Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak

Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak | Pendidikan Guru Penggerak (PGP) adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.
Sebagai pemimpin dalam pembelajaran guru penggerak berperan dalam mendorong tumbuh kembangnya peserta didik secara holistik. kemudian aktif dan proaktif dalam mengembangkan, mendorong serta menjadi teladan bagi pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.  Perjalanan untuk menjadi guru penggerak di PGP ini diawali dengan tahap seleksi, serta mengikuti rangkain PGP. Peserta Guru dan kepala sekolah baik TK, SD,SMP dan SMA , yang lulus seleksi akan menjadi peserta pelatihan selama 9 bulan yang dibekali modul pendidikan guru penggerak sehingga bisa menjadi guru dan kepala sekolah penggerak . Setelah melalui Pendidikan Guru penggerak selama 9 Bulan diharapkan dihasilkan Guru Penggerak yang memiliki kompetensi : GP Memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran. GP melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid. GP secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya. Selain peserta dalam program ini masing-masing calon guru penggerak (CGP) didampingi para Pendamping/Pengajar Praktik  yang akan memberikan pendampingan kepada peserta pelatihan baik saat pelatihan maupun pasca pelatihan, berbagi praktik baik, memberikan umpan balik, memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut untuk peserta.

Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak

Sebagai pemimpin dalam pembelajaran guru penggerak berperan dalam mendorong tumbuh kembangnya peserta didik secara holistik. kemudian aktif dan proaktif dalam mengembangkan, mendorong serta menjadi teladan bagi pendidik lainnya dalam mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Perjalanan untuk menjadi guru penggerak di PGP ini diawali dengan tahap seleksi, serta mengikuti rangkain PGP. Peserta Guru dan kepala sekolah baik TK, SD,SMP dan SMA , yang lulus seleksi akan menjadi peserta pelatihan selama 9 bulan yang dibekali modul pendidikan guru penggerak sehingga bisa menjadi guru dan kepala sekolah penggerak .

Setelah melalui Pendidikan Guru penggerak selama 9 Bulan diharapkan Guru Penggerak memiliki kompetensi :
  1. GP Memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
  2. GP melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangan diri demi mendukung pembelajaran murid.
  3. GP secara aktif menetapkan tujuan, membuat rencana, dan menentukan cara untuk mencapainya dalam meningkatkan kompetensi dan kematangan dirinya.
Selain peserta dalam program ini masing-masing calon guru penggerak (CGP) didampingi para Pendamping/Pengajar Praktik  yang akan memberikan pendampingan kepada peserta pelatihan baik saat pelatihan maupun pasca pelatihan, berbagi praktik baik, memberikan umpan balik, memfasilitasi proses refleksi dan rencana tindak lanjut untuk peserta.

Kemudian seorang Fasilitator yang akan mencatat perkembangan peserta selama pelatihan dan pendampingan, mengumpulkan tugas dan memberi umpan balik kepada peserta, memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya, memberikan umpan balik  kepada instruktur untuk perbaikan sesi serta membangun refleksi kepada peserta.

Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak

Berikut ini modul-modul Program Guru Penggerak yang dapat sobat Unduh :


 No Modul PGP  Download 
1 Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional KHD Download
2 Modul 1.2 Nilai-Nilai dan Peran guru Penggerak Download
3Modul 1.3 Visi Guru Penggerak Download
4 Modul 1.4 Budaya Positif Guru Penggerak Download
5 Modul 2.1 pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan
belajar Murid
Download
6 Modul 2.2. Pembelajaran Sosial dan Emosional Download
7 Modul 2.3 Coaching untuk Supervisi Akademik Download
8 Modul 3.1 Pengambilan Keputusan Berbasis Nilai Nilai 
Kebajikan Sebagai pemimpin
Download
9 Modul 3.2 Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya Download
10 Modul 3.2 Pengelolaan Program yang berdampak
positif pada murid
Download
11 Perangkat CGP ketika Pelaksanaan Coaching Download
12 Model Jurnal Refleksi Dwimingguan CGP Download

Demikian Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak yang bisa anda unduh, 
Semoga Bermanfaat
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Kumpulan Modul Pendidikan Guru Penggerak"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.