Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan | adalah 
menumbuhkembangkan kebanggaan pada peserta didik dalam melakukan proses menjadi pelaut muda yang mampu membawa kapal dan bekerja sebagai perwira atau nahkoda di kapal penangkap ikan.

Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan yaitu kesatuan kegiatan yang meliputi salah satu atau keseluruhan cara melayarkan sebuah kapal dengan menangkap ikan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat, tepat, selamat, aman, dan efisien.

Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan 

    A. Rasional Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi kompetensi-kompetensi yang mendasari penguasaan keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan yaitu kesatuan kegiatan yang meliputi salah satu atau keseluruhan cara melayarkan sebuah kapal dengan menangkap ikan dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cepat, tepat, selamat, aman, dan efisien.

    Fungsi mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan untuk menumbuhkembangkan kebanggaan pada peserta didik dalam melakukan proses menjadi pelaut muda yang mampu membawa kapal dan bekerja sebagai perwira atau nahkoda di kapal penangkap ikan. 

    Selain itu juga sebagai landasan untuk mengembangkan keahlian di bidang Nautika Kapal Penangkapan Ikan pada konsentrasi pembelajaran di fase F.

    Pembelajaran dapat dilakukan menggunakan berbagai pendekatan, strategi, metode serta model yang sesuai dengan karakteristik kompetensi yang harus dipelajari, sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, renjana, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. 

    Model pembelajaran yang dapat digunakan antara lain: 
    Lebih mendalam tentang langkah-langkah dan tahapan 5 model pembelajaran diatas silahkan cek pada artikel sintaks 5 model pembelajaran.

    Mata Pelajaran Dasar–dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan berkontribusi dalam membentuk peserta didik memiliki keahlian pada bidang nautika kapal penangkapan ikan, mengembangkan kapasitas peserta didik dalam bernalar kritis, mandiri, kreatif dan adaptif. 

    Melalui pembelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan peserta didik akan mampu membangun dirinya memiliki kepribadian yang beriman dan bertaqwa pada Tuhan Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, mandiri, berpikir kritis, dan
    bertanggung-jawab, peduli lingkungan serta menerapkan budaya kerja.

    Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    B. Tujuan Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan bertujuan membekali para peserta didik dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap (hard skills dan soft skills):
    1. memahami proses bisnis secara menyeluruh di bidang nautika kapal penangkapan ikan;
    2. memahami perkembangan teknologi yang digunakan, proses kerja, dan isu-isu global di bidang nautika kapal penangkapan ikan;
    3. memahami technopreneur, job-profile, peluang usaha dan pekerjaan/ profesi di bidang nautika kapal penangkapan ikan;
    4. memahami lingkup pekerjaan pada bidang nautika kapal penangkapan ikan;
    5. memahami bangunan dan stabilitas kapal penangkap ikan;
    6. memahami permesinan kapal penangkap ikan;
    7. memahami teknik penangkapan ikan, penanganan, dan penyimpanan hasil tangkapan;
    8. memahami tata laksana perikanan yang bertanggung jawab (Code of Conduct for Responsible Fisheries/CCRF); dan
    9. melakukan prosedur darurat.

    Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    C. Karakteristik Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    Mata Pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan merupakan mata pelajaran yang berisi dasar-dasar kompetensi yang harus dikuasai oleh pelaut perikanan, yaitu kemampuan dalam menghadapi keadaan darurat dan memanfaatkan sumber daya perikanan yang bertanggung jawab dengan memperhatikan hukum maritim dan peraturan perikanan. 

    Mata Pelajaran ini diajarkan sebagai prasyarat pelaksanaan praktik ketahanan laut berupa kegiatan berlayar menggunakan kapal perikanan one day fishing dan melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL).

    Peserta didik dikenalkan pada situasi lapangan pekerjaan sebagai pelaut perikanan, organisasi di atas kapal, peluang usaha, peluang kerja, prospek karir, dan konsentrasi keahlian yang dapat dipelajari pada fase berikutnya.

    Mata pelajaran Dasar-Dasar Nautika Kapal Penangkapan Ikan terdiri dari 9 elemen dan selengkapnya silahkan cek di bagian bawah bersama dengan capaian pembelajaran Nautika kapal Penangkap Ikan.

    D. Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan

    Pada akhir fase E, peserta didik akan mendapatkan gambaran utuh mengenai Program Keahlian Nautika Kapal Penangkapan Ikan melalui penguatan wawasan dunia kerja, kewirausahaan, dan penguasaan elemen- elemen pembelajaran lainnya, sehingga mampu menumbuhkan passion (renjana), vision (visi) yang dapat memotivasi dalam merencanakan serta melaksanakan aktivitas belajar. 

    Capaian Pembelajaran pada elemen-elemen mata pelajaran Dasar-Dasar
    Nautika Kapal Penangkapan Ikan dapat diuraikan sebagai berikut.

     

    Atau silahkan unduh capaian pembelajaran dasar-dasar Nautika Kapal Penangkap Ikan bentuk word dilink berikut ini :


    Demikian Capaian Pembelajaran Dasar-dasar Nautika Kapal Niaga yang bersumber dari lampiran 1-4 Surat keputusan Kepala BSKAP kemdikbud No 008/H/KR/2022
    Semoga Bermanfaat
    Panggil saja ADH
    Panggil saja ADH "Hebatnya seorang guru karena mendidik, dan rekreasi paling indah adalah mengajar" (KH Maimoen Zubair)

    Posting Komentar untuk "Capaian Pembelajaran Nautika Kapal Penangkapan Ikan"

    Guru Sumedang (GS) adalah praktisi Pendidikan yang berkomitmen untuk kemajuan dunia pendidikan. Artikel,Video dan atau Gambar di situs www.gurusumedang.com kadang bersumber dari media lainnya,GS akan berupaya menuliskan sumbernya, dan HAK CIPTA sepenuhnya dipegang media tersebut.