Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan

Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan | Ciri mahluk hidup dalam melestarikan dirinya adalah dengan berkembangbiak. Perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae (tumbuhan biji tertutup) terbagi dua cara yaitu :

  1. Perkembangbiakan Vegetatif (aseksual) ; yaitu perkembangbiakan tumbuhan menggunakan bagian dari tumbuhan yang dapat menghasilkan individu baru tanpa terjadinya fertilisasi (aseksual), hal ini terjadi karena tumbuhan memiliki sel-sel meristematik (sel Meristem) yang berkembang menjadi berbagai sel penyusun jaringan dan organ tumbuhan.
  2. Perkembangbiakan Generatif (seksual) ; yaitu perkembangbiakan tumbuhan karena terjadinya fertilisasi yaitu peleburan /bersatunya sel sperma (benangsari) dengan sel telur (putik), sehingga terbentuk embrio yang tersimpan dalam biji, kemudian biji tumbuh serta berkembang menjadi individu baru.

1. Perkembangbiakan Vegetatif pada Tumbuhan

1. Perkembangbiakan Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan tanpa campur tangan manusia, dimana alat perkembangbiakannya tumbuh secara alami dengan sendirinya dari tumbuhan  melalui tunas, stolon (geragi), umbi, spora dan akar rhizoma

Perkembangbiakan vegetatif alami adalah perkembangbiakan tanpa campur tangan manusia, diaman alat perkembangbiakannya tumbuh secara alami dengan sendirinya dari tumbuhan  melalui tunas, stolon (geragi), umbi, spora dan akar rhizoma

A. Tunas

Contoh perkembangbiakan dengan tunas adalah cocorbebek, dimana pada tepi dan ujung daun cocorbebek yang telah dewasa dan tua terdapat tunas, tunas terlihat berakar, tinggal dipisahkan dari induknya dan ditanam dia akan tumbuh menjadi tanaman baru. tunas ini disebut tunas adventif, selain itu tanaman Pisang, Cemara, bambu, sukun dan tebu.

Contoh perkembangbiakan dengan tunas adalah cocorbebek, dimana pada tepi dan ujung daun cocorbebek yang telah dewasa dan tua terdapat tunas, tunas terlihat berakar, tinggal dipisahkan dari induknya dan ditanam dia akan tumbuh menjadi tanaman baru. tunas ini disebut tunas adventif, selain itu tanaman Pisang, Cemara, bambu, sukun dan tebu.

B. Umbi

Jika tanaman yang berkembangbiak dengan umbi ditanam, dari umbinya akan keluar akar dan tunas sehingga tumbuh tanaman baru, umbi yang ditanam akan menjadi sumber makanan bagi pertumbuhannya sendiri sebelum dia mampu mengisap makanannya sendiri dari dalam tanah.

Umbi terdiri dari 3 jenis yaitu :
  1. Umbi Lapis | contohnya adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bunga bakung, bunga tulip dll, umbi adalah bagian tanaman yang membesar dalam tanah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, disebut umbi lapis karena umbinya berlapis-lapis dan tumbuh tunas ditengahnya. Pada umbi lapis tunas tumbuh diantara daun dan cakram.
    Umbi Lapis | contohnyaq adalah bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bunga bakung, bunga tulip dll, umbi adalah bagian tanaman yang membesar dalam tanah sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan, disebut umbi lapis karena umbinya berlapis-lapis dan tumbuh tunas ditengahnya. Pada imbi lapis tunas tumbuh diantara daun dan cakram.

  2. Umbi Batang | contohnya adalah Kentang, ubi jalar, disebut umbi batang karena umbi atau cadangan makanannya berasal dari batang yang membesar dan menjadi tempat menyimpan cadangan makanan, kentang dan ubi disebut batang karena pada umbinya keluar tunas, berbuku, hal ini merupakan salah satu sifat dari batang.
    Umbi Batang | contohnya adalah Kentang, ubi jalar, disebut umbi batang karena umbi atau cadangan makanannya berasal dari batang yang membesar dan menjadi tempat menyimpan cadangan makakanan, kentang dan ubi disebut batang karena pada umbinya keluar tunas, berbuku, hal ini merupakan salah satu sifat dari batang.

