Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata

Mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata | kompetensi peserta didik Usaha Layanan Pariwisata  memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan rekan kerja, atasan, klien dan memiliki percaya diri serta, keterampilan networking, mampu memahami dasar-dasar SEO (Search Engine Optimizer) dan mampu memahami channel management untuk aplikasi media sosial yang sekarang cenderung digunakan dalam bidang pariwisata.

Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata merupakan mata pelajaranyang berisi  yang mendasari penguasaan dalam program keahlian Usaha Layanan Pariwisata.

Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata

A. Rasional Usaha Layanan Pariwisata

Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata merupakan mata pelajaranyang berisi  yang mendasari penguasaan dalam program keahlian Usaha Layanan Pariwisata. 

Mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata berisi perilaku (soft skills), pengetahuan dan sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik untuk menjadi dasar bagi penguasaan kompetensi-kompetensi inti di bidang Pariwisata. 

Soft skills yang dimiliki peserta didik program keahlian Usaha Layanan Pariwisata antara lain memiliki kemampuan komunikasi yang baik dengan rekan kerja, atasan, klien dan memiliki percaya diri serta memiliki hospitality character. 

Peserta didik diharapkan mampu menguasai bahasa Inggris dan bahasa asing pilihan.  Menguasai bahasa Inggris merupakan syarat untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja muda Indonesia hingga mampu mencapai standar kompetensi di tingkat ASEAN (Asean Skills Standard). 

Peserta didik diharapkan memahami budaya lokal dan kebudayaan Indonesia. Peserta didik juga harus berpikir kritis (critical thinking) dan kreatif. 

Hard skills yang dimiliki peserta didik program keahlian Usaha Layanan Pariwisata antara lain memiliki keterampilan networking, mampu memahami dasar-dasar SEO
(Search Engine Optimizer) dan mampu memahami channel management untuk aplikasi media sosial yang sekarang cenderung digunakan dalam bidang pariwisata. 

Peserta didik program keahlian Usaha Layanan Pariwisata mampu menguasai digital skill yaitu memahami perkembangan budaya secara teknologi dan mengetahui cara menggunakan sosial media yang baik sebagai personal
termasuk memahami dasar-dasar fotografi dengan ponsel pintar (smartphone) atau kamera digital.

Perilaku (soft skills), pengetahuan dan sikap di dalam mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata mencakup tentang wawasan industri pariwisata, wawasan kewirausahaan di bidang pariwisata, kerja sama yang efektif dengan kolega dan pelanggan, kerja sama dalam lingkungan sosial yang berbeda, prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja, komunikasi secara efektif melalui telepon, dan penggunaan alat bantu bisnis dan teknologi. 

Fungsi mata pelajaran ini antara lain: 
  1. memberikan wadah pembelajaran yang kontekstual sesuai dengan perkembangan teknologi yang digunakan di dunia kerja; 
  2. memberikan pengalaman belajar peserta didik sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh dunia kerja/konsumen; 
  3. membangun dan menerapkan budaya dunia kerja bagi warga SMK; 
  4. menyediakan wahana kegiatan usaha bagi warga SMK; 
  5. mengembangkan kreativitas dan inovasi bagi warga SMK; 
  6. menyiapkan peserta didik untuk mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat kompetensi dan produktivitas/kinerja dari dunia kerja.

Pelaksanaan pembelajaran menerapkan model pembelajaran diantaranya :
  • discovery learning, 
  • project-based learning, 
  • problem-based learning, 
  • inquiry learning, 
  • teaching factory dan 
  • model pembelajaran lainnya yang sesuai dan relevan dengan karakteristik materi.
Kelima model pembelajaran tersebut diatas bisa sobat GS dalami pada Sintaks 5 Model Pembelajaran 

Pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat mengintegrasikan berbagai mata pelajaran yang diajarkan, sehingga kegiatan pembelajaran selayaknya dapat dilakukan dengan kolaboratif, berorientasi pada pemecahan masalah yang kontekstual dan menstimulus peserta didik untuk bernalar kritis dan kreatif.

Pembelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata idealnya dilakukan secara block system dan harus disesuaikan dengan karakteristik materi yang dipelajari.

Peserta didik yang menguasai Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata diharapkan menjadi profil pelajar Pancasila yang dapat mandiri dan beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, gotong royong, dan kebhinekaan global.

Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata

B. Tujuan Usaha Layanan Pariwisata

Mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata bertujuan membekali peserta didik dengan kemampuan soft skills dan hard skills melalui proses pembelajaran:
  1. memahami proses bisnis industri pariwisata;
  2. memahami kerja sama yang efektif dengan kolega dan pelanggan;
  3. memahami kerja sama dalam lingkungan sosial yang berbeda;
  4. memahami prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan dalam bekerja;
  5. memahami tentang peluang berwirausaha, jiwa kewirausahaan, serta strategi berwirausaha di bidang Pariwisata;
  6. menerapkan komunikasi secara efektif melalui telepon; dan
  7. mengenal praktik dengan menggunakan alat bantu bisnis dan teknologi dalam layanan pariwisata.

Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata

C. Karakteristik Usaha Layanan Pariwisata

Mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Wisata menekankan pada aspek-aspek yang berkaitan dengan kepedulian pada lingkungan, kemampuan berkomunikasi yang efektif, keramahtamahan, kesabaran, empati, rendah hati, ketelitian, safety, kedisiplinan, responsive, kreatif, kebersihan, kerapian, healthy, dan etika kerja sebagai seorang profesional dalam bidangnya. 

Adapun aspek dan elemen serta deskripsinya bisa sobat GS cek bersama capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata di bawah :

D. Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata

Pada akhir fase E (kelas X SMK), peserta didik akan mendapatkan gambaran mengenai program keahlian yang dipilihnya sehingga memiliki passion (renjana), vision (visi), imajinasi, dan kreativitas peserta didik untuk mengikuti aktivitas pembelajaran. 

Pada akhir fase E, pada aspek hard skills peserta didik mampu memahami elemen-elemen kompetensi pada mata pelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata :


Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-Dasar Usaha Layanan Pariwisata  yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
Semoga Bermanfaat 
Panggil saja ADH
Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Usaha Layanan Pariwisata"

Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.