Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengisi Refleksi Tindak Lanjut Observasi di PMM

Mengisi Refleksi Tindak Lanjut Observasi di PMM | Pasca Observasi pembelajaran dan mengisi dokumen format Observasi Pembelajaran berupa catatan dan rekomendasis dari atasan , tahapan selanjutnya guru mengisi dokumen tindak lanjut ( Format C).

Pada dokumen tindak lanjut (form C) ini guru diminta menjawab beberapa pertanyaan di PMM sebagaimana berikut ini :
  1. Apa tantangan yang anda hadapi, untuk melakukan praktik kinerja yang direncanakan selama observasi kelas ? tantangan yang dihadapi dijawab dengan refleksi guru
  2. Apa tujuan tindak lanjut yang ingin anda lakukan untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran anda ?
  3. Apa upaya-upaya yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan tindak lanjut tersebut?
  4. Kapan Anda akan melakukan aksi tindak lanjut?
  5. Apa dukungan yang Anda butuhkan untuk melakukan upaya tindak lanjut?

Contoh dan Jawaban Pertanyaan di PMM

1. Apa tantangan yang  Anda hadapi untuk melakukan praktik kinerja yang direncanakan selama observasi kelas?

Jawaban pertanyaan ini berupa Refleksi guru, dengan panduan pengisian refleksi  sebagai  berikut :
  • Tantangan bisa berupa salah satu berikut ini :
    • Kesulitan yang anda hadapi 
    • Aspek praktik yang ingin anda tingkatkan efektifitasnya
    • Perubahan praktik agar lebih berdampak pada pembelajaran
  • kemudian jelaskan aspek tantangan tersebut setidaknya  berisi :
    • perilaku atau kejadian yang menggambarkan tantangan
    • faktor yang menyebabkan tantangan tersebut
    • dampak dari tantangan tersebut pada pembelajaran
Mengisi Refleksi Tindak Lanjut Observasi di PMM| Pasca Observasi pembelajaran setelah mengisi dokumen format Observasi Pembelajaran berupa catatan dan rekomendasis dari atasan , tahapan selanjutnya guru mengisi dokumen tindak lanjut ( Format C).  Pada dokumen tindak lanjut (form C) ini guru diminta menjawab beberapa pertanyaan di PMM sebagaimana berikut ini : Apa tantangan yang anda hadapi, untuk melakukan praktik kinerja yang direncanakan selama observasi kelas ? tantangan yang dihadapi dijawab dengan refleksi guru Apa tujuan tindak lanjut yang ingin anda lakukan untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran anda ? Apa upaya-upaya yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan tindak lanjut tersebut? Kapan Anda akan melakukan aksi tindak lanjut? Apa dukungan yang Anda butuhkan untuk melakukan upaya tindak lanjut?