  3. Umbi akar contohnya wortel, bunga dahlia, singkong/ketela pohon, disebut umbi akar karena pada akarnya membesar menjadi tempat menyimpan cadangan makanan ciri-ciri umbi akar adalah:
    • tidak berbuku-buku
    • tidak mempunyai kuncup dan daun
    • tidak mempunyai mata tunas
      Umbi akar| contohnya wortel, bunga dahlia, singkong/ketela pohon, disebut umbi akar karena pada akarnya membesar menjadi tempat menyimpan cadangan makanan ciri-ciri umbi akar karena : tidak berbuku-buku tidak mempunyai kuncup dan daun tidak mempunya mata tunas

C. Stolon (Geragih)

Geragih /stolon adalah batang yang menjalar di permukaan tanah, karena merupakan batang terlihat stolon beruas-ruas,disetiap ruasnya yang menempel ke tanah akan muncul akar dan tunas baru, sehingga tumbuh dan tidak tergantung pada induknya.

Geragih /stolon adalah batang yan gmenjalar di permukaan tanah, karena merupakan batang terlihat stolon beruas-ruas,disetiap ruasnya yang menempel ke tanah akan muncul akat dan tunas baru, sehingga tumbuh dan tidak tergantung pada induknya.


Contoh tanaman yang berkembang biak dengan stolon adalah :
  • Stroberi
  • Pegagan
  • antanan
  • rumput teki
  • dll
    Geragih /stolon adalah batang yan gmenjalar di permukaan tanah, karena merupakan batang terlihat stolon beruas-ruas,disetiap ruasnya yang menempel ke tanah akan muncul akat dan tunas baru, sehingga tumbuh dan tidak tergantung pada induknya.

D. Spora

Spora terdapat pada tumbuhan paku, lumut dan jenis tanaman paku-pakuan yang sering dijadikan tanaman hias seperti Suplir.

Jika kita amati dibagian bawah daunnya terdapat titik-titik coklat kehitaman itulah yang disebut spora.

Spora berfungsi  sebagai alat perkembangbiakan, jika spora terbang keudara dan jatuh ketanah akan tumbuh menjadi tanaman baru

E. Rhizoma

Rhizoma atau disebut juga akar tinggal adalah batang yang menjalar di dalam tanah, nama lainnya sering juga disebut akar rimpang atau akar tongkat.

Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan Rhizoma  lenkuas, jahe, alang-alang., kunyit, temulawak, cikur, Ganyol dan lain-lain

Rhizoma atau disebut juga akar tinggal adalah batang yang menjalar di dalam tanah, nama lainnya sering juga disebut akar rimpang atau akar tongkat.  Contoh tanaman yang berkembangbiak dengan Rhizoma  lenkuas, jahe, alang-alang., kunyit, temulawak, cikur, Ganyol dan lain-lain
Ciri -ciri Rhizoma :
  • sekilas seperti akar padahal merupakan batang hal ini bisa dilihat dari sisik dan buku-bukunya serta pada ujungnya terdapat kuncup.
  • pada setiap buku terdapat daun yang berubah menjadi sisik
  • pada setiap ketiak sisik terdapat tunas
Silahkan lanjutkan ke bagian 2 tentang perkembangbiakan vegetatif buatan, selamat membaca.
Salam Sukses
Sumber Rujukan :
  • Buku Pegangan siswa. Pembiakan tanaman. Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud
  • Agribisnis Pembibitan dan Kultur Jaringan, Direktorat pembinaan SMK Kemdikbud

Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Post a Comment for "Perkembangbiakan Vegetatif Alami Tumbuhan"

Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang berasal dari sumber media lainnya, HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.
Masukan Email Anda, agar tidak tertinggal & menerima artikel perkembangan Pendidikan terbaru :