. Pilihan 2 ; Kurikulum Darurat yaitu kurikulum 2013 yang disederhanakan
    3. Pilihan 3 ; Kurikulum Merdeka

    Sekolah dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka secara bertahap sesuai kesiapan masing-masing

    Sejak tahun 2021/2022 Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan dihampir 2.500 sekolah yang mengikuti program sekolah penggerak (PSP) dan 901 SMK Pusat Keunggulan (SMK PK).

    Kurikulum ini diterapkan mulai dari PAUD,kelas I dan IV SD-SDLB, kelas VII SMP-SMPLB dan kelas X SMA-SMALB.

    Walau masih bebas menentukan kurikulum yang akan dipakai, perlu diketahui pada pimpinan sekolah mulai dari kepala sekolah dan wakasek kurikulum bahwa mulai tahun ajaran 2022/2023 sekolah dapat memilih untuk mengimplementasikan kurikulum berdasarkan kesiapan masing-masing sekolah.

    Pemerintah menyiapkan angket untuk membantu satuan pendidikan menilai tahap kesiapan dirinya untuk menggunakan kurikulum merdeka.

    Tiga Pilihan Implementasi Kurikulum Merdeka Jalur Mandiri

    Sekolah menentukan pilihan berdasarkan angket kesiapan implementasi kurikulum merdeka yang mengukur kesiapan guru dan tenaga kependidikan

    Tidak ada pilihan yang paling benar, yang ada pilihan yang paling sesuai kesiapan satuan pendidikan

    Semakin sesuai maka semakin efektif implementasi kurikulum merdeka.
    diantaranya :
    1. Pilihan 1; MANDIRI BELAJAR, pilihan yang memberikan kebebasan kepada satuan pendidikan saat menerapkan beberapa bagian dan prinsip Kurikulum Merdeka, tanpa mengganti kurikulum satuan pendidikan yang sedang diterapkan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10
    2. Pilihan 2; MANDIRI BERUBAH, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan saat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan menggunakan perangkat ajar yang sudah disediakan pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.
    3. Pilihan 3; MANDIRI BERBAGI, pilihan yang memberikan keleluasaan kepada satuan pendidikan dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dengan mengembangkan sendiri berbagai perangkat ajar pada satuan pendidikan PAUD, kelas 1, 4, 7 dan 10.

    Keunggulan Kurikulum Merdeka 

    Setiap kurikulum memiliki kelebihan  dan keistimewaan, demikian pula dengan kurikulum merdeka yang memiliki beberapa keunggulan, kalau saya sendiri menyebutnya penekanan dan ciri khas kurikulum merdeka diantaranya :
    1. Lebih sederhana dan mendalam ; karena fokus pada materi yang esensial dan pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya. Belajar menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru dan menyenangkan.
    2. Lebih Merdeka ; 
      • Peserta didik; tidak ada program peminatan di SMA, peserta didik memilih Mata pelajaran sesuai minat , bakat dan aspirasinya
      • Guru; mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangan peserta didik
      • Sekolah; memiliki wewenang untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum
    3. Lebih relevan dan Interaktif; pembelajaran melalui kegiatan projek sehingga memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya isu lingkugan, kesehatan dan lain-lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila.
    4. Memiliki flatform merdeka belajar sebagai sumber daya yang dibutuhkan guru dan siswa dan satuan pendidikan yang mudah diakses siapapun baik siswa maupun guru, diantaranya :

    Portal Informasi Resmi Merdeka Belajar 

    Untuk berbagai hal informasi dalam mempelajari kurikulum merdeka atau sekolah anda berminat lebih dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka silahkan kunjungi portal berikut ini :
    1. Unduh Flatform Merdeka Belajar di HP android atau ke portal : https://guru.kemdikbud.go.id/
      Unduh Flatform Merdeka Belajar di HP android atau ke portal : https://guru.kemdikbud.go.id/

    2. Informasi mendalam tentang implementasi kurikulum merdeka dan pilihannya di portal : https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/ 
    Demikian Rangkuman kebijakan penting dalam implementasi Kurikulum Merdeka yang akan mulai bergulir di tahun ajaran 2022-2023.
    Semoga Bermanfaat.

    Terkait dengan kebijakan Penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka
    • Apa saja implementasi kurikulum merdeka?
    • Apa yang dimaksud dengan implementasi kurikulum merdeka belajar?
    • Langkah langkah implementasi kurikulum merdeka?
    • Apa saja implementasi kurikulum?
    • implementasi kurikulum merdeka pdf
    • materi implementasi kurikulum merdeka
    • contoh implementasi kurikulum merdeka
    • implementasi kurikulum merdeka jurnal
    • implementasi kurikulum merdeka sd
    • implementasi kurikulum merdeka ppt
    • pendampingan implementasi kurikulum merdeka
    • pendaftaran implementasi kurikulum merdeka
    • Apa itu Mandiri belajar mandiri berubah?
    • Apa yg berubah di Kurikulum Merdeka?
    • Kurikulum Merdeka ada 3 apa saja?
    • Mandiri belajar Pakai kurikulum apa?
    • perbedaan mandiri belajar dan mandiri berubah
    • mandiri berubah adalah
    • mandiri belajar adalah
    • contoh kurikulum mandiri berubah
    • mandiri berubah merdeka belajar
    • mandiri berbagi adalah
    • kurikulum mandiri belajar kemdikbud
    • kurikulum mandiri belajar pdf

    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Kebijakan Penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.