Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Permendikbudristek No 12 Tahun 2024 | Implementasi Kurikulum Merdeka

Permendikbudristek No 12 Tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan diterapkan secara bertahap berdasarkan pilihan dan kesiapan satuan pendidikan di TA 2024/2025, TA 2025/2026, TA 2026/2027. Satuan pendidikan yang tahun sebelumnya belum terdaftar sebagai sekolah IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) diharuskan mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui PMM sampai dengan 28 April 2024.

Sejak diluncurkan pada tahun 2022 hingga saat ini telah lebih dari tiga ratus ribu satuan pendidikan menerapkan Kurikulum Merdeka secara sukarela.  JIka di lihat hasil Rapor Pendidikan tahun 2023 dari sekolah sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka terlihat peningkatan literasi, numerasi , karakter, inklusiitas dan kualitas pembelajaran . Dari data Asesmen Nasional tahun 2021-2023 menunjukkan trend dan dampak positif dari penerapan Kurikulum Merdeka.

Melihat dampak positif tersebut, pemerintah memberlakukan dan menetapkan Kurikulum Merdeka secara nasional dalam memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan. dengan diterbitkannya  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Permendikbudristek) No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Permendikbudristek No 12 Tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang akan terapkan secara bertahap berdasarkan pilihan dan kesiapan satuan pendidikan di TA 2024/2025, TA 2025/2026, TA 2026/2027,dimana satuan pendidikan mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka melalui PMM.  Sejak diluncurkan pada tahun 2022 hingga saat ini telah lebih dari tiga ratus ribu satuan pendidikan menerapkan Kurikulum Merdeka secara sukarela.  JIka di lihat hasil Rapor Pendidikan tahun 2023 dari sekolah sekolah yang menerapkan kurikulum merdeka terlihat peningkatan literasi, numerasi , karakter, inklusiitas dan kualitas pembelajaran . Dari data Asesmen Nasional tahun 2021-2023 menunjukkan trend dan dampak positif dari penerapan Kurikulum Merdeka.  Melihat dampak positif tersebut, pemerintah memberlakukan dan menetapkan Kurikulum Merdeka secara nasional dalam memberikan kepastian arah kebijakan pendidikan. dengan diterbitkannya  Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi ( Permendikbudristek) No 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah

Payung Hukum bagi Impelementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Mengutip Kanal Youtube Kemdikbud  RI (27/3), Nadiem Anwar Makarim dalam acara peluncuran Kuikulum Merdeka secara nasional mengatakan “Semoga Permendikbudristek ini memberi kepastian arah kebijakan tentang kurikulum dan pembelajaran bagi seluruh masyarakat, khususnya para pendidik, kepala satuan pendidikan, dan dinas pendidikan”, tutur Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek).

Hadirnya Permendikbudristek No 12 tahun 2024 ini sebagai legalitas dan penekanan dimana implementasi Kurikulum Merdeka sebenarnya sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar pendidik dan satuan pendidikan di Indonesia. 

Sejak kurikulum merdeka ini dikembangkan tahun 2020, kemudian diberlakukan dan dievaluasi secara bertahap sejak 2021. Saat ini sudah lebih dari tigaratus ribu satuan pendidikan di seluruh Indonesia yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Isi lengkap dan Download Permendikbudristek No 12 tahun 2024 

Isi selengkapnya permendikbudristek No 12 tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.yang terdiri dari 5 Bab  :

  • Bab I    Ketentuan Umum
  • Bab II   Cakupan Kurikulum Merdeka
  • Bab III  Implementasi Kurikulum Merdeka
  • Bab IV Ketentuan peralihan
  • Bab V Ketentuan Penutup
Silahkan anda scrolling dan download Permendikbudristek No 12 tahun 2024 :


Untuk download Permendikbudristek No 12 Tahunu 2024 dapat anda klik tombol biru berikut :


Demikian isi lengkap dan download Permendikbudristek No 12 tahun 2024 tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, 
Semoga bermanfaat



ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Permendikbudristek No 12 Tahun 2024 | Implementasi Kurikulum Merdeka"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.