Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup"

Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9. Apotik Hidup bisa ditanam baik di lahan yang sempit maupun lahan yang luas, termasuk di lingkungan sekolah sehingga lahan yang semula terbengkalai bisa memberikan manfaat bagi sekolah dan peserta didik. 

Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9. Apotik Hidup bisa ditanam baik di lahan yang sempit maupun lahan yang luas, termasuk di lingkungan sekolah sehingga lahan yang semula terbengkalai bisa memberikan manfaat bagi sekolah dan peserta didik.

Tujuan Modul 

Tujuan Modul P5 Fase D SMP kelas 7-8-9 topik Asiknya Berkebun Apotik Hidup, dengan tema Gaya Hidup berjelanjutan ini bertujuan  untuk mengembangkan kompetensi dan karakter pelajar Pancasila serta sebagai sarana untuk mengajak siswa juga mengenali potensi lokal dan melestarikan lingkungan.

Target 

Modul P5 ini diharapkan dapat mencapai dua dimensi Profil PelajarPancasila, yaitu:

  • Dimensi Beriman, BertaqwaKepadaTuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia
  • Bergotong-royong

Relevansi Proyek dengan Topik Bagi Sekolah

Memiliki lahan yang memadai untuk menanam tanaman cabai di lingkungan sekolah sehingga lahan yang semula terbengkalai bisa memberikan manfaat bagi sekolah dan peserta didik. 

Sekolah yang mempunyai lahan yang luas tersebut bisa dimanfaatkan untuk menanam cabai yang bisa mendidiksiswa untuk memanfaatkan lahan yang kosong lahan yang terbentang luas menjadikan struktur tanah yang sesuai untuk bercocok tanam. 

Lokasi sekolah yang mempunyai banyak lahan kosong dan luas kondisi seperti ini sebagai salah satu langkah penghijauan dan bisa menambah nilai ekonomis dari hasil panen cabai tersebut 

Merangsang dan menumbuhkan generasi pelanjut dalam sektor pertanian  khususnya menanam Apotik Hidup.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila

Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk siswa SMP kelas 7-8-9 ini menumbuhkan dan membangun dimensi Profil Pelajar Pancasila diantaranya :

  • Dimensi 1 ; Beriman , Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, dengan elemen ahklak terhadap alam sub elemen menjaga lingkungan alam sekitar dan memahami keterhubungan ekosistem bumi, dengan target di akhir fase D adalah
    1. Mewujudkan rasa syukur untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam dengan mengajukan alternatif solusi dan
    2. Memahami konsep sebab akibat diantara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik dan buruk
  • Dimensi 2 : bergotong royong dengan elemen kolaborasi dan sub elemen kerjasama dan komunikasi untuk mencapai tujuan bersama dengan target akhir di fase D adalah :
    1. Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok dilingkungan sekitar
    2. Memahami informasi, gagasan, emosi, keterampilan dan keprihatinan yang diungkapkan oleh orang lain menggunakan berbagai simbol dan media secara efektif
  • Dimensi 3 : Kesadaran akan diri dan situasi yang dihadapi, dengan sub elemen mengamati kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapi dan mengembangkan refleksi diri dengan target akhir di fase D adalah :
    1. Membuat penilaian yang realistis terhadap kemampuan dan minat serta prioritas pengembangan diri berdasarkan pengalaman belajar dan aktivitas lain yang dilakukannya
    2. Memonitor kemajuan belajar yang dicapai serta memprediksi tantangan pribadi dan akademik yyang akan muncul berlandaskan pada pengalamannya untuk mempertimbangkan strategi belajar yang sesuai

Tahapan Asiknya Berkebun Apotik Hidup

Tahapan Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9 ini terdiri dari :
  1. Tahap pengenalan ; Mengenalkan peserta  didik terhadap keberagaman tumbuhan dan manfaatnyabagi manusia
  2. Tahap Kontekstualisasi : Mengkomunikasikan hal-hal yang dapat membantu dalam penyelesaian proyek
  3. Tahap Aksi :  Bersama-sama  mewujudkan pelajaranyang merekadapat melaluiaksi nyata atau Mempraktekkannya 
  4. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut :  Menggenapi proses  dengan penguatan dari guru, berbagi praktekbaik dalam merawat tanaman, evaluasi dan refleksi. Menyusun langkah strategis

