Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak | Murid yang memiliki pengharapan tinggi dapat mengonseptualisasikan tujuan mereka dengan jelas, sedangkan murid yang memiliki pengharapan rendah lebih ragu-ragu dan tidak jelas akan tujuan mereka. 

Murid yang bertumbuh adalah mereka yang memiliki pengharapan tinggi sehingga harapan tinggi tersebut menuntun mereka untuk  menentukan tujuan mereka berdasarkan kinerja mereka sebelumnya. 

Mereka memasang target belajar dan standar kinerja yang sedikit lebih tinggi dari apa yang dapat mereka capai, karena mereka dapat menyelaraskan diri dengan tujuan mereka sendiri dan mengendalikan bagaimana mereka akan mencapainya.  Murid seperti itu termotivasi secara intrinsik dan berkinerja baik secara akademis (Snyder et.al., 2002, p.824). 

Betapa pentingnya pendidik memiliki visi, dan mengembangkan visi untuk mewujudkan keberpihakan pada murid-murid


Dari kenyataan dan situasi tersebut,  lalu bagaimana upaya kita sebagai guru dapat mendesain lingkungan belajar yang memungkinkan murid bisa tumbuhnya dengan memiliki kemandirian dan motivasi intrinsik yang tinggi ? 

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Maka atas upaya refleksi tersebut guru harus terus berlatih meningkatkan kapasitas dirinya dalam memvisualisasikan harapan, berkolaborasi dan mentransformasikannya menjadi harapan bersama. kemudian dengan segala daya upaya bersama sama dan bergotong royong mewujudkannya.

Harapan kita adalah visi kita. Visi kita sekarang adalah masa depan murid kita. Masa depan murid kita adalah masa depan bangsa kita, Indonesia (Aditya Dharma)
Modul 1.3 Visi Guru Penggerak edisi ketiga ini di susun oleh  Aditya Dharma,S.Si,M.B.A  Hak Cipta dan diterbitkan oleh Dirjen GTK Kemdikbudristek tahun 2022. 

Modul 1.3 Visi Guru Penggerak ini, secara tidak langsung membantu sekolah untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan, misalnya  bagaimana profil murid dan lulusan dalam visi mampu memberikan gambaran mengenai Standar Kompetensi Lulusan sekolah . 

Betapa pentingnya pendidik memiliki visi, dan mengembangkan visi untuk mewujudkan keberpihakan pada murid-murid

Capaian yang Diharapkan Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai
berikut:
  1. Guru Penggerak secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.
  2. Guru Penggerak mampu menggerakkan komunitas sekolah untuk bersama-sama mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan berlandaskan nilai-nilai kebajikan universal.

Capaian Umum Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

“Perubahan di sekolah dapat diinisiasi oleh pihak luar, tetapi perubahan yang paling penting dan berkesinambungan akan datang dari dalam.”
~ Roland Barth, “Improving schools from within” (1990)
Secara umum, capaian modul ini adalah:
  1. Calon Guru Penggerak dapat merumuskan visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi dalam menumbuhkembangkan Profil Pelajar Pancasila pada murid murid.
  2. Calon Guru Penggerak mengupayakan pencapaian visi melalui prakarsa perubahan yang positif dan apresiatif.

Capaian Khusus Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk:
  • mengartikulasikan Profil Pelajar Pancasila dalam kalimat visi,
  • merumuskan kalimat visi yang menggerakkan hati dan kolaborasi,
  • menentukan prakarsa perubahan yang menantang, bermakna, kontekstual, dan relevan,
  • memahami bahwa prakarsa perubahan adalah bagian dari upaya untuk mencapai visi yang telah dirumuskan,
  • membuat rencana prakarsa perubahan di tempat di mana mereka berkarya menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif,
  • menjalankan rencana prakarsa perubahan di tempat di mana mereka berkarya menggunakan paradigma dan model inkuiri apresiatif.
Selengkapnya silahkan unduh Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Dirjen GTK kemdikbudristek dilink berikut ini :


Modul Calon guru penggerak lainnya :


Demikian Modul 1.3 Visi Guru Penggerak
Semoga Sukses
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Modul 1.3 Visi Guru Penggerak"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.