Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah | Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria minimal sarana dan prasarana yang harus tersedia pada satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai permendikbud no 22 tahun 2023. 

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah

Analisis SWOT Sarana prasarana sekolah artinya analisis tentang kekuatan dan kelemahan serta potensi yang masih bisa dikembangkan dari sarana dan prasarana yang dimiliki dan dikuasai oleh sekolah.

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah | Standar Sarana dan Prasarana adalah kriteria minimal sarana dan prasarana yang harus tersedia pada satuan pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan sesuai permendikbud no 22 tahun 2023.  Analisis SWOT Sarana prasarana sekolah artinya analisis tentang kekuatan dan kelemahan serta potensi yang masih bisa dikembangkan dari sarana dan prasarana yang dimiliki dan dikuasai oleh sekolah.

6 langkah sederhana dalam Analisis SWOT Sarana dan Prasarana sekolah :

  1. Tetapkan Tujuan Anda (Goal) : Lakukan analisis SWOT dengan tujuan tertentu. Gunakan rumus ini untuk menghasilkan sasaran analisis sarana prasarana sekolah anda: sekolah  saya membutuhkan apa kemudian kita dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan melakukan apa ?
  2. Menilai Kekuatan (Strengths) : Diskusikan dengan tim sarana prasana disekolah,  apa yang dapat anda  lakukan dengan baik, apa yang disukai dan dibutuhkan peserta didik dan para pendidik serta masyarakat disekitar sekolah, dan bagaimana sapras sekolah anda bisa berperan penting dalam menghasilkan lulusan yang terbaik.
  3. Temukan Kelemahan (weaknesses) : Diskusikan apa yang dapat Anda dan tim sapras tingkatkan, apa yang dikeluhkan peserta didik dan para pendidik, dan bagaimana sapras sekolah lain melebihi sekolah anda.
  4. Pertimbangkan Peluang (Opportunities) : Temukan faktor eksternal yang dapat anda gunakan untuk keuntungan Anda dalam memenuhi kebutuhan yang ditetepkan serta mempercepat pertumbuhan Sapras disekolah anda.
  5. Identifikasi Ancaman (Treats) : Temukan faktor eksternal yang dapat merugikan dan menghentikan  atau menghalangi tujuan Anda.
  6. Persempit Daftar Anda : Identifikasi poin/target terpenting dengan matriks upaya dampak..

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah

Analisis SWOT sarana dan prasarana sekolah, Sapras yang dianalisis meliputi :

  1. Sarana yang terdiri dari :
    • bahan pembelajaran
    • alat pembelajaran
    • perlengkapan
  2. Prasarana, meliputi :
    • lahan
    • bangunan dan
    • ruang

Rincian sarana, prasarana, lebih spesifik lagi dapat anda temui di Permendikbud No 22 tahun 2023.

Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah

Berikut ini contoh analisis SWOT sarana dan prasarana sekolah diambil dari sumber panduan kerja kepala sekolah kemendikbud  tahun 2017:

Atau analisis SWOT sarana dan prasarana sekolah diatas ,bisa anda unduh dibawah ini :


Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah

Sedangkan Analisis SWOT Satuan Pendidikan bidang lainnya pada link dibawah ini :
Demikian Analisis SWOT sarana dan prasarana sekolah , semoga bermanfaat untuk para pimpinan sekolah seperti kepala Sekolah, para wakasek, tim pengembang kurikulum di satuan pendidikan dan pendidik pada umumnya.
Wassalam

ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

2 komentar untuk "Analisis SWOT Sarana dan Prasarana Sekolah"

Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.