Aktifitas Projek Asiknya Berkebun Apotik Hidup

  1. Aktifitas 1 : Sosialisasi Projek (3 JP)
  2. Aktifitas 2 : Assesmen Diagnostik (3JP)
  3. Aktifitas 3 : Pengenalan ( 8 JP)
    1. Pengertian Lingkungan : Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaansumber daya alam (seperti tanah,air, sinar matahari, mineral), serta flora dan juga faunayang tumbuh di atas tanah maupun yang merupakan ciptaan TuhanYangMaha Esa yang meliputi juga ciptaan manusia.
    2. Jenis-jenis Lingkungan :
      1. Lingkungan Alam : Lingkungan alam merupakan lingkungan yang diciptakan olehTuhan.Contoh dari lingkunganalam antara lainseperti bukit, rawa, laut atau pantai (dan lainsebagainya. 
      2. Lingkungan Buatan : Lingkungan buatan merupakan lingkunganyang terbentuk karenaadanya tindakanmanusia untuk digunakan masyarakat banyak. Contohdari lingkungan buatan antara lain taman bunga,kebun buah/sayur, waduk, bendungan, dan lain sebagainya
  4. Aktifitas 4 : Asesmen Formatif 1
  5. Aktifitas 5 : Pengenalan (8 JP)
  6. Aktifitas 6 : Assesmen Formatif 2 ( 3JP)
  7. Aktifitas 7 : Pengenalan (5 JP)
    1. Tatacara menanam apotik hidup dalam polybag
    2. Teknik budidaya apotik hidup dalam polybag
    3. Penyemaian benih
    4. Penyiapan media tanam
    5. Penyiapan Polibag pembesaran
    6. Pemindahan Bibit
    7. pemeliharaan Tanaman
    8. Media Tanam
  8. Aktifitas 8 : Tahap Aksi Nyata ( 80 JP)
  9. Aktifitas 9 : Assesmen Formatif 3 (3JP)
  10. Aktifitas 10 : Tahap Aksi Nyata ( 5 JP)
  11. Aktifitas 11 : Tahap evaluasi dan Refleksi ( 3 JP)
  12. Aktifitas 12 : Assesmen Sumatif ( 3 JP)
  13. Aktifitas 13 : Penyusunan Portofolio ( 5 JP)
  14. Aktifitas 14 : perayaan Hasil belajar ( 5 JP)

    Lembar Refleksi

    Lembar refleksi setelah peserta didik menyelesaikan rangkain aktifitas Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9 adalah :
    1. Sekarang aku jadi tahu tentang apa ?
    2. Dari proyek ini aku paling suka pada bagian apa ?
    3. Sekarang aku jadi bisa melakukan apa ?
    4. pengalaman baru apa yang aku dapatkan ?

    Download Modul P5 Fase D Asiknya Berkebun Apotik Hidup

    Penasaran dengan modul P5 fase D ini , berikut ini selengkapnya Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9, yang disusun oleh Tim SMP Negeri 2 Pulau Burung  dan telah dikurasi oleh Kemdikudristek yang dapat diakses melalui app merdeka mengajar.

    Menurut admin GS Modul P5 Fase D Asiknya Berkebun Apotik Hidup ini layak untuk di Amati dan dianalisis, kemudian ditiru dan tentunya di modifikasi sesuai situasi satuan pendidikan dan peserta didiknya masing-masing.


    Atau silahkan Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9 dapat anda unduh pada tombol download dibawah ini :


    Modul P5 Fase D Tema lainnya yang bisa anda download 

    Demikian Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" dengan tema Gaya Hidup berkelanjutan untuk jenjang SMP kelas 7-8-9, semoga bermanfaat.

    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    1 komentar untuk "Modul P5 Fase D "Asiknya Berkebun Apotik Hidup" "

    Jangan lupa tinggalkan komentar sebagai alat silaturahmi dan jika bermanfaat bisa saudara share, komentar yang memasukan link judi dan hal lainnya yang tidak sesuai norma, akan langsung saya hapus. Terimakasih, Sukses Selalu

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.