Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F. Indonesia adalah negara besar yang memiliki keanekaragaman ras, suku bangsa, agama, bahasa, dan tradisi. Pemersatu negara bangsa Indonesia adalah bukan kesamaan etnis dan agama, apalagi warna kulit, namun oleh sebuah solidaritas dan cita-cita politik sebagai sebuah nation.

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F

Keragaman ini adalah potensi besar namun sekaligus juga ancaman yang besar, jika tidak diikat oleh komitmen kebangsaan dan solidaritas bersama. Berbeda-beda namun tetap satu jua, Bhinneka Tunggal Ika (Unity in Diversity).

Semangat persatuan dalam perbedaan menjadi pondasi terpenting kebangsaan kita. Namun, harus dikelola dengan baik , perbedaan-perbedaan dan keragaman ini dapat memicu keretakan kohesi sosial dan membuka ancaman konflik sosial di masa mendatang jika tidak diantisipasi dan dikelola dengan baik.

Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dengan segala kompleksitasnya dan hal-hal yang membentuknya, interaksi sosial dan akibat yang ditimbulkannya, serta perilaku manusia secara kolektif. 

maka modul ajar sosiologi SMA fase E-F ini, penting dirancang sedemikian rupa dalam membangun imajinasi sosiologi di kalangan peserta didik. 

Imajinasi Sosiologi adalah cara untuk memahami permasalahan sosial dalam ranah personal dan ranah publik (Mills, 1959). 

Imajinasi sosiologi juga menjadikan sosiologi sebagai sebuah ilmu yang relevan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Modul ajar Sosiologi SMA Fase E-F ini penting di desain dengan baik agar siswa dapat mempelajari sosiologi  sebagai bekal pengetahuan peserta didik dalam kehidupan nyata. 

Sifat masyarakat yang dinamis mendorong Sosiologi berkembang sesuai dengan perubahan-perubahan pada masyarakat. 

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F

Mata pelajaran Sosiologi memiliki arti penting untuk meningkatkan kemampuan adaptasi peserta didik terhadap perubahan sosial di lingkungan sekitar.

Mata pelajaran Sosiologi di SMA menekankan kemampuan peserta didik dalam mempraktikkan pengetahuan Sosiologi dalam kehidupan sehari-hari sebagai individu dalam kelompok sosial beserta permasalahan yang ada di dalamnya. 

Modul ajar Sosiologi SMA Fase E-F ini sebagai perangkat ajar guru dalam membimbing peserta didik untuk   berpikir kritis, analitis dan kolaboratif dalam penumbuhan kesadaran individu dan sosial dalam masyarakat yang beragam.

Serta menumbuhkan kepekaan dan kepedulian terhadap masalah-masalah sosial. dan tanggung jawab sebagai warga negara (citizen responsibility). 

Berikut ini modul ajar sosiologi SMA Fase E-F Kurikulum Merdeka yang admin gurusumedang sajikan, bersumber dari aksi nyata para guru program sekolah penggerak kemdikbudristek,  sebagai contoh modul dalam implementasi kurikulum merdeka ditahun ajaran baru , semoga  bermanfaat

Buku Teks Guru dan Siswa Sosiologi

No Buku Teks Unduh
1 Buku Guru Sosiologi (XI) Unduh
2 Buku Siswa Sosiologi (XI) Unduh

Capaian pembelajaran dan Alur Tujuan Pembelajaran

No Buku Teks Unduh
1 Capaian Pembelajaran Sosiologi Unduh
2 Alur Tujuan Pembelajaran Unduh

Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F

No Topik /Modul  Penyusun Unduh
1 Interaksi Sosial (X) Fakhrudin Sujarwo,S.Sos Unduh
2 Konflik Sosial (XI) Asmahudroh Unduh
3 Studi Perdamaian (XI) Asmahudroh Unduh
4 Ketimpangan Sosial (XII) Muqorobin Unduh
5 Globalisasi Pengeruhnya terhadap perubahan (XII) Muqorobin Unduh
6 Perubahan Sosial (XII) Muqorobin Unduh

Berikut ini modul ajar SMA Kurikulum Merdeka lainnya :

Demikian Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F, semoga bisa dijadikan contoh untuk di modifikasi sesuai konteks dan karakteristik peserta didiknya dalam pembuatan modul ajar sobat GS.
Hatur Nuhun

Penelusuran terkait :
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Modul Ajar Sosiologi SMA Fase E-F"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.