Contoh Jawaban Refleksi untuk 8 Indikator fokus perilaku sesuai Rapor Pendidikan

  1. Aktivitas Interaktif | Peserta didik masih belum optimal menjalankan perannya dalam kelompok. Hal ini terlihat dari beberapa anggota kelompok yang masih belum memiliki peran dalam kelompoknya. Berdasarkan hal tersebut saya akan meningkatkan kinerja terkait efektivitas pembagian peran murid dalam kelompok. Hal terjadi karena peran yang saya tugaskan tidak sesuai dengan keinginan mereka. pada pertemuan berikutnya, saya akan menerapkan kesepakatan kelas salah satunya peran murid dalam kelompok. dengan tujuan tiap peserta didik dapat menjalankan peran sesuai minatnya. 
  2. Penerapan Disiplin Positif | Dalam kegiatan refleksi ada beberapa peserta didik terlihat kurang aktif memberikan respon umpan balik, ada beberapa anak yang terlihat acuh tak acuh bahkan sebagian malah bermain dengan temannya. Dampaknya kesepakatan kelas yang sudah disepakati tidak terlaksanana dengan baik. pada pertemuan berikutnya  saya akan lebih mendengarkan pendapat peserta didik dan  berdikusi sehingga terwujud dinamika kelas yang disepakati bersama.
  3. Keteraturan Suasana Kelas | Upaya komunikasi positif yang saya bangun belum bisa secara maksimal meningkatkan peran aktif peserta didik.  dibuktikan dengan masih adanya beberapa peserta didik yang belum partisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena kemampuan saya dalam mengelola manajemen kelas dalam menciptakan pembelajaran yang kondusif belum bisa maksimal. pada pertemuan berikutnya saya akan lebih memastikan supaya pembelajaran di kelas bisa terlaksana secara kondusif dengan mencairkan suasana sehingga terbangun rasa nyaman dalam belajar yang akhirnya potensi positif siswa bisa keluar secara maksimal.
  4. Perhatian & Kepedulian | Dalam diskusi penyampaian pendapat belum berjalan dengan aktif. Hanya beberapa anak saja yang mau terlibat aktif. Itupun anaknya tetap itu- itu saja. Hal ini disebabkan karena saya mengabaikan pendapat atau perasaan beberapa peserta didik saya. Saya masih memberikan penilaian negatif terhadap pendapat beberapa peserta didik yang saya nilai bandel di kelas. Kedepan saya akan lebih memberikan perhatian penuh ketika ada peserta didik yang berbicara agar bisa menumbuhkan kepercayaan diri untuk mengaktualisasi kompetensi mereka.
  5. Ekspektasi pada Peserta Didik | Dari 32 peserta didik yang ada di kelas, ada beberapa peserta didik yang belum bisa menceritakan cita-cita dan harapannya dimasa depan.  Peserta didik terlihat kebingungan bahkan ada juga yang menjawab "tidak tau". Hal ini disebabkan karena saya sering mengeoreksi kelemahan atau perilaku negatif peserta didik akibatnya potensi dan perilaku  positif peserta didik sering terbabaikan. Pada pertemuan berikutnya  saya akan lebih mengkomunikasikan harapan, potensi dan perilaku positif semua peserta didik sehingga perilaku dan potensi peserta didik tumbuh dan berkembang.
  6. Instruksi yang Adaptif | Beberapa peserta didik kurang responsif terhadap pembelajaran yang saya sampaikan,  meskipun mereka terlihat menyimak. Hal ini disebabkan karena saya kurang memperhatikan kesiapan belajar peserta didik, memulai pembelajaran langsung dengan menjelaskan materi tanpa melakukan apersepsi untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik. Pada pertemuan berikutnya  saya akan memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan untuk mengetahui pemahaman awal peserta didik, sehingga saya bisa melakukan penyesuaian pembelajaran berdasarkan kondisi dan respon peserta didik.
  7. Instruksi Pembelajaran | Saat pembelajaran berlangsung, anak kesulitan memahami konsep dikarenakan saya tidak menggunakan media pembelajaran yang interaktif sehingga pembelajarna menjadi kurang menarik.  Hal ini disebabkan karena tidak mendemontrasikan atau memvisualisasikan melalui media pembelajaran. Saya terlalu mendominasi kegiatan pembelajaran dengan ceramah. Pada pertemuan berikutnya akan memaksimalkan  penggunaan media pembelajaran yang interaktif dengan visualisasi materi yang menarik peserta didik.
  8. Umpan Balik Konstruktif | Saya merasa bahwa respon  peserta didik dalam belajar kurang semangat. Beberapa siswa tidak terlibat dalam proses belajar. Komunikasi belum dua arah.  Hal ini disebabkan karena dalam memberikan umpan balik kepada peserta didik, saya masih menggunakan kata-kata yang sulit dipahami oleh peserta didik. Pada pertemuan berikutnya  dalam memberikan umpan balik kepada peserta didik untuk refleksi dan perbaikan.  Saya akan menggunakan pertanyaan yang mudah dipahami peserta didik sehingga pertanyaan yang saya ajukan bisa memunculkan ide-ide perbaikan.

2. Apa tujuan tindak lanjut yang ingin anda lakukan untuk meningkatkan kualitas praktik pembelajaran anda ?

Tujuan tindak lanjut, yaitu membicarakan opsi-opsi program dengan rekan sejawat, wakasek, kepala sekolah, Pengurus MGMP, Dinas Pendidikan , dan lain-lain

3. Apa upaya-upaya yang ingin Anda lakukan untuk mencapai tujuan tindak lanjut tersebut?

  • Membicarakan langkah-langkah peningkatan kualitas praktik pembelajaran saya dengan atasan (Kepala Sekolah).
  • Mendiskusikan dengan teman sejawat terkait langkah-langkah meningkatkan kualitas praktik pembelajaran.
  • Melakukan praktik simulasi dengan rekan guru lainnya atau dengan guru penggerak di sekolah lain terkait restitusi.
  • Melihat praktik pembelajaran rekan sejawat yang berhasil dalam pengelolaan dinamika kelas dan menerapkan kesepakatan kelas.
  • Merekam pembelajaran sendiri dan melakukan refleksi dan meminta umpan balik rekan sejawat serta meminta umpan balik pembelajaran dari peserta didik.

4. Kapan Anda akan melakukan aksi tindak lanjut?

Aksi tindak lanjut  dilaksanakan pada rentang bulan Maret - Mei 2024 

5. Apa dukungan yang Anda butuhkan untuk melakukan upaya tindak lanjut?

Kebutuhan dukungan (apa/siapa) yang dibutuhkan, guru dapat memilih salah satu dari ke-6 dukungan yang telah disediakan. diantaranya :
  • Sumber daya untuk melakukan kegiatan belajar /praktik
  • penyediaan atau pembelian alat dukung pembelajaran
  • Penyediaan atau akses kesumber belajar, melalui satuan pendidikan
  • Ijin untuk mengikuti pelatihand iluar satuan pendidikan
  • memperoleh mentoring dari Kepala sekolah, Guru Penggerak, Guru atau pemateri eksternal atau manajemen
  • lainnya
Selain mengisi refleksi, pada tahap pengisian dokumen tindak lanjut, guru juga diminta memilih Pilihan Belajar dari Platform Merdeka Mengajar (PMM). 

Pada bagian ini, guru cukup memilih topik yang ingin dipelajari di PMM sesuai dengan fokus observasi yang ingin ditingkatkan. Pada pilihan belajar dari PMM, guru diminta mengisi periode tindak lanjut dan dukungan yang dibutuhkan untuk melakukan upaya tindak lanjut.
 
Catatan :

Pilih Minimal 1 Topik dan tidak wajib  mempelajari modul sampai AKSI NYATA 
Rekomendasi belajar di luar PMM bersifat opsional (boleh diisi/tidak)
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Mengisi Refleksi Tindak Lanjut Observasi di PMM"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.