Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Media Pembelajaran untuk STEM

Nara Sumber : Herni Yuniarti Suhendi,M.Pd, /Pend.Fisika UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pengertian : 

Media Pembelajaran adalah ; sarana komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga dapat merangsang perhatian dan minat siswa dalam belajar

Fungsi Media Pembelajaan

  • Menarik Perhatian Siswa ; 
  • Memperjelas Penyampaian Pesan; 
  • Mengatasi Keterbatasan Ruang, Waktu dan Biaya ; 
  • Menghindari Kesalahan Tafsir; 
  • Mengakomodasi Perbedaan Tipe Gaya Belajar Siswa; 
  • Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran Secara Efektif

Manfaat Media Pembelajaran :

  • Media pembelajaran dapat memperjelas penyampaian pesan dan informasi 
  • Media pembelajaran dapat meningkatkan motivasi siswa 
  • Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan obyek,ruang dan waktu . 
  • Media pembelajaran dapat memberikan kesamaan pengalaman kepada siswa tentang peristiwa - peristiwa di lingkungan mereka

STEM

Definisi
Pendekatan interdisiplin pada pembelajaran, yang di dalamnya peserta didik menggunakan sains, teknologi, teknik, dan matematika dalam konteks nyata yang mengkoneksikan antara sekolah, dunia kerja, dan dunia global, sehingga mengembangkan literasi STEM yang memampukan peserta didik bersaing dalam era ekonomi baru (Tsupros, 2009)

4 Disiplin Ilmu STEM (NRC,2014)

  • Science : pengetahuan dari sains mampu menginfomrasikan proses desain Teknik
  • Technology : teknologi merupakan produk dari sains dan Teknik, alat dan bahan teknologi yang digunakan dikedua bidang tersebut
  • Engineering : Pengetahuan tentang desain penciptaan suatu prduk dan proses pemecahan masalah
  • Mathematic : Studi tentang pola, hubungan antar kuantitas, angka dan ruang. Matematika digunakan bididan sains, Teknik dan teknologi

STEM dan SKILL abad 21


Pembelajaran STEM menuntut peserta didik untuk menjadi pembelajar yang aktif yang mempelajari konsep-konsep penting melalui proyek-proyek kreatif dan inovatif. 
Keterlibatan mereka dalam proses pemecahkan masalah membangun budaya berinkuiri, bertanya dan menjawab pertanyaan menjadi pusat dalam proses pembelajaran. 
Sebagai problem-solver, peserta didik menggunakan HOTS ketika menerapkan pengetahuan dengan cara-cara yang inovatif.

4C STEM :

  1. Melakukan investigasi dengan menganalisis dan memilih/menggunakan informasi yang valid
  2. Membuat solusi yang inovatif untuk menyelesaikan masalah seharihari (real-world)
  3. Bekerjasama menentukan solusi, membuat proyek, mengatur waktu dengan efektif
  4. Mengkomunikasikan ide-ide /solusi untuk menyelesaikan masalah

Media pembelajaran STEM

  • Penggunaan media harus mengintegrasikan (Science, Technology, Engineering, and Mathematics), media mampu memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi, mengamati dan menjelaskan apa yang telah diamatinya. ▪ 
  • Media harus mampu memberikan pengalaman kepada peserta didik melalui tahap Engineering agar peserta didik mampu memahami kebermaknaanya, sehingga media dirancang untuk dapat dioperasikan oleh peserta didik baik secara manual maupun virtual

Contoh Media yang bisa digunakan 

Contoh Media Manual STEM 



2. Kithub
        https://www.youtube.com/c/KithubCc
        https://kithub.cc/



Simak video pemaparannya :


PPT pemaparan narasumber disini
ADH
ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Media Pembelajaran untuk STEM"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.