Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis SWOT Bidang Kurikulum di Satuan Pendidikan

Analisis SWOT Bidang Kurikulum di Satuan Pendidikan merupakan  perencanaan strategis bidang kurikulum disatuan pendidikan dengan menganalisa kekuatan dan kelemahan dari faktor internal  berupa kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal berupa peluang serta kemungkinan ancaman yang akan dihadapi bidang garapan kurikulum satuan pendidikan.

    Pengertian Analisis SWOT

    Analisis SWOT Bidang Kurikulum di Satuan Pendidikan merupakan  perencanaan strategis bidang kurikulum disatuan pendidikan dengan menganalisa kekuatan dan kelemahan dari faktor internal  berupa kekuatan dan kelemahan dan faktor eksternal berupa peluang serta kemungkinan ancaman yang akan dihadapi bidang garapan kurikulum satuan pendidikan.Analisis SWOT adalah analisa dan perencanaan strategis yang didasarkan pada  faktor luar dan faktor dalam. SWOT terdiri dari  Strength  yaitu apa potensi dan kekuatan internal yang dimiliki, weakness adalah kelemahan yang dimiliki internal, Opportunities  merupakan faktor luar yang menjadi peluang dan Threats  adalah ancaman luar yang bisa merusak dan menggagalkan.

    Analisis SWOT adalah analisa dan perencanaan strategis yang didasarkan pada  faktor luar dan faktor dalam. SWOT terdiri dari  Strength  yaitu apa potensi dan kekuatan internal yang dimiliki, weakness adalah kelemahan yang dimiliki internal, Opportunities  merupakan faktor luar yang menjadi peluang dan Threats  adalah ancaman luar yang bisa merusak dan menggagalkan.

    SWOT membandingkan dan menganalisa antara kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Kekuatan dan kelemahan ditinjau untuk mengetahui peluang dan ancaman pada saat ini dan masa depan. 

    Semakin jelas pengetahuan akan strength dan weakness, semakin kecil opportunities yang tidak tercapai. Peluang yang baik dapat digunakan untuk melawan ancaman, selain itu kelemahan dapat diatasi melalui kekuatan yang dimiliki (Gürel & Tat, 2017) 

    Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran 

    Komponen yang menjadi garapan dan tugas kurikulum diantaranya : 
    1. Penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan  (KOSP) atau Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). 
    2. Penyusunan  Kalender Pendidikan Satuan Pendidikan 
    3. Penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan program Pembelajaran dengan mengacu kepada : penjaminan mutu kegiatan pembelajaran, didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaannya, serta Standar Proses dan Standar Penilaian. 
    4. Penyusunan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan program Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik yang berkeadilan, bertanggung jawab dan berkesinambungan, Standar Penilaian Pendidikan, program pembelajaran remedial, klarifikasi capaian ketuntasan yang direncanakan, laporan kepada pihak yang memerlukan, pertimbangan kenaikan kelas atau kelulusan, dan dokumentasi. 
    5. Penyusunan dan Penetapan peraturan – peraturan terkait kurikulum.

    Komponen SWOT  Kurikulum

    Komponen analisis swot Kurikulum terdiri dari :

    1. Strength atau kekuatan | strength adalah sumber daya (resources) dari 8 SNP (Standar Nasional Pendidikan ) dan peserta didik yang menjadi kekuatan dan penentu keunggulan satuan pendidikan.
    2. Weakness atau kelemahan | keterbatasan sumber daya dari 8 SNP disatuan pendidikan  dalam kemampuan, serta kapabilitas yang secara langsung menurunkan tingkat kinerja dan layanan satuan pendidikan bidang kurikulum. Kelemahan tersebut berupa fasilitas yang tidak baik, sumber daya pendidik dan nondik serta peserta didik yang kurang memadai, kemampuan dalam manajemen serta skil profesionalisme pendidik dan nondik.
    3. Opportunities atau peluang  | Suatu kondisi yang menguntungkan bidang kurikulum (satuan pendidikan). seperti meningkatnya teknologi, lingkungan di luar satuan pendidikan,  semakin baiknya hubungan satuan pendidikan dengan masyarakat seperti orang tua/wali, Dinas dan instansi lainnya baik pendidikan maupun dunia kerja dan dunia industri menjadi salah satu opportunities bagi satuan pendidikan 
    4. Threats atau ancaman  | Suatu kondisi yang tidak baik atau tidak memberi keuntungan untuk kurikulum/satuan pendidikan atau bahkan bisa merusak tercapainya tujuan pendidikan satuan pendidikan maupun tujuan pendidikan nasional, misalnya Pandemi / bencana dan lain sebagainya.

    Tujuan SWOT Bidang Kurikulum 

    Secara umum (Ferrel & Harline, 2005) menyebutkan bahwa kegunaan analisia SWOT adalah untuk mendapatkan informasi melalui analisis kondisi internal (keuatan dan kelemahan) dan kondisi eksternal (peluang dan ancaman) suatu perusahaan/satuan pendidikan. 

    Analisis tersebut memmberikan data dan informasi yang dapat dibaca dalam membantu satuan pendidikan khususya bidang kurikulum dalam mencapai tujuan satuan pendidikan dan tujuan pendidikan nasional dan memberi citra dan gambaran permasalahan yang akan dilalui, atau dihindari demi meraih apa yang menjadi tujuan satuan pendidikan. 

    Tabel Analisis SWOT dan Contoh Hasil Analisis SWOT bidang kurikulum 

    Tabel dan hasil analisi SWOT bidang kurikulum disatuan pendidikan yang diambil dari Panduan Kerja Kepala Sekolah Kemdikbud Dirjen GTK Pendidikan Dasar dan Menengah 2017, ditunjukkan pada tabel berikut ini:


    Atau anda bisa unduh pada download bar Tabel SWOT dan hasil Analisa SWOT bidang Kurikulum disatuan Pendidikan berikut ini :


    Analisis SWOT Satuan Pendidikan bidang lainnya :
    Demikian Analisis SWOT bidang Kurikulum di satuan pendidikan , semoga bermanfaat untuk para pimpinan sekolah seperti kepala Sekolah, para wakasek, tim pengembang kurikulum di satuan pendidikan dan pendidik pada umumnya.
    Wassalam

    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    1 komentar untuk "Analisis SWOT Bidang Kurikulum di Satuan Pendidikan"

    Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.