Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F

CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala kompleksitasnya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan akibat yang ditimbulkannya, serta perilaku manusia secara kolektif.

CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala kompleksitasnya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan akibat yang ditimbulkannya, serta perilaku manusia secara kolektif.

CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka

    A. Rasional Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman ras, suku 
    bangsa, agama, bahasa, dan tradisi. Pemersatu negara bangsa Indonesia adalah bukan kesamaan etnis dan agama, apalagi warna kulit. 

    Dari Sabang sampai Merauke tidak disatukan oleh kesamaan identitas primordial, namun oleh sebuah solidaritas dan cita-cita politik sebagai sebuah nation, sebuah ‘komunitas yang terbayang’.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Keragaman ini diikat oleh suatu komitmen kebangsaan dan solidaritas bersama. Berbeda-beda namun tetap satu jua, Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity).
    Keragaman Indonesia, jika dikelola dengan baik, keberagaman ini merupakan potensi dan energi yang begitu luar biasa yang dapat digunakan untuk mendorong kemajuan dan pembangunan.

    Semangat persatuan dalam perbedaan menjadi pondasi terpenting kebangsaan kita. Namun, sebaliknya, jika tidak dikelola dengan baik, perbedaan-perbedaan ini dapat mengakibatkan konflik sosial. Keragaman ini dapat memicu keretakan kohesi sosial dan membuka ancaman konflik sosial di masa mendatang jika tidak diantisipasi dengan baik.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Dinamika konflik sosial yang terjadi belakangan ini menjadi keprihatinan yang mendalam. Fenomena tersebut membawa perubahan sosial dalam berbagai aspek, baik perubahan secara sosiologis maupun perubahan di ranah ekonomi maupun politik.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Sementara masa depan bangsa Indonesia perlu diantisipasi dengan baik karena beragam tantangan yang dihadapi baik internal maupun eksternal. Kemajuan teknologi mengubah dunia dengan cepat, situasi sosial memasuki episode masyarakat digital dengan berbagai keunikan dan karakteristiknya. 

    Menurut riset platform manajemen media sosial Hootsuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk "Global Digital Reports 2020", hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Riset yang dirilis pada akhir Januari 2020 tersebut menyebutkan, jumlah pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta orang, sementara total jumlah penduduk Indonesia sekitar 272,1 juta.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Dibanding tahun 2019 lalu, jumlah pengguna internet di Indonesia meningkat sekitar 17 persen atau 25 juta pengguna. Terbentuknya masyarakat digital ini menjadi sebuah tantangan tersendiri dari sudut sosiologis. Era digital ini, beberapa pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot atau mesin, namun di sisi lain membuka inovasi baru dalam bidang digital. 

    Untuk itu pendidikan akan diarahkan pada kemampuan soft skill berupa sikap kritis,
    kreatif, dan kemampuan komunikasi serta kolaborasi untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan warga negara yang lebih baik dalam hidup berbangsa dan bernegara di tengah arus globalisasi dan kemajemukan masyarakat Indonesia.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Perubahan perilaku masyarakat yang menyesuaikan dengan berbagai perubahan (ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, dan aspek lainnya) yang menjadi bahan kajian mata pelajaran Sosiologi.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala kompleksitasnya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan akibat yang ditimbulkannya, serta perilaku manusia secara kolektif. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Dalam kaitan itu, hal penting yang perlu dilakukan adalah membangun imajinasi sosiologi di kalangan peserta didik. Imajinasi sosiologi adalah cara untuk memahami permasalahan sosial dalam ranah personal dan ranah publik (Mills,
    1959). 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Imajinasi sosiologi juga menjadikan sosiologi sebagai sebuah ilmu yang relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam dinamika Interaksi sosial memungkinkan muncul berbagai realitas baru dan beragam gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat. 

    Di tengah dinamika sosial yang terus berubah sangat penting bagi peserta didik untuk mengenal identitas diri dan lingkungan sosialnya sehingga dapat menyikapi permasalahan dan perubahan sosial yang timbul di masyarakat secara adaptif dan
    solutif. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Dalam konteks interaksi dengan dinamika kehidupan sosial yang terus berubah itu, etika sosial berperan penting dalam interaksi untuk membuat tatanan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara lebih teratur dan konflik dapat diatasi dengan baik. 

    Untuk itu, peserta didik yang menjadi bagian dari dinamika sosial itu, perlu dibekali dengan kompetensi dalam bermasyarakat dan memiliki etika sosial sebagai warga negara yang bertanggung jawab dalam bingkai Profil Pelajar Pancasila. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Pembelajaran sosiologi mengharapkan adanya perubahan pola pikir peserta didik di tengah perubahan masyarakat global yang terus dinamis yang difasilitasi dengan beragam projek Profil Pelajar Pancasila. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Projek ini merupakan bentuk aplikasi dari pengetahuan sosiologi yang dimiliki peserta didik sehingga menumbuhkan sikap sebagai warga negara yang bertanggung jawab.

    B. Tujuan Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Merujuk dari deskripsi rasional di atas, maka tujuan pembelajaran Sosiologi adalah agar peserta didik:
    1. Memiliki kemampuan adaptasi dengan perubahan sosial di sekitarnya.
    2. Memiliki kesadaran akan identitas diri dalam hubungan dengan kelompok sosial dalam konteks lingkungan masyarakat sekitar.
    3. Memiliki kepedulian terhadap masalah-masalah sosial atau konflik sosial di masyarakat sebagai orang dewasa atau warga negara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan publik.
    4. Memiliki kemampuan menjalin kerjasama, melakukan tindakan kolektif memecahkan masalah-masalah publik, dan membangun kehidupan publik.

    C. Karakteristik Mata Pelajaran Sosiologi SMA/MA/Program Paket C

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala dinamikanya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan segala akibat yang ditimbulkannya. Sosiologi penting untuk dipelajari sebagai bekal pengetahuan peserta didik dalam kehidupan nyata. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Sifat masyarakat yang dinamis mendorong Sosiologi berkembang sesuai dengan perubahan-perubahan pada masyarakat. Mata pelajaran Sosiologi memiliki arti penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik  
    terhadap perubahan sosial di lingkungan sekitar.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Tumbuhnya kesadaran akan identitas diri dalam hubungan dengan kelompok sosial dalam konteks lingkungan masyarakat sekitar penting dikembangkan. Demikian pula, kepedulian terhadap masalah-masalah sosial termasuk memahami konflik sosial di masyarakat sebagai orang dewasa atau warga negara yang bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar dan kehidupan publik. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Kemampuan peserta didik sebagaimana ditunjukkan dalam keterampilan sosialnya dalam menjalin kerjasama, melakukan tindakan kolektif memecahkan masalah-masalah publik, dan membangun kehidupan publik sangat diharapkan. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Mata pelajaran Sosiologi di SMA menekankan kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan pengetahuan Sosiologi dalam kehidupan sehari-hari sebagai individu dalam kelompok sosial beserta permasalahan yang ada di dalamnya. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Pembelajaran Sosiologi ditujukan agar peserta didik dapat berpikir kritis, analitis, dan kolaboratif dalam penumbuhan kesadaran individu dan sosial dalam
    masyarakat yang beragam.

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Di samping itu, peserta didik juga diharapkan memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masalah-masalah sosial. Hal ini mencerminkan tanggung jawab sebagai warga negara (citizen responsibility). Apalagi perubahan sosial terjadi secara dramatis di seluruh sektor masyarakat. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Kita bisa melihat berbagai isu dan masalah sosial yang sedang terjadi seperti revolusi teknologi, perubahan iklim, keadilan sosial dan demokratisasi, politik identitas. Menurut Zygmunt Bauman & May (2019), hal ini diperlukan kemampuan berpikir sosiologi (thinking sociologically) yang dapat dipraktikkan dengan praktik
    penelitian sosial di lingkungan sekitar peserta didik. 

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Peserta didik juga mampu secara mandiri kolaboratif untuk melakukan pemberdayaan sosial dan memungkinkan menjadi aktor kewirausahaan sosial di tengah-tengah masyarakat untuk merespon perubahan tersebut dengan memegang teguh prinsip-prinsip metodologi ilmiah.

    Dari uraian di atas, maka mata pelajaran Sosiologi meliputi elemen-elemen mata pelajaran serta deskripsinya, yang bisa sobat GS telusuri dibawah :

    D. Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Sosiologi Setiap Fase

    CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F
    Selengkapnya capaian pembelajaran Sosiologi SMA/MA/Program paket C dibawah ini :


    Atau silahkan Download CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F Kurikulum Merdeka pada link berikut :


    Jika anda membutuhkan Capaian pembelajaran (CP) mata pelajaran lainnya, Modul dan Buku Teks Sosiologi dapat anda kunjungi :

    Buku Teks Guru dan Siswa SD :

    Sumber rujukan : CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F ini diambil dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022 yang merevisi Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022, sebelumnya.
    Semoga Bermanfaat
    ADH
    ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "CP Sosiologi Revisi 2022 Fase E-F"